UMKM Butuh aliran dana, keluar uang berapa, dapat uang berapa.

Kalau kataku sih, yang namanya branding itu nomor 2, yang penting cash flow, untuk UKM lho. Wong modalnya cekak. Ada cash untuk diputar, sebisa mungkin positive. JADI ADA LABA. Branding bakal mengikuti.

Kalau mau positive, datangkan pembeli dengan biaya sekecil mungkin.

Calon pembeli yang datang biasa disebut lead. Kalau jadi beli ya convert (ada konversi / penjualan). Ini istillah / jargon yang sering dipakai dalam dunia internet marketing.

Patokan akhirnya ya itu, PENJUALAN. Strategi apapun yang digunakan, konversi adalah tujuan akhirnya. Biaya untuk konversi harus lebih kecil dari margin (laba) produk. Biar gaK BONCOS alisa RUGI!

Dengan matematika sederhana, pelaku digital markerter bisa kok menghitung itu. Ini banyak diajarkan di WORKSHOP. Berapa biaya per lead (konsumen yang hubungi kita), Berapa persen lead yang akhirnya jadi beli, dan akhirnya berapa biaya per konversi / penjualan.

Saya ulang, kuncinya di gimana biar bisa dapat lead dan konversi murah. Parameter murahnya tentu juga dipengaruhi variable persentase lead yang jadi konversi dan margin (laba).

Ok..

Di bawah ini adalah screenshot contoh lead murah. Ini lead, belum konversi (belum tentu jadi beli). Lead ini dihitung berdasarkan user yang ditarget iklan, yang klik WA dan menghubungi CS.

biaya per leads studi kasus

Untuk margin laba 100rb, lead dengan biaya 3000an, 4000an, biasanya, hasilnya GOOD. Malah EXCELLENT. Kalau tidak, berarti salah di Customer sevice yang follow up calon pembeli, atau produknya menarik tapi harganya kemahalan untuk ukuran produk tersebut.

Oya, ini pakai GOOGLE DISPLAY ADS ya, yang mirip FB ADS.

Sayangnya, menemukan produk yang bisa begini ini cucah. cucah. Ee ketemu yang winning product iklan disapproved. Dan kendala lainnya.

Kalau liat gambar, gak perlu liat matrik yang macam – macam, cukup liat akhirnya, biaya per konversi / biaya per lead. Atau biasa disebut cost per result di FB ADS.

Iklan ini disetting oleh Iyan. Yang mungkin, nanti bakal buka – bukaan teknik dan strateginya di WORKSHOP!

atau malah mau dibuka GRATIS!

Maksimalkan Biaya Marketing Dengan Mendatangkan Lead Sebanyak – Banyaknya

Heading di atas kesimpulannya. sebenarnya bukan lead sebanyak – banyaknya, tapi datangkan konversi sebanyak – banyaknya dengan biaya per konversi semurah mungkin.