banyumedia.co.idQuestion Keyword dalam SEO seringkali digunakan saat seseorang mengetik pertanyaan lengkap dan spesifik ke Google. Dengan begitu, mesin pencari nantinya dapat menampilkan hasil yang lebih relevan dan bermanfaat bagi penggunanya.

Namun, apakah question keyword ini bisa dioptimasi? Apakah pakar atau penyedia Layanan Jasa SEO juga mempertimbangkan penggunaannya? Mari bahas serba serbinya!

Alih-alih menggunakan kata kunci yang umum seperti “wajah berjerawat” memungkinkan hasil pencarian yang muncul masih terlalu luas da n belum sesuai kebutuhan pengguna. Maka dari itu mereka menggunakan question keyword seperti “bagaimana cara mengatasi wajah berjerawat?”.

Adapun pendekatan yang dipersonalisasi seperti ini, bisa disebut sebagai pencarian semantik. Apa istilah tersebut? Dan mengapa question keyword sangat penting dalam penggunaan SEO?

Apa Itu Pencarian Semantik?

Question Keyword

Pencarian semantik adalah pencarian dengan makna. Semantik adalah studi tentang kata-kata dan logikanya. Dan demikian, pencarian semantik adalah teknik pencarian data yang memahami arti kata-kata untuk menentukan maksud pengguna sebelum menyajikan hasil pencarian.

Pencarian semantik mengacu pada bagaimana Google dapat memprediksi informasi apa yang Anda cari. Adapun prinsip pada pencarian ini memperhitungkan beberapa faktor seperti berikut:

  • Riwayat penelusuran pengguna.
  • Pemrosesan bahasa alami.
  • Konteks aliran kueri.
  • Identifikasi entitas.

Jenis Pertanyaan yang Dijawab oleh Google

Google menjadi asisten pencarian cerdas yang dapat memberikan jawaban langsung atas pertanyaan pengguna dan menyediakan tautan ke situs web. Ada beberapa jenis pertanyaan yang bisa dijawab oleh Google. Yang paling menonjol diantaranya seperti berikut ini.

Direct Answer Questions (DAQ)

DAQ mengacu pada jenis kunci pertanyaan yang dapat dijawab secara langsung oleh Google. Kata kunci pertanyaan ini dimulai dengan ‘apa’, ‘di mana’, ‘siapa’, ‘kapan’, dan lain-lain.

Seperti contoh, saat pencari mengajukan pertanyaan seperti ‘apa nama galaksi kita?’. Pertanyaan ini bertujuan untuk mendapatkan jawaban langsung dari Google, yaitu ‘Galaksi Bima Sakti’.

Short Answer Questions (SAQ)

SAQ mengacu pada jenis pertanyaan dengan jawaban yang singkat. Question keyword dalam SEO ini biasanya dimulai dengan kata ‘bisa’, ‘mengapa’, dan lain-lain.

Misalkan, saat pencari mengajukan pertanyaan seperti ‘mengapa laut berwarna biru?’, Google akan menampilkan jawaban secara akurat dengan memberikan penjelasan atas pertanyaan yang diajukan.

Long Answer Questions (LAQ)

LAQ adalah jenis pertanyaan yang memiliki jawaban panjang. Dimana pencari menggunakan question keyword untuk mendapatkan jawaban sedetail mungkin.

Seperti contoh, pencari mengajukan pertanyaan seperti ‘bagaimana cara memasak pasta?’. Maka Google akan memberikan jawaban secara lengkap dengan menampilkan website yang paling relevan dengan pertanyaan yang diajukan.

3 jenis question keyword ini bisa menjadi pertanyaan teratas yang dijawab oleh Google. Tentu, penggunaan kata kunci pertanyaan ini sangat penting untuk memasukkannya ke dalam strategi SEO.

Pentingnya Question Keyword untuk SEO

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penggunaan question keyword sangat penting dalam penerapan SEO. Dengan begitu, peluang meningkatkan traffic pengunjung untuk datang ke website Anda juga semakin besar.

Memenuhi Kebutuhan Pencari

Saat pengguna mengajukan pertanyaan spesifik di Google, mereka sangat termotivasi. Mereka memiliki kebutuhan khusus untuk menemukan situs website yang dapat menjawab pertanyaannya. Maka dari itu, kegunaan question keyword sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pencari.

Mendatangkan Konsumen

Kebutuhan pengguna mungkin tak sekadar berupa informasi, tetapi memiliki maksud komersial di baliknya. Yang mana, penggunaan kata kunci pertanyaan ini juga bisa mendatangkan konsumen baru untuk mengetahui bisnis Anda.

Misalnya, seseorang mencari informasi tentang masalah kulit berjerawat, langkah selanjutnya mereka mungkin akan mencari konsultasi atau perawatan di klinik terdekat. Jika bisnis Anda didasarkan untuk membantu mengatasi masalah orang yang memiliki kulit berjerawat, maka Anda bisa menempatkan question keyword dalam SEO agar situs web Anda berhasil muncul di halaman teratas.

Question Keyword

Meningkatkan Rasio Klik Tayang

Menggunakan kata kunci pertanyaan dalam SEO juga berpotensi meningkatkan rasio klik-tayang (CTR) pada iklan Anda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh banyaknya lalu lintas dari pencarian organik.

CTR juga membantu Anda untuk meningkatkan skor SEO pada website bisnis yang dikelola. Rasio klik-tayang yang tinggi menunjukkan seberapa besar keberhasilan kampanye iklan pada situs web tersebut. 

Meningkatkan Konversi Calon Pelanggan

Strategi penerapan SEO yang paling tepat adalah meningkatkan konversi dalam penjualan. Dimana penggunaan question keyword ini sangat membantu untuk mendatangkan audiens agar melakukan tindakan pada platform bisnis kita.

Sebab, kata kunci pertanyaan yang dicantumkan adalah aktivitas yang audiens cari untuk menemukan jawaban guna memenuhi kebutuhan mereka melalui Google. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus bisa memberikan jawaban tersebut sehingga calon pelanggan tertarik untuk menggunakan bisnis Anda.

Demikian penjelasan terkait penggunaan question keyword untuk strategi SEO yang efektif. Dengan menerapkan hal ini, maka Anda bisa meningkatkan traffic website lebih kencang untuk mendatangkan calon pelanggan.

Gunakan Jasa SEO untuk Kelola Website Anda

Jasa SEO berperan penting untuk mengelola website agar mendatangkan lebih banyak pengguna yang sesuai dengan target audiens Anda. Mulai dari strategi penempatan keyword yang sesuai, hingga pembuatan landing page yang menarik dalam sebuah website.Selain memahami pentingnya question keyword dalam SEO, baca juga istilah apa itu E-E-A-T? yang berguna untuk mengetahui penerapannya dalam menaikkan peringkat pencarian di Google. Dengan demikian, Anda menjadi lebih tahu bagaimana peran jasa optimasi SEO yang bisa menjadi alternatif untuk mengembakan situs website Anda. Semoga bermanfaat!