Bagi orang yang tidak begitu paham mengenai bahasa pemrograman, CMS atau content management system merupakan alternatif terbaik untuk membuat website tanpa repot harus mengerti bahasa pemrograman. Jenis – jenis CMS ada banyak. Namun, adalah CMS terbaik untuk SEO? Pada artikel ini mari kita bahas mengenai serba – serbinya.
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai content management system yang paling tepat untuk dioptimasi menggunakan search engine organization, mari kita ketahui elemen apa yang sebaiknya ada di sebuah CMS agar nantinya mudah untuk dioptimasi menggunakan SEO. Apa sajakah itu?
Fitur Elemen CMS Yang Harus Ada Untuk SEO
Customizable Page
CMS yang Anda harus memungkinkan Anda mengelola title tag, meta deskripsi, serta alt text gambar ketika akan posting. Ini adalah hal penting untuk On Page SEO situs Anda. Dengan memasukkan kata kunci di tempat – tempat yang tepat akan membuat website Anda bisa berada di halaman satu Google dengan jauh lebih cepat.
Setting URL
URL struktur juga termasuk ke dalam hal krusial yang perlu Anda perhatikan. Search engine, begitu juga dengan pembaca tidak suka dengan struktur URL yang panjang. Maka dari itu, carilah CMS yang memungkinkan Anda untuk menyetting URL yang singkat tapi tetap deskriptif.
Blogging Tools
Blog adalah salah satu elemen website yang penting untuk strategi konten. Untuk itu, Anda harus memilih CMS yang memiliki blogging tools dan template untuk membantu Anda. Selain itu, pilihlah CMS yang memudahkan Anda menambahkan gambar atau video ke dalam kontennya.
Internal Links
Internal link adalah salah satu elemen SEO penting yang lainnya. Menautkan antar halaman yang relevan memberikan Anda dua keuntungan. Yang satu yaitu bisa membantu mesin pencari untuk menemukan situs Anda dan yang ke dua yakni membantu mendongkrak user experience. Anda dapat membuat internal link secara manual namun ada CMS yang membantu untuk mengotomatisasikan proses ini.
Taxonomy
Taxonomy merupakan salah satu cara untuk membantu search engine dan pengguna memahami struktur situs Anda dan membantu menemukan apa yang mereka cari. Most CMS akan memberikan opsi tag dan kategori untuk mengklasifikasikan postingannya.
Menu Navigasi
CMS yang baik untuk SEO juga harus bisa mengkustomisasikan menu navigasi sehingga mudah dipahami oleh pembaca maupun search engine. Dengan navigasi menu, Anda bisa “mengkategorikan” halaman Anda sehingga search engine lebih mudah mengcrawl dan pengguna lebih mudah menemukannya.
301 Redirects
Seharusnya, CMS untuk search engine optimization harus mempermudah Anda dalam membuat 301 redirect. Redirect penting untuk audit konten strategi. Misalkan saja Anda memiliki konten yang sudah tidak dipakai karena “kadaluarsa” Anda bisa menggunakan redirect dari pada harus menghapusnya.
Tema yang Responsif
Lebih dari 60% organic traffic berasal dari pengguna yang menggunakan perangkat mobile. Untuk itu, Anda harus memilih CMS yang memungkinkan untuk Anda menggunakan tema yang responsif sehingga pengunjung yang menggunakan device manapun tetap bisa nyaman mengakses situs Anda.
SSL
SSL certification, merupakan standar teknologi keamanan informasi antara browser pengunjung dan situs website Anda. Search engine memprioritaskan situs yang memiliki SSL. Google bahkan memasukkan SSL ke rangking factor Google. Untuk itu, penting halnya memastikan website Anda memiliki SSL.
XML Sitemaps
XML sitemaps dapat diibaratkan sebagai maps untuk for website. File – file ini mencantumkan setiap halaman di situs Anda sehingga mesin pencari dapat dengan mudah menemukan, merayapi, dan mengindeks konten.
Analytics Tools
CMS yang baik untuk SEO seharusnya bisa support analytics tools. SEO memang sebuah strategi yang memerlukan waktu yang lama. Untuk itu, perlu halnya bantuan analytics tools untuk “menilai” apakah strategi yang dijalankan tepat atau tidak.
Nah setelah mengetahui fitur elemen apa yang harus ada dalam sebuah CMS yang bagus untuk SEO, mari bahas rekomendasi CMS terbaik untuk keperluan SEO.
CMS Terbaik Untuk SEO
WordPress
CMS yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu dan sudah banyak yang menggunakan. CMS yang satu ini bahkan digunakan oleh hampir 40% pemilik website. WordPress memungkinkan Anda untuk menambahkan judul, alt, meta desc, headings, custom URL untuk post dan page. Anda juga bisa memilih responsif tema dari WordPress atau dari pihak ke tiga. Anda juga sangat mungkin sekali untuk menginstall plugin tambahan yang membantu Anda. Untuk itu, tak mengherankan bukan jika CMS satu ini menjadi andalan banyak orang.
Kelebihan Menggunakan WordPress
- Anda dapat dengan mudah menginstall WordPress
- Tersedia ribuan tema yang responsif
- Interface yang mudah dikelola untuk marketer SEO
- Mudah dikustomisasikan
Kekurangan Menggunakan WordPress
- Harus install plugin jika ingin menambah fungsi
- Menginstall banyak plugin bisa menyebabkan loading situs jadi lambat
- Tidak semua tema SEO Friendly
- Tidak ada customer support
Magento
Jika Anda ingin membuat dan mengoptimasi situs berbentuk online store, mungkin Magento bisa menjadi solusi. Magento akan memberikan pengalaman yang hampir mirip dengan WordPress. Namun, jika Anda ingin fungsi yang lebih lengkap, Anda harus mendownload ekstensi terlebih dahulu.
Kelebihan Menggunakan Magento
- Anda bisa remove “category” pada URL halaman sehingga jadi jauh lebih SEO friendly
- Mudah menambahkan meta deskripsi
- Anda bisa set – up canonical URL
- Mudah menambahkan XML sitemaps
Kekurangan Menggunakan Magento
- Membutuhkan ekstensi untuk fungsi SEO yang jauh lebih lengkap
- Anda tidak dapat membuat meta information template untuk produk pages kecuali Anda membeli ekstensi
- Tidak bisa membuat HTML Sitemap
- Tidak ada fungsi blog bawaan
Joomla
Joomla adalah salah satu CMS untuk SEO yang terbaik. Joomla menggabungkan kebaikan antara WordPress, Magento, dan juga Drupal. Joomla adalah salah satu CMS yang paling banyak digunakan selain WordPress. Dalam banyak hal, Joomla sangat mirip sekali dengan WordPress. Namun sayangnya, proses konfigurasi beberapa aspek tidak semudah WordPress.
Keuntungan Menggunakan Joomla
- Lebih banyak opsi SEO internal dari pada CMS yang lainnya
- Joomla merupakan salah satu CMS yang memiliki loading cepat. Ini adalah salah satu faktor terpenting dalam SEO
- Kompresi gzip otomatis sehingga tidak perlu ekstansi
- Responsive design web
Kekurangan Menggunakan Joomla
- Fitur Joomla sangat luas, ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik situs
- Pembuatan XML sitemaps memerlukan plugin
- Harus install SSL certificate secara manual
- Agar image bisa di crawl oleh search engine, perlu pengeditan manual di file robot.txt
Wix
Wix sangat cocok digunakan jika Anda baru saja merintis usaha. Itu karena dengan menggunakan Wix, proses customisasinya tergolong sangat mudah bahkan bagi orang awam sekalipun. Wix memungkinkan Anda untuk handle beberapa SEO essentials seperti alternative text untuk gambar, SSL, sitemaps, redirect dan beberapa hal yang lainnya.
Kelebihan Menggunakan Wix
- All – in – One, platform yang mudah digunakan untuk menerapkan SEO
- Mudah dipahami bahkan oleh orang yang baru saja belajar mengenai website
- Fitur SEO sudah tersedia di dashboard, tidak perlu ekstensi tambahan
- Pembuatan XML sitemaps otomatis
Kelemahan Menggunakan Wix
- Lebih cocok untuk individu atau bisnis yang memiliki sedikit team
- Wix tidak memperbolehkan mengganti tema yang sudah digunakan. Untuk itu, pilihlah dengan hati – hati sebelum membuatnya.
- Loading situs yang kurang cepat
- Tidak semua tema yang dimiliki Wix adalah tema yang responsif.
Shopify
Jika Anda membutuhkan situs untuk e-commerce, Shopify mungkin menjadi salah satu pilihan. Seperti Wix, Shopify dibuat untuk bisnis yang masih kecil. Namun, platform yang satu ini terkenal juga dengan kesederhanaannya.
Kelebihan Menggunakan Shopify
- Tidak perlu menambah plugin karena sudah tersedia di dashboard
- Pengaturan yang mudah
- Semua tema responsif
- Loading cepat karena sudah terintegrasi dengan CDN
Kekurangan Menggunakan Shopify
- Jika Shopify membuat sitemaps dan robots.txt file untuk Anda, Anda tidak bisa mengeditnya langsung
- Pengindexan memerlukan paket berbayar
- Limited customization URL
- Kustomisasi desain yang terbatas
Nah itulah beberapa pilihan CMS untuk SEO. Semoga dengan mengetahui kelebihan dan kelemahan CMS serta apa saja yang harus ada dalam CMS yang bagus, Anda bisa memilih CMS untuk situs Anda yang terbaik.