strategi bidding dalam iklan google adwords

Ketika memulai kampanye iklan Google Adwords, hal awal mendasar yang harus dilakukan adalah memilih kata kunci dan menentukan jenis pencocokan (match type). Setiap kata kunci dan tipe pencocokannya tidak diperlakukan sama oleh Google. Ini yang menarik. 

Cara kerja Google Adwords dalam SEM pada dasarnya sederhana. Iklan muncul ketika kata kunci pencarian cocok dengan kata kunci yang kita incar. Cocok tidak harus sama persis dalam Adwords. Sekedar refresh, Google memiliki 4 tipe pencocokan kata kunci.

4 jenis pencocokan kata kunci dalam Google Adwords

  1. Pencocokan sama persis (exact match). Jenis pencocokan ini memiliki tanda […]. Sebagai contoh kata kunci: [toko bunga jakarta]. Iklan akan muncul di pencarian: toko bunga jakarta. Tidak akan muncul di pencarian lain: toko bunga di jakarta, toko bunga jakarta selatan, toko bunga jakarta online. Harus sama persis atau memiliki kecocokan yang hampir persis. Hampir persis misalnya karena kesalahan ketik: toko bungah jakarta.
  2. Pencocokan frasa (phrase match). Jenis pencocokan ini menggunakan tanda “…”. Contoh: “toko bunga jakarta”. Iklan muncul ketika pencarian mengandung “kata kunci” (satu frasa utuh). Misal muncul di pencarian: toko bunga jakarta, toko bunga jakarta murah, toko bunga jakarta barat, cari toko bunga jakarta, alamat toko bunga jakarta, dll. Tapi tetap tidak muncul di pencarian: toko bunga online jakarta.
  3. Pencocokan luas (broad match). Iklan muncul ketika Google menganggap cocok antara kata kunci dan  pencarian. Penulisannya tidak menggunakan tanda apapun, contoh: toko bunga jakarta. Karena luas, kata kunci pencarian yang cocok (yang dapat memicu munculnya iklan) lebih banyak dari tipe sebelumnya. Iklan muncul di pencarian: penjual bunga jakarta. toko bunga online jakarta, penjual bunga mawar jakarta, bunga segar jakarta. Bisa jadi kata kunci yang memicu iklan tidak terprediksi karena telalu luas dan bahkan keluar dari target bisnis. Misalnya muncul juga di: pot bunga jakarta, jual bunga bandung, bunga imitasi jakarta.
  4. Broad modified. Adalah jalan tengah antara luas dan sama persis. Penulisan menggunakan tanda +. Contoh: +toko +bunga +jakarta. Iklan akan muncul jika pencarian mengandung semua unsur kata kunci. Misalnya muncul di pencarian” toko bunga jakarta utara, toko bunga online jakarta, cari toko bunga jakarta.

Jenis pencocokan kata kunci mana harus kita gunakan?

Semuanya! Setiap tipe kata kunci memiliki kelebihan masing-masing yang bisa digunakan sesuai dengan bisnis. Kata kunci yang sangat relevan dengan bisnis dan kata kunci yang kita yakin menjual (buying keywords) kita set dengan exact match. Phrase match digunakan sebagai supporting untuk exact match. Dan Broad match digunakan untuk menjaring kata kunci yang bertebaran yang kadang kala tidak terdeteksi dan ternyata menjual. 

Seiring berjalannya kampanye iklan, kata kunci dievaluasi. Menambah dan memperbanyak exact match keywords adalah hal baik yang menurut saya harus dilakukan.

Strategi Bidding berlapis sesuai pencocokan kata kunci

Untuk hasil kampanye iklan yang efektif, kita bisa menggunakan strategy bidding / penawaran berlapis. Penawaran lebih tinggi untuk tipe kata kunci dengan tingkat kecocokan yang lebih tinggi. 

Contoh kasus berbeda:

  • [jaket kulit garut]                Rp. 3000 (penawaran paling mahal)
  • “jaket kulit garut”               Rp. 2500
  • +jaket +kulit                         Rp. 2000 (penawaran paling sedikit)

Mengapa?

kata kunci dengan tipe pencocokan persis, jika dipilih dengan dengan benar, akan memiliki quality score tinggi. Diantaranya karena memiliki tingkat relevansi yang tinggi antara kata kunci, iklan dan landing page. Dan tingkat relevansi yang tinggi cenderung akan memiliki CTR (click through rate)  yang tinggi.

Kata kunci phrase dan broad match memunculkan iklan di pencarian yang seringkali belum kita fikirkan.  kata kunci phrase dan broad match bisa dikemudian hari dijadikan exact match sesuai data yang didapat.

Gunakan Search Query Reports

Kita harus secara berkala menggunakan salah satu fitur canggih Google Adwords: Search Query Reports. Untuk analisis dan menemukan kata kunci yang menjual dan layak kita jadikan exact match. Kampanye iklan baru harus lebih sering dilihat. Sering kali kita harus merubah struktur kampanye. Merubah atau membuat adgroup baru berdasarkan analisa data hasil kampanye berjalan.

Catatan Akhir

Strategi bidding ini biasa saya lakukan sebagai upaya untuk mendapatkan performa iklan terbaik. Hasil akhir yang ingin dicapai adalah mendatangkan trafik tertarget kualitas tinggi dan menghemat pengeluaran dalam iklan google adwords. 

pasang iklan di google? kami siap membantu.