MOZ menjadi salah satu tools atau alat untuk membantu pekerjaan SEO Specialist (Jasa SEO) ataupun para pakar SEO Indonesia atau bahkan dunia yang banyak sekali penggunanya. Selain karena fitur MOZ yang banyak, MOZ juga bisa digunakan secara gratis. Meskipun, tentu saja data yang bisa Anda dapatkan jika memanfaatkan MOZ secara gratis lebih sedikit dari pada jika Anda berlangganan. 

MOZ dirancang untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari. Fitur utama yang ditonjolkan dan menjadi “andalan” adalah link explorer, keyword explorer dan juga rank tracker. Selain itu, software MOZ juga mampu untuk meningkatkan lalu lintas, peringkat dan juga visibilitas website pada SERPs jika dikelola dengan benar. 

Secara garis besar, ada beberapa manfaat MOZ yang menjadi “highlight” apa sajakah itu? ini dia manfaat MOZ secara garis besar. 

Manfaat Tools MOZ

Fitur MOZ

Domain Authority

Tools yang satu ini memiliki metrik yang sering disebut dengan Domain Authority atau disingkat juga dengan DA. Metrik ini berguna untuk mengukur serta mengumpulkan data dari website dari skornya dan dapat Anda gunakan untuk membandingkan peluang peringkat website pada pencarian Google (SERPs) dengan kompetitor website Anda. 

Data yang Lengkap

Data – data yang dimiliki tools MOZ dianggap cukup lengkap. Dengan data yang ditampilkan MOZ juga, kita jadi mudah untuk membandingkan antara website kita dan juga website milik kompetitor. Dengan demikian, maka kita bisa jadi lebih mudah untuk menentukan strategi ke depannya.

Ini baru sebagian kecil dari manfaat yang diberikan oleh MOZ. Nyatanya, ada banyak sekali manfaat – manfaat yang diberikan. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai MOZ, di bawah ini ada fitur – fitur andalan yang bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan SEO. Apa sajakah itu? Ini dia fitur andalan MOZ.

Fitur MOZ

Link Explorer

Fitur ini termasuk ke dalam fitur yang paling banyak digunakan oleh orang – orang. Link explorer memungkinkan Anda untuk menganalisa link suatu website. Data yang akan muncul ketika menggunakan fitur yang satu ini beberapa diantaranya adalah domain authority (DA), jumlah linking domain, page authority (PA), Inbound links, serta linking keyword. 

Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk “menelanjangi” website milik kompetitor. Kita bisa melihat apa yang kompetitor lakukan pada websitenya sehingga bisa berada di halaman satu Google. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan untuk mengaudit website milik sendiri.

Keyword Explorer

Pada fitur ini, MOZ menyediakan alat untuk meneliti kata kunci pencarian. Selain itu, fitur yang satu ini juga berfungsi untuk menemukan ide – ide kata kunci baru yang dapat digunakan untuk menambah kata kunci hasil dari tools riset kata kunci yang lainnya. Ada beberapa data yang bisa Anda lihat pada fitur yang satu ini yakni monthly volume (volume pencarian bulanan), keyword difficulty (tingkat persaingan keyword), organic CTR (nilai CTR) dan priority score. Istilah dalam website ini tentu sudah tidak asing lagi bukan?

Fresh Web Explorer

Fitur fresh web explorer pada dasarnya adalah alat untuk memantau atau monitor tools dalam penyebutan suatu brand sehingga dalam kata kalin fresh web explorer dapat bermanfaat untuk promosi konten serta link building. 

Moz Local

Lalu yang selanjutnya ada fitur MOZ berupa MOZ Local. Secara garis besar, Moz Local digunakan untuk mengoptimalkan website Anda pada suatu daerah tertentu (jika bisnis Anda fokus pada suatu daerah). Dengan munculnya bisnis Anda pada daerah tertentu atau daerah target maka berdampak bagus pada bisnis Anda. Pembeli bisa saja menemukan Anda dari pencarian lokal. Jadi, sumber kunjungan tidak terbatas. 

Site Crawl

Fitur MOZ yang satu ini mempermudah Anda untuk mengalisa teknikal SEO website Anda. Jadi, jika website Anda terdapat suatu masalah terkait teknikal SEO maka bisa diketahui dengan mudah. Site crawl memiliki laporan jika terjadi kesalahan pada pada teknikal SEO Website Anda seperti isi konten yang terlalu sedikit, duplikasi, atau konten yang memiliki loading yang lambat. 

Rank Tracker

Pada fitur ini, Anda dimudahkan untuk melihat ranking website Anda pada mesin pencari. Selain itu, Anda juga bisa melihat laporan kata kunci apakah posisinya naik atau turun. Tak hanya itu saja, ada juga bagian “search visibility” yang mana merupakan estimasi besaran klik dari posisi rangking keyword yang telah dicapai.

Fitur MOZ

Page Optimizations

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengoptimasi suatu halaman yang Anda inginkan. Dalam fitur ini, Anda bisa mengetahui page score. Page score sendiri adalah estimasi skor dalam memperkirakan seberapa baik halaman tersebut dioptimasi. Jika skor Anda rendah, Anda juga bisa mengetahui penyebabnya apa sehingga Anda bisa memperbaikinya segera. 

Moz Bar

Moz bar adalah sebuah ekstensi dari chrome yang bisa menampilkan data seperti domain authority, page authority di dalam SERPs. Moz Bar dapat Anda manfaatkan secara gratis maupun secara berbayar. Namun sekali lagi ditekankan, hasil Moz Bar yang gratis tidak akan sedetail jika Anda berlangganan. 

Insight

Fitur insight adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat to do list yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan SEO website Anda. Hal ini memberikan gambaran kepada Anda untuk mengetahui langkah – langkah apa yang sebaiknya diambil untuk bisa mengembangkan website bisnis Anda sehingga bisa jadi lebih maju lagi. 

Moz Pro Campaigns

Campaign mampu menarik semua data dari akun Moz ke dalam dashboard. Hal ini mampu membantu Anda untuk mengelola SEO website dalam jumlah yang banyak serta mampu juga untuk memantau kinerja SEO nya.

Nah itulah fitur MOZ yang bisa Anda gunakan untuk keperluan search engine optimization atau SEO. Semoga dengan menggunakan MOZ, SEO website Anda jadi jauh lebih berkembang lagi.