Ingin menganalisa statistik website? Google Analitics adalah alat canggih yang umum digunakan. Google Analytics bisa menelusuri rekam jejak konversi penjualan, perilaku pengunjung di website, darimana mereka datang, masuk lewat pintu mana, ngapain saja, berapa lama berkunjung, keluar lewat pintu (halaman) mana, dll.

Berikut adalah sedikit yang bisa kita manfaatkan dari Google Analytics.

SEO 

Google analytics jika dintegrasikan dengan Google webmaster menjadi semakin mumpuni bagi praktisi SEO. Anda bisa mengetahui pengunjung masuk ke website dengan kata kunci apa saja, dan website kita berada di posisi berapa di hasil pencarian organik. Termasuk jumlah tayang, jumlah klik, bounce rate, berapa halaman yang kunjungi, durasi berkunjung dll. Dengan data ini anda bisa mencari kata kunci mana yang memiliki performa terbaik untuk web anda. Dan mencari ide kata kunci mana yang harus dioptimasi lagi.

google analytics untuk seo

Social Media

Melalui Traffic Sources > Social > Overview anda bisa mengetahui trafik yang berasal dari jejaring sosial. Entah itu facebook, twitter, google plus, atau pinterest. Kampanye di media sosial saat ini lazim digunakan dalam digital marketing. Manfaat yang bisa anda dapatkan misalnya: trafik yang datang banyaknya hanya lewat facebook, sementara twitter hanya sedikit. Anda bisa kemudian mengoptimalkan lagi kampanye di twitter.

google analytics kampanye media sosial

AdWords 

Google AdWords akan semakin powerful bila dikawinkan dengan Google Analytics. Data dari Google Analytics bisa di import dan dianalisa di Adwords, begitu juga sebaliknya. Kampanye yang kita buat di AdWords bisa kita lihat dan analisa di Google Analytics. Posisi kata kunci, jumlah klik, dan masih banyak lagi. Dan yang menarik adalah kita bisa memilah data jumlah klik berdasarkan jam dalam hari. Artinya kita bisa tahu jam berapa saja pengunjung bertamu ke web melalui pintu Adwords.

Sebaliknya, Di AdWords kita bisa mengimpor perilaku pengunjung seperti jumlah halaman yang dilihat, durasi kunjungan, bounce rate, dll. Data yang ada menjadi pertimbangan tambahan dalam menentukan kata kunci yang efektif.

google analytics kampanye adwords

konten website

Dari sisi konten web, Google Analytics membantu kita menganalisa halaman website mana yang paling sering dikunjungi, artikel yang sering dibaca, atau artikel mana yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Ini bisa membantu menyimpulkan topik apa yang paling diminati dalam webstite kita. Topik dengan performa terbaik semakin diberdayakan dengan membuat lebh banyak artikel dalam topik tersebut.

Penutup

Berbicara digital marketing atau internet marketing, maka tidak bisa lepas dari data yang berupa angka-angka. Analisa data ini menjadi bagian pentingnya. Anda bisa tahu berhasil tidak kampanye anda, dan menentukan langkap apa saja yang harus dilakukan. Google Analytics sangat bisa anda andalkan.