Tidak dapat dipungkiri bahwasannya kemajuan teknologi semakin pesat terjadi di era Society 5.0. Integrasi antara kecerdasan manusia dan kecanggihan peralatan berbasis teknologi ini semakin membantu manusia dalam segala aspek kehidupan. Baik itu dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, politik, hingga secara ringkasnya mampu sangat terasa dalam bidang komunikasi dan informasi. Hal ini juga berkaitan dengan  E-E-A-T. Lalu apa itu E-E-A-T sendiri? Dan apakah manfaatnya besar? Apakah butuh Layanan SEO Website untuk membangunnya?

Istilah tersebut merupakan istilah yang tidak asing lagi di dunia teknologi dan informasi yang mana menjadi bagian yang tidak mudah dilupakan khususnya bagi para marketer digital. E-E-A-T merupakan sebuah produk yang dikembangkan oleh Google baru-baru ini yang memiliki kegunaan dan peran yang lebih signifikan daripada tools lainnya yang mana menawarkan insight menarik yang sangat dibutuhkan untuk mengetahui pola dan apa yang diinginkan oleh pasar. Lantas bagaimana sih sebenarnya implementasinya?

Apa Itu E-E-A-T?

E-E-A-T: Mediator Para Kreator Untuk Berkarya

Dunia content making sudah menjadi hal yang sangat lumrah dan dibutuhkan oleh seluruh khalayak baik itu berupa usaha mikro maupun makro di seluruh dunia. Hal ini berkaitan dengan tingkat kritisi khalayak yang semakin tinggi dan media sosial serta internet menjadi hal yang sangat utama untuk dimaksimalkan, khususnya dalam pemasaran. Tentu tidak bisa secara asal-asalan anda membuat konten untuk dipaparkan dalam media, karena media memiliki algoritma sendiri untuk meracik komposisi akurat bagi konsumen.

Google sebagai platform paling besar di dunia mulai memberikan update pada panduan untuk menunjukkan insight dari hal yang telah kreator buat. Memang tidak mudah untuk menemukan engagement atau racikan untuk setiap media sosial. Namun dengan adanya E-E-A-T ini, maka sangat mungkin bagi anda untuk memantau secara bertahap bagaimana kriteria konten yang dibutuhkan untuk media sosial anda sehingga bisa naik di laman para khalayak media.

Apa Itu E-E-A-T?

Apabila dibedah lebih dalam mengenai apa itu E-E-A-T sendiri, ia adalah akronim dari “Experience-Expertise-Authoritativeness-Trustworthiness”. Yang mana apabila diartikan dalam bahasa Indonesia, E-E-A-T ini menunjukkan pengalaman, keahlian, kepenulisan, serta kepercayaan yang muncul dari khalayak media. Apa itu E-E-A-T penting dan bermanfaat untuk anda kedepannya adalah bagaimana anda mampu memaksimalkan E-E-A-T tersebut sesuai dengan ranking yang telah disediakan Google dari konten anda.

Ini Jawaban Dari Pertanyaan “Mengapa E-E-A-T” Itu Penting!

Mungkin bagi anda yang berasal dari jasa SEO berkualitas tidak perlu bertanya-tanya lagi mengenai kegunaan adanya E-E-A-T demikian dalam pembuatan konten. Sebab sudah sangat dipastikan E-E-A-T ini akan sangat membantu dalam hal evaluasi dan perbaikan lebih dini mengenai konten yang akan diunggah per-harinya. Disini “E” yang pertama yang mana berarti pengalaman mengacu pada bagaimana resepsi khalayak atas konten yang anda sajikan. 

Apa Itu E-E-A-T?

Komunikasi dua arah yang tercipta dalam media akan diterjemahkan secara langsung oleh Google dalam peta-peta keempat elemen tersebut, sehingga anda tahu sejauh mana produk anda sangat dicintai, dicari, maupun dibutuhkan di khalayak umum. Anda pun tidak perlu menjumlahkan maupun melihat perkembangannya di setiap hari dalam sebuah kolom atau tabel tertentu, karena Google telah menyiapkan diagram yang telah disesuaikan dengan keempat elemen tersebut tentunya untuk memudahkan anda.

Mengenal Relevansi Setiap Rate Pada E-E-A-T!

Mungkin bagi anda muncul pertanyaan besar mengapa keempat kata tersebut harus berjalan bersamaan dalam media. Memang benar, bahwasannya keempat elemen tersebut memiliki kekuatan yang sangat tinggi karena saling berhubungan satu sama lain. Pengalaman, keahlian, dan orisinalitas karya akan menciptakan sebuah kepercayaan bagi khalayak dalam konsumsi konten media anda. Bayangkan saja apabila konten anda dibuat oleh generate AI yang belum teruji, maka sudah dapat dipastikan bahwa konten tersebut selain tidak bisa dipahami namun kepercayaannya turun.

Apa Itu E-E-A-T?

Sudah banyak yang membuktikan bahwa pertanyaan dari “apa itu E-E-A-T diperlukan” adalah hal yang ketinggalan zaman. Sebab artinya ketika anda hidup di zaman modern maka anda harus dituntut untuk memahami bagaimana manusia berdasarkan kebiasaannya dalam media. Sebagai marketers dan content creators anda harus menilai seluruh kategori dalam konten dengan baik salah satunya pada jenis informasi mengenai YMYL. Apa itu YMYL dalam SEO?

YMYL adalah akronim dari Your Money Your Live yang mana merupakan bagian dari topik konten pada Google yang menjadi bagian dari standar penilaian pada si E-A-T ini sendiri. Topik ini akan sangat relevan karena berkaitan langsung terutama pada topik yang mengangkat pada bidang keuangan dan kesehatan. Google menilai dan melakukan rangking pada E-E-A-T tersebut mulai dari yang tertinggi hingga yang paling rendah. 

Apa Itu E-E-A-T?

Ketika rating berada di paling rendah, maka laman tersebut akan dianggap sebagai laman tidak ahli. Lalu bagaimana apabila hal demikian sudah terlanjur terjadi? Apabila E-E-A-T sudah terindikasi paling rendah, maka seseorang akan menganggap bahwa laman maupun situs web tersebut tidak dapat dipercaya dan otomatis menurunkan engagement anda. Jadi, disini peran kreator untuk memahami apa itu E-E-A-T sangat diperlukan selama menyusun seluruh konten media yang ada. (banyumedia.co.id).