Kecepatan website menjadi salah satu poin penting dalam mengoptimasikan website dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Ya, Google ingin usernya mendapatkan experience yang baik sehingga Google akan menempatkan website dengan kecepatan yang cepat di posisi terbaik dalam mesin pencari. Untuk mengeceknya Anda bisa menggunakan tools Google PageSpeed Insight. Namun sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai tools yang satu ini, ketahui dulu seberapa penting kecepatan dalam website.

Seberapa Penting Kecepatan Dalam Website

Kecepatan loading situs termasuk ke dalam teknikal SEO yang tidak bisa Anda hiraukan begitu saja. Ya, loading website juga dapat menentukan performa yang otomatis yang sangat berpengaruh pada jumlah kunjungan website bisnis Anda seperti yang telah disimpulkan di atas.

Selain konten kualitas tinggi dengan artikel SEO Friendly, desain yang cantik serta backlink dofollow yang kuat, loading website yang cepat juga bisa menjadi salah satu faktor yang menentukan website bisa bertahan lama di posisi terbaik SERPs atau tidak. Semakin cepat website bisnis Anda merespon permintaan pengunjung maka itu semakin baik. Begitu pula sebaliknya, jika suatu website lama dalam merespon maka pengunjung akan malas bahkan sampai enggan untuk membuka website Anda di kemudian hari.

Kecepatan website yang rendah meningkatkan peluang hilangnya tingkat konversi gara – gara masalah yang sudah disinggung pada bagian atas. 3 Detik adalah waktu rata – rata yang diharapkan pengunjung dalam mengakses website Anda, 5 detik akan dianggap waktu yang kurang ideal serta jika lebih dari itu bisa dipastikan loading websitenya kurang bagus.

Sebenarnya, tools yang bisa digunakan untuk mengecek kecepatan website tidak hanya Google PageSpeed Insight saja melainkan ada yang lainnya seperti GTMetrix. Namun, pada kesempatan kali ini mari kita sama sama cari tahu mengenai tools yang satu ini.

Apa itu Google PageSpeed Insight?

Google PageSpeed Insight

Google PageSpeed Insight merupakan sebuah tools dari Google yang memungkinkan Anda untuk mengecek kecepatan website menggunakan indikasi – indikasi dari Google. Google PageSpeed Insight juga memberikan hasil dari kecepatan website dari sisi desktop dan juga dari sisi pengguna smartphone.

Tak hanya itu saja. Ketika website memiliki masalah pada kecepatan, Google PageSpeed Insight ini akan memberi tahu masalahnya di mana dan juga bagaimana cara untuk memperbaikinya. PageSpeed Insight dari Google mengukur kecepatan website dengan menggunakan indikator berupa speed score. Jadi, Google akan memberikan nilai dari 1 – 100 dimana 100 adalah nilai paling sempurna dari kecepatan website. 

Cara Kerja Tools PageSpeed Insight Google

Memiliki Standar Penilaian

Cara kerja dari Google PageSpeed Insight nyatanya memiliki standarisasi penilaiannya sendiri. Untuk bisa menilai berapa skor kecepatan website Anda jelas saja Anda harus mengeceknya terlebih dahulu. Setelah menunggu beberapa waktu, akan muncul berapa skornya. Banyak orang yang mengatakan jika 85 sudah bisa dikategorikan bagus. Namun jika website Anda memiliki nilai di bawah tersebut, ada baiknya untuk melakukan peninjauan ulang.

Memiliki Indikator

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika Google PageSpeed Insight memiliki indikator tersendiri. Ketika website ada yang bermasalah maka ada beberapa bagian yang harus diperbaiki. Ada warna indikator dari Google yakni merah, orange, dan hijau dimana hijau berarti jika semuanya sudah bagus, orange ada masalah sedikit dan merah diartikan sebagai adanya masalah yang cukup serius. 

Mampu Melihat Kinerja Halaman

PageSpeed memang melihat dan menilai kinerja dari setiap halaman yang Anda miliki. Namun, tak hanya itu saja. Tools Google PageSpeed Insight juga melihat aspek atau elemen yang digunakan dalam suatu halaman. Jadi, PageSpeed menilai berbagai elemen seperti halnya performa struktur HTML, konfigurasi server, gambar, CSS, hingga JavaScript. 

Nah itulah fungsi dan cara kerja dari tools yang satu ini. Bagaimana cara untuk memanfaatkannya? Cara untuk memanfaatkan Tools Google PageSpeed Insight ini sebenarnya cukup mudah. Berikut step – stepnya.

Cara Menggunakan Tools Google PageSpeed Insight

Pada dasarnya, mudah sekali untuk mengecek loading website dengan menggunakan tools yang satu ini. Yaitu :

PageSpeed Insight
  1. Buka Website PageSpeed pada browser milik Anda. Link dari Google PageSpeed Insight adalah https://pagespeed.web.dev/
  2. Nah pada bagian search bar, silakan untuk mengetikkan alamat valid dari situs milik Anda. 
  3. Klik analisis atau Anda bisa juga menekan enter
  4. Tools ini mungkin membutuhkan waktu untuk bisa menganalisa website Anda. Anda bisa menunggu sedikit agar tools ini bisa memberikan data – data mengenai loading website milik Anda. 
  5. Loading selesai maka Anda akan melihat data – data analisa speed website dari Google.

Cara Menganalisa Data Hasil dari Google

PageSpeed Insight

Jika Anda scroll sedikit dan beralih ke tab “asal” maka Anda akan melihat beberapa istilah yang mungkin jarang Anda temui beserta analisanya. Nah untuk itu, Anda harus memahami di bawah ini:

Google PageSpeed Insight

First Contentful Paint

First contentful paint adalah kapan sebuah website akan memberikan respon pertama saat diakses oleh pengguna. Bagian ini akan dihitung dari kapan server akan melakukan drawing pertama ke browser yang digunakan oleh pengunjung entah itu menampilan text, image, background ataupun yang lainnya.

First Input Delay

Pada bagian ini menunjukan seberapa lama waktu yang dibutuhkan user untuk melakukan klik menuju website milik Anda dengan kemampuan event handler website dalam menjawab kebutuhan – kebutuhan user. 

Largest Contentful Paint

Seperti namanya, secara garis besar largest contentfull paint menandakan berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menampilkan sebagian besar konten di halaman pengunjung. Konten di sini baik itu berupa text atau juga file image.

Cumulative Layout Shift

Nilai dari CLS atau Cumulative Layout Shift memastikan bahwa sebuah blok asset yang ada pada sebuah website tampil di layar pengguna secara benar dan beraturan sebagaimana mestinya.

Nah jika pada tab “asal” menyajikan data – data demikian, maka pada tab “URL ini ada data – data yang jauh lebih kompleks lagi. Pada bagian awal terdapat berapa nilai lading website yang Anda miliki beserta warna indikasinya. Nah pada bagian bawah tulisan performa, yaitu bagian metrix terdapat juga tulisan – tulisan yang lainnya yang harus Anda pahami seperti :

Google PageSpeed Insight

Speed Index

Speed index yang ada page insight tidak ada hubungannya dengan kecepatan robot crawler dalam mengindex tulisan website Anda. Speed index merupakan cara mengukur kecepatan website dalam menampilkan visual selama proses load.

Total Blocking Time

Total blocking time mampu mengidentifikasikan berapa lama browser harus menunggu server melakukan eksekusi script dan lainnya sebelum melanjutkan melakukan drawling tampilan layar pengguna Google.

Time To Interactive

Time to Interactive merupakan waktu yang dibutuhkan agar halaman sebuah website bisa merespon perintah pengunjung. Secara sederhana 

Setelah bagian metrix selesai. Mari ke bagian yang paling penting di tools Google PageSpeed Insight. Yakni pada bagian diagnostik. Pada bagian diagnostik dan opportunity, Google PageSpeed Insight akan memunculkan apa saja permasalahan yang website Anda “derita” dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Google PageSpeed Insight

Tools yang satu ini juga sudah mengurutkan permasalahanya berdasarkan berat atau tidak. Masalah yang urgent atau harus segera Anda kerjakan atau benahi berada di urutan paling atas dan umumnya berwarna merah. Umumnya antara website yang satu dengan website yang lainnya memiliki masalah yang berbeda beda. 

Nah yang paling terakhir adalah bagian “lulus audit” yang mana bagian ini adalah bagian yang menerangkan bagian mana saja yang sudah unggul dari website Anda.

Nah itulah penjelasan mengenai tools Google PageSpeed Insight. Intinya kecepatan website memang salah satu komponen SEO yang harus diperhatikan. Semoga dengan adanya pembahasan ini, Anda bisa jauh lebih mengembangkan website Anda dan mampu mencapai tujuan utama SEO yakni berada di bagian paling atas Google