Anda pasti sepakat jika riset kata kunci memiliki peranan yang cukup penting. Bisa dibilang, step riset kata kunci adalah salah satu hal yang krusial di dalam SEO. Ada banyak sekali cara untuk riset kata kunci. Salah satunya adalah dengan menggunakan Google Trends. Tapi, bagaimana cara riset di Google Trend?
Sebelum mengetahui mengenai cara menggunakan Google Trend untuk riset, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai tools Google Trends sendiri. Apa maksudnya? Ini dia pembahasannya.
Google Trends Adalah
Google Trends merupakan tools dari Google yang bisa digunakan secara gratis dan sangat sering digunakan untuk riset kata kunci. Layanan ini sangat membantu para digital marketer yang membutuhkan data pencarian Google untuk keperluan konten atau bisa digunakan untuk tools riset kata kunci, serta yang lainnya.
Sebuah platform dari Google ini pertama kali muncul pada tahun 2006 dan terus dikembangkan hingga saat ini. Google Trends termasuk ke dalam platform yang bisa dikatakan lengkap dari segi manfaat.
Google Trend dapat digunakan untuk melihat data – data seperti menampilkan topik yang sedang banyak dibahas, mencari kata kunci yang sering dipakai, membandingkan performa antara kata kunci yang satu dengan kata kunci yang lainnya, serta tampilannya yang sederhana dan mudah untuk dimengerti bahkan bagi orang awam sekalipun.
Di dalam tools yang satu ini, Anda bisa melihat beberapa menu. Menu – menu tersebut beberapa diantaranya adalah beranda, pelajari, penelusuran trending, setahun search, dan langganan.
Maksudnya apa?
- Home artinya halaman ringkasan dari topik pembicaraan yang sedang hangat diperbincangkan di internet
- Pelajari yakni sebuah laman penelusuran untuk mengetahui secara detail keyword yang sedang trending di dunia internet
- Penelusuran Trending yakni update harian dengan waktu yang real tentang penelusuran yang paling populer
- Setahun Search yakni penelusuran paling populer dalam kurun waktu satu tahun terakhir
- Langganan artinya halaman yang membuat dan mengatur topik – topik yang ingin Anda ikuti
Cara Riset di Google Trends
Buka Laman Google Trends
Tentu saja jika Anda ingin melakukan riset di Google Trend maka yang harus Anda lakukan untuk pertama kali adalah membuka laman dari Google Trends tersebut. Anda bisa mengakses ke https://trends.google.co.id/ melalui search engine Google ataupun bisa juga menggunakan yang lainnya. Anda juga bisa mengubah bahasa yang sesuai dengan bahasa negara Anda misalkan saja Bahasa Indonesia.
Cari Keyword untuk Riset
Untuk melakukan riset keyword di Google Trends, masukkan kata kunci yang Anda ingin cari di search bar. Jika Anda masih bingung untuk mencari ide, Anda juga bisa bisa mencari referensi dari berbagai belahan negara lain dengan mengganti negara pada bagian pojok. Di Bawah ini hasil tampilan untuk kata kunci “Jasa Iklan Google”.
Analisa Grafik Google Trends
Setelah keyword dicari, maka akan menampilkan beberapa grafik. Pada grafik tersebut Anda bisa menyimpulkan pencarian kata kunci yang Anda bidik apakah stabil atau tidak. Pada grafik tersebut terdapat angka 0 hingga 100. Maksudnya apa? 0 dapat diartikan sebagai tidak adanya pencarian sama sekali, 50 dapat diartikan sebagai ketertarikan publik pada kata kunci tersebut hanya sampai setengah dan 100 dapat diartikan sebagai kata kunci tersebut di penelusuran sedang berada di puncaknya.
Bandingan dengan Keyword Serupa
Anda dapat melihat perbandingkan kata kunci dari Google Trends. Fitur ini sangat mempermudah untuk Anda mengetahui kata kunci – kata kunci mana yang akan menghasilkan untuk bisnis Anda. Caranya, Anda tinggal klik pada tulisan “+ bandingkan” lalu enter. Anda akan mendapatkan hasil kurang lebih seperti di bawah ini.
Pilih Kategori
Kategori yang bisa dipilih ketika memanfaatkan Google Trends ada beberapa mulai dari penelusuran gambar, web, berita, shopping, Youtube dan yang lainnya. Ini menunjukkan bahwa tak hanya praktisi SEO di mesin pencari saja yang bisa menggunakan tools yang satu ini. Semua orang yang berkebutuhan juga bisa menggunakan artikel ini karena sudah disediakan.
Analisis Minat Berdasarkan Wilayah
Selain bisa melihat grafik seperti yang telah diterangkan di atas, Anda bisa juga melihat dan menganalisa minat dari pengguna Google berdasarkan wilayah tempat mereka melakukan pencarian. Sebagai contoh, di bawah ini merupakan hasil pencarian minat kata kunci per wilayah dengan keyword “Jasa Iklan Google”.
Analisis Trend Musiman
Anda bisa melihat trend musiman pada Google Trends. Caranya, Anda cukup mengganti rentang waktu pada bagian interval waktu. Dari data tersebut bisa dilihat pada bulan atau tahun berapa kebanyakan orang mencari kata kunci tersebut. Anda bisa menyesuaikan interval waktu sesuai dengan keinginan Anda.
Kesimpulan
Jadi, bagaimana? Mudah bukan untuk melakukan riset di Google Trends? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menggunakan Google Trend sebagai tools gratis bawaan dari Google yang sangat berguna untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!