iklan mobile adwords

Di tahun 2013, iklan pencarian di mobile phone menyumbang 19 persen keseluruhan pemasukan Google. Diperkirakan akan meningkat menjadi 30 persen selama 3 tahun mendatang. Faktor penyebabnya tentu karena massive nya penggunaan smartphone dan tablet di tahun belakangan ini. Begitu juga, adanya fitur baru Google ‘enhanced campaigns’ yang memberikan pilihan pengiklan untuk menbedakan penawaran (bid) untuk iklan yang tayang di PC dan di mobile phone.

Ditahun-tahun mendatang, diprediksi pencarian mobile ini akan menyalip pencarian PC (dekstop) dalam hal jumlah klik yang didapat iklan berbayar. Di AS, ini diperkirakan terjadi mulai akhir tahun 2015. Konversi yang dihasilkan melalui iklan mobile pun menunjukkan bahwa user internet mulai nyaman menggunakan smartphone atau tabletnya untuk menyelesaikan transaksi. Misalnya pembelian item atau pengisian form tertentu. Ini sebelumnya hanya mungkin dilakukan di PC sebelum era smartphone. (lihat) (search engine land)

CTR (click through rate) iklan ppc di mobile phone cenderung lebih tinggi dari pada di dekstop. Alasannya karena memang iklan yang muncul lebih sedikit dari pada dekstop. Dan yang kedua adalah faktor ketergesaan. Pencari di mobile phone cenderung membutuhkan info atau jawaban yang cepat. Lihat iklan muncul paling atas, langsung klik aja.

Optimalkan Adwords untuk ponsel pintar

Tanpa harus menunjukkan angka yang pasti, pebisnis online harus ambil peluang dari fenomena ini. Iklan Google Adwords untuk versi mobile harus dioptimalkan. Text iklan tidak perlu panjang dan berbelit untuk versi mobile. Berikan bid yang lebih untuk versi mobile. Juga penting, siapkan website kita tampil maksimal di layar mobile phone. Sudahkan nyamankah website kamu dibuka di smartphone?

Kesimpulan

Toko online dan saudaranya, ditahun mendatang, bisa jadi mendapat transaksi lebih banyak dari smartphone alih-alih dari dekstop. Buat website anda nyaman tampil di layar komputer maupun ponsel. Lalu siapkan strategi iklan terbaik khusus versi mobile.

Happy rangking !