Membuat iklan menjadi menarik dan tepat sesuai sasaran adalah tugas yang cukup berat apabila segmentasi yang dituju belum terukur. Seseorang Jasa Iklan Google Ads ataupun marketer harus mengetahui sejauh mana produk atau jasa yang dimiliki sehingga dapat ditargetkan pada segmentasi yang seperti apa. Mulai dari lokasi penyebaran, target audiens, radius, dan demografi lain dibutuhkan secara detail agar iklan dapat berjalan dengan maksimal. Berikut ini adalah cara setting lokasi di Google Ads agar tepat sasaran.
Google Ads dikenal sebagai salah satu platform untuk pemasaran yang mana memiliki beberapa fitur untuk meluncurkan iklan tersebut. Disini anda dapat menargetkan iklan yang telah disiapkan bahkan spesifik ke seluruh penjuru dunia. Namun perlu diketahui bahwa perlu keyakinan yang tinggi sebelum menentukan lokasi dari target market anda, karena lokasi yang terlalu luas di awal tidak memiliki efek yang baik bagi bisnis sehingga butuh waktu berkala agar nantinya iklan tersebut dapat diterima secara luas. Sebenarnya jika Anda sudah membuat campaign, Anda tidak perlu susah susah untuk menargetkan lokasi kembali dikarenakan ada tools Google Ads Editor. Namun bagaimana jika belum?
Filter Lokasi Penargetan Google Ads
Kecanggihan Google Ads memang sudah tidak bisa tertandingi, sebab tools ini memberikan pengelompokan yang sangat spesifik dalam 3 kelompok besar yang mampu membedah 1 lokasi yang menjadi konsentrasi utama pemasaran anda. Apa sajakah itu?
Matches
Ketika anda telah memiliki satu target lokasi yang akan menjadi pusat pemasaran, maka fitur ini akan sangat membantu menunjang filtering lainnya. Fitur ini akan membantu anda mencari lokasi yang sesuai dengan pencarian tepat dengan sasaran.
Location That Include
Apabila fitur sebelumnya membahas sentral lokasi, maka fitur ini menjadi pendukung tambahan yang mana berperan dalam mencari lokasi tambahan. Seperti dengan pengertiannya yaitu lokasi yang termasuk, maka disini fitur akan membantu memecah segmentasi lokasi utama yang telah anda pilih.
Related Location
Fitur ini menjadi pelengkap yang dapat mendukung pemasaran anda. Lokasi tambahan akan dimasukkan dalam segmentasi pemasaran utama anda yang mana masih memiliki keterkaitan permintaan dengan produk atau jasa yang anda miliki. Dari sini anda akan mendapatkan paket lengkap untuk menargetkan lokasi utama dan yang relevan dengan target saat ini.
Selain ketiga pilihan, cara setting lokasi di Google Ads ternyata juga dilengkapi dengan pilihan lain yang disebut exclude yaitu lokasi yang dikecualikan dalam pemasaran anda. Sehingga dari sini iklan akan disebarkan ke seluruh lokasi kecuali yang masuk dalam list exclude itu sendiri. Kolom-kolom berikutnya yang mampu digunakan untuk bidding / penargetan yaitu reach dan advanced search. Reach berfungsi sebagai gambaran sejauh mana iklan tersebar sementara advanced search adalah penargetan khusus.
Cara Melakukan Setting Lokasi Ads di Google Ads
Sebelum menentukan lokasi maka anda harus membuat kampanye baru yang ada pada kolom “Ad Grup” dengan memasukkan keywords yang akan digunakan. Pada kolom inilah anda akan bisa melakukan bidding atau penargetan pemasaran baik dari lokasi, fokus iklan, dan maksimal cost per click yang akan dikeluarkan. Bagaimanakah tahapannya?
- Masuk dalam “Ad Group” dan scroll hingga ke menu “More” untuk menemukan target lokasi.
- Melakukan penargetan dari default Google ke “All Countries and Regions”.
- Scroll ke bawah dan menekan “Enter Another Location” untuk menentukan target lokasi anda.
- Mengetik lokasi yang anda pilih pada kolom tersebut untuk kemudian dipilih lagi spesifikasi lokasinya. Misalnya Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan lain-lain.
- Di sebelah kanan akan muncul jumlah jangkauan yang akan menjadi preferensi tambahan sebelum memilih lokasi.
- Setelah mengetahui jumlah jangkauan, perhatikan 3 kolom di kanan yaitu target, kecualikan, dan di sekitar. Anda bisa memilih target untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai target lokasi pemasaran anda.
- Klik “Advanced Search” di sebelah kolom “Enter Another Location” untuk mengerucutkan segmentasi lokasi dan radius pemasaran. Di pilihan “lokasi” anda dapat memilih lokasi yang akan ditargetkan dan dikecualikan, sementara pada pilihan “radius” anda akan mengetahui berapa luas iklan anda akan tayang dari lokasi bisnis saat ini.
- Scroll ke bawah dan menekan “Location Option”
Terdapat beberapa pilihan yang akan muncul dengan penargetan pada kolom “Ad Group” ini yaitu:
- Presence or interest: people in, frequently in, or who have shown an interest in the location you’re targeting adalah default yang direkomendasikan karena bisa diakses siapapun dimanapun.
- Presence: People in or frequently in your targeted location adalah pilihan untuk daerah tertentu yang telah disetting.
- Search interests: People who searched for your targeted location mirip dengan sebelumnya hanya berbeda di peminatan saja.
Demikian cara setting lokasi di Google Ads yang perlu diperhatikan khususnya kolom exclude. Semoga dapat membantu para marketer muda!