Tanggal 21 november, kisaran pukul 15.00 WIB, saya bersama mbak Uci – tim marketing Cupuwatu Resto –  menentukan pemenang lomba SEO yang sudah dibuka beberapa bulan silam. Syarat pemenang cukup sederhana sebagaima kontes seo yang lain: yang paling atas yang paling menang untuk pencarian di Google.co.id dengan kata kunci “cupuwatu rest0 tempat kuliner khas jogja”.

Kontes SEO ini dibuka berbarengan dengan blog writing contest pada tanggal 21 september 2014. Jika writing contest melulu menilai pemenang dari kualitas tulisan, dalam SEO contest lebih ditentukan oleh peringkat di mesin pencari. 

Diambilah 3 pemenang. Juara 1 dimenangkan Jeanot Nahasan (kawan sendiri). Untuk juara 2 tidak kenal, dan juara 3 kenal lagi (arul).. Karena juara 1 dan juara 3 hidup dalam satu rumah kontrakan. Kebetulan beberapa kali pernah main ke tempat kontrakan mereka.

seo cupuwatu resto 2

 Penentuan Kata Kunci yang ditandingkan

“cupuwatu rest0 tempat kuliner khas jogja” adalah kata kunci yang diperebutkan para peserta SEO. Kata kunci dipilih sesuai dengan tujuan diadakan lomba seo: mendukung website utama cupuwaturesto.com agar bisa nangkring di halaman 1 Google untuk pencarian: kuliner jogja, restoran jogja, restoran di jogja. Kata kunci ini berdasarkan analisa kami adalah pencarian favorit yang digunakan user internet.

Kata kunci tersebut kemudian menjadi anchor text yang harus di-link-kan semua peserta di dalam artikel mereka menuju website cupuwaturesto.com. Diharapkan website cupuwaturesto.com akan mendapat backlink berkualitas dengan relevansi tinggi, yaitu mendapat link dari website dengan isi / tema yang sama. Seperti kita ketahui, backlink dengan relevansi tinggi menjadi isu utama dalam update algoritma Google belakangan ini.

Dan hasilnya terlihat juga. Dari terkubur entah di halamana mana, kini website cupuwaturesto.com dapat berada di halaman 1 Google untuk pencarian “kuliner jogja” dan “restoran di jogja”. Seperti dapat dilihat dalam gambar di bawah.

(screenshot diambil saat artikel ini ditulis. Sangat mungkin posisi akan berubah di kemudian hari, bisa naik bisa turun)

kuliner jogja halaman 1lomba seo cupuwatu resto restoran di Jogja

 

Penutup

Lomba SEO dapat dijadikan sarana untuk menaikkan posisi suatu website. Untuk kasus cupuwaturesto.com, website ini sangat mungkin dinaikkan lagi dengan asumsi lomba seo ini sebagai pondasi. Optimasi yang benar baik onpage maupun offpage sangat memungkinkan cupuwaturesto.com dapat nangkring di 3 besar Google untuk kata kunci yang diincar. PR buat tim marketing Cupuwatu Resto.