User yang nge-klik suatu link atau elemen tertentu dalam website bisa di jadikan sebagai sebuah konversi. Misalnya, user yang klik chatting yahoo, skype, chat live. Klik download brosur, katalog. Kik call to action. Klik call to phone. klik play video. Dan sebagainya.

Cara yang digunakan adalah menggunakan Google Analytics event tracking. Event yang ditrack dijadikan sebagai goal/sasaran. Kemudian Goal ini impor ke Adwords sebagai sebuah conversion.

Google Analytics event tracking

Singkatnya, Event tracking adalah metode yang tersedia dalam Google Analytics untuk merekam perilaku user terhadap elemen-elemen yang terdapat di dalam website. Yang termasuk event, tidak hanya perilaku klik, bisa juga scroll misalnya. Scroll ini bagus dan penting digunakan untuk blogger. Untuk mengetahui berapa user yang membaca sampai habis (scrolling dari atas sampai bawah artikel). Jadi tahu, artikel yang dibikin menarik tidak.

Hasil event tracking ini bisa dijadikan analisis tingkat lanjut. Kaitannya dengan iklan adwords, kita bisa mengetahui kata kunci apa aja yang mendatangkan konversi. Sehingga, bisa dijadikan acuan ketika melakukan optimasi.

Teknisnya

Saya menggunakan universal analytics. Untuk lengkapnya silakan kunjungi developers.google.com

Contoh code:

01234 567890 . Ketika Nomor telpon ini di klik, makan event atau peristiwa ini akan dikirimkan ke analytics untuk dicatat.

Nomor telpon diatas dalam versi html code:

<a href=”tel:01234567890″ onclick=”ga(‘send’, ‘event’, ‘link’, ‘klik’, ‘nomor telepon);”>01234 567890</a>

Laporannya dapat dilihat di Google analytics di tab seperti berikut:

 

event tracking analytics

 

Penutup

Lagi lagi , analisa digital marketing adalah analisa angka – angka. Semakin banyak data yang terkumpul semakin mudah dan akurat optimasi yang bisa dilakukan. Data dari google analytics sangat membantu dalam optimasi iklan adwords.

Note (tak perlu dibaca). Salah satu website yang kami kelola baik iklan berbayar maupun seo nya, dan menggunakan event tracking adalah naikpesawat.com, bisnis agen tiket pesawat.