Digital marketing dan internet marketing seringkali digunakan saling menggantikan. Sama tidak sih?

Digital marketing atau pemasaran digital adalah konsep luas yang mencakup keseluruhan proses pemasaran, entah produk ataupun jasa, yang melibatkan media digital. Digital marketing adalah bayi yang dilahirkan ibu zaman digital. Ini efek kemajuan budaya manusia, yang dilawankan dengan pemasaran tradisional. Tidak lagi berurusan dengan media konvensional seperti kertas, dan beralih ke media / produk digital seperti iklan facebook atau iklan ppc.

Digital  marketing mencakup banyak hal, meliputi: websites, media pertemanan online, banner internet, email marketing, mobile marketing, iklan berbayar di mesin pencari, SEO, video, dll.

Sedangkan internet marketing adalah salah satu jurusan dalam fakultas digital marketing. Internet marketing memanfaatkan media internet atau website dalam strategi pemasaran. Internet marketing, menurut saya, cenderung sama dengan sebutan online marketing. 

AdWords sebagai salah satu program iklan berbasis ppc (pay per click) adalah satu cara dalam internet marketing  dan juga adalah bagian dari digital marketing.

digital marketing vs traditional marketing

Media cetak, radio, papan reklame, TV bukan bagian digital marketing. Traditional marketing setidaknya memiliki 2 kelemahan: komunikasi satu arah, dan tidak adanya umpan balik yang real time. Cara pemasaran konvensional tidak memungkinkan (atau setidaknya lebih susah) untuk menciptakan komunikasi 2 arah antara pemasaran dan konsumen. Bandingkan dengan pemasaran dengan menggunakan, misalnya, facebook.

digital marketing saat ini

Dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini, digital tidak bisa dipisahkan dari marketing. Ada yang berpendapat digital marketing adalah salah satu kanal  marketing. Ada yang juga yang berpendapat digital marketing adalah suatu pendekatan baru, digital marketing disandingkan secara independent dengan marketing. Apapun itu, digital marketing bukan pilihan, tapi keharusan, dalam dunia bisnis saat ini.

sudahkah anda memanfaatkan digital marketing untuk bisnis anda?