Tahukah Anda bahwa ada poin penting yang perlu diperhatikan ketika kita hendak melakukan teknik pemasaran digital ataupun yang lainnya terhadap produk bisnis kita? Namun kerap kali poin ini luput dari cara pandang kita, padahal ini sangat penting dalam menunjang tercapainya target yang sudah kita tentukan. Poin tersebut adalah tentang Menentukan Audiens untuk Suatu Bisnis.

Mari kita simak apa saja hal hal utama yang bisa kita pelajari ketika bersinggungan dengan audiens untuk transaksi bisnis kita. 

Memahami Definisi Segmentasi Audiens 

Sebelum berbicara lebih jauh tentang audiens dan bisnis, ada baiknya bila Anda memahami dahulu seluk beluk definisi mengenai segmentasi audiens dan hal hal dasar lainnya. Segmentasi audiens bisa dimaknai sebagai sekumpulan orang yang dapat dikategorikan secara spesifik berdasarkan hal hal tertentu yang menarik minat mereka. 

Sekumpulan audiens ini merupakan faktor yang cukup berpengaruh dalam bagian dari promosi bisnis Anda. Maka dari itu segmentasi atau target kepada audiens ini tak lain adalah sekumpulan orang yang nantinya akan Anda jangkau guna berminat pada produk usaha yang sedang bisnis Anda tawarkan. 

Ketika Anda telah dapat menentukan sekaligus mengenali bagaimana segmentasi audiens Anda, maka Anda bisa pula dengan lebih gampang memulai konten promosi yang sesuai dan klop untuk masing masing target audiens Anda. Misalkan segmentasi Anda adalah orang yang belajar SEO, maka Anda bisa mencari inspirasi konten SEO yang sesuai.

Menentukan Audiens

Jenis Jenis Segmentasi Audiens

Kemudian kita akan masuk pada pembahasan ke dua, yakni mengenai apa apa saja yang bisa kita baca dari segmentasi audiens ini. Ada empat jenis yang diuraikan sebagai berikut. 

Target Berdasarkan Perilaku 

Segmentasi secara perilaku ini bisa dilakukan guna Menentukan Audiens untuk Suatu Bisnis. Target ini bisa dianalisis melalui perilaku yang dilakukan oleh audiens atau calon calon konsumen atau pengunjung ini nantinya. Ada beberapa amatan yang bisa ditelisik, di antaranya ialah sikap, pengetahuan, respon, loyalitas, juga penggunaan barang yang dilakukan oleh audiens ini. Amatan ini juga mencakup keputusan mereka dalam menjadi konsumen produk bisnis Anda.  

Target Berdasarkan Geografis

Segmentasi secara geografis dimaksudkan sebagai penggolongan audiens berdasarkan dari faktor lokasi di mana audiens tersebut berada. Bisa dari letak geografisnya, asal daerah, domisili daerah, dan lain sebagainya. Faktor secara geografis ini juga penting ditelisik, karena tiap tiap kebutuhan suatu wilayah bisa jadi berbeda beda, misalnya saja bergantung pada kondisi bahan pangan, keadaan tanah, iklim, cuaca dan lain lain. 

Target Berdasarkan Demografis

Segmentasi ini dirunut berdasarkan aspek aspek pada diri manusia, seperti usia, identitas gender, tingkat pendidikan, aktivitas sehari hari, pekerjaan, pengalaman disabilitas, dan banyak kategori sosial lainnya yang melekat pada diri manusia.  

Target Berdasarkan Psikografis 

Selanjutnya adalah segmentasi audiens berdasarkan aspek psikografis. Factor ini berhubungan dengan kondisi psikologis audiens. Jadi, pemilik bisnis harus memiliki pemahaman yang cukup dalam ketika menyentuh ranah target yang satu ini. Beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menyiasati peningkatan dari target audiens ini adalah dengan membuat survey, membagi kuesioner dan sebagainya. Hal ini bermanfaat untuk mengamati preferensi audiens Anda. 

Menentukan Audiens

Kegunaan Segmentasi Audiens

Ada banyak manfaat yang ditimbulkan dengan Menentukan Audiens untuk Suatu Bisnis Anda. Beberapa di antaranya adalah;

  1. Membantu meningkatkan daya tarik calon konsumen
  2. Membantu bisnis Anda untuk bisa jadi fokus pada suatu target audiens tertentu
  3. Memudahkan Anda dalam mengelola anggaran dana keuangan, utamanya dalam hal teknik pemasaran
  4. Membantu untuk memenuhi target yang dimiliki konsumen karena sudah memiliki segmentasi yang cocok dan pas
  5. Membantu Anda dalam melakukan marketing karena menjadi lebih terarah dan tidak melebar jauh dari target yang sudah ditentukan

Syarat Keberadaan Segmentasi Audiens

Selanjutnya ada beberapa syarat syarat dasar yang harus terpenuhi ketika suatu audiens bisa dikatakan sebagai target atau segmentasi yang tepat. Berikut adalah poin poinnya. 

  1. Target audiens sifatnya dapat diukur. Ukuran ini bisa dilakukan berdasarkan satuan apa pun dan dalam alat ukur yang bermacam macam, misalnya dari jumlah audiens, daya beli audiens, besar, luas, jumlah, dan sebagainya. 
  2. Target audiens dapat dibedakan, ini perlu dilakukan agar tiap tiap segmentasi bisa tergambar dengan terbagi dengan jelas, sehingga perlu ada pembeda yang jelas pula
  3. Target audiens sifatnya memenuhi logika dna dapat untuk dijangkau
  4. Target audiens yang selanjutnya, tentu saja adalah segmentasi yang memiliki jumlah peluang yang signifikan untuk menghasilkan keuntungan. 

Berikut tadi adalah beberapa hal yang perlu Anda pelajari ketika hendak Menentukan Audiens untuk Suatu Bisnis Anda.