Apa benar jika kita pasang iklan di adwords lalu kita dapat nilai tambah dari Google sehingga posisi organik di mesin pencari dapat naik? Beberapa kali mendapat pertanyaan semacam itu. Jawabannya Tidak. Merujuk pada pernyataan Matt Cutts di video ini. Cutts menyebutnya the biggest seo myth dan sebuah teori konspirasi.

Ini pembelaan dari Matt Cutts untuk menampik “tuduhan” bahwa Google menerima “sogokan” di hasil organik pencarian. Atau Google mengubah hasil pencarian agar orang-orang pasang iklan. Di perbincangan SEO, pendapat seperti ini sering terdengar.

Matt Cutts malah mengajak kita berpikir ulang tentang teori – teori yang sering menjadi topik hangat di forum forum SEO, terutama di forum black hat SEO. Teori teori yang hangat itu adalah mitos ! Matt menyebutkan sering gonta ganti kemudian diikuti banyak orang. Misalnya bulan ini top triknya adalah link dari web direktori. 6 bulan kemudian muncul mitos baru, link super dari press release. 6 bulan lagi berganti guest blogging. 6 bulan lagi link wheel.

Mitos-mitos ini sengaja dirumorkan oleh orang tertentu untuk meraub untung. Nah. Misalnya, dieksploitasi untuk menjual software atau ebook tertentu. Itu kata Matt lho (kalau saya tidak salah interpretasi)

Benarkah mitos? Saya sendiri sejauh ini masih menggunakan teknik yang di sebut Matt itu mitos. Walaupun tidak intensif. Btw, Apapun tekniknya, saya kira, jika digunakan terlalu berlebihan, bisa menjadi boomerang karena dianggap spam.

Kesimpulan:

Iklan adwords tidak serta merta mempengaruhi posisi website pada mesin pencari. Iklan dan tidak iklan sama saja.

Ini videonya.