Rasanya hampir semua digital marketer memiliki sebuah situs untuk bisnis untuk mempromosikan bisnisnya. Meskipun dengan memiliki website saja tidak cukup (karena Anda harus mengoptimasikannya baik menggunakan Jasa Google Ads ataupun Jasa SEO) agar bisa berada di halaman satu Google. Nah di dalam website, pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu istilah website yakni URL. Kebanyakan orang menyepelekan URL, padahal beberapa pakar SEO Terpercaya Indonesia mengatakan jika URL dalam SEO memiliki arti yang cukup penting.

Nah pada kesempatan kali ini, mari kita bahas mengenai URL dan fungsinya dalam search engine optimization. Yuk simak rangkuman di bawah ini ya! 

Apa itu URL?

URL merupakan singkatan dari uniform resource locator yang mana URL merupakan sebuah alamat spesifik yang memberi tahu mengenai konten sebuah website. URL disimpan dalam sebuah “tempat” yang diberi nama DNS yang menghubungkan ke alamat IP tertentu. Saat Anda masukkan sebuah URL ke bilah navigasi browser, ia akan mengirimkan permintaan ke server DNS untuk alamat IP dari sebuah URL.

Struktur Sebuah URL dalam SEO

Sebuah situs pastinya memiliki URL. Nyatanya, URL bukan hanya kumpulan angka atau huruf saja. Ada struktur di dalamnya. Mari kita sama – sama bahas mengenai struktur URL yang ada pada sebuah situs menurut “pedoman” SEO.

Bagian Bagian URL

URL dalam SEO

Sebuah URL dapat dipecah menjadi berbagai bagian, setiap bagian memiliki tujuan tertentu. Sebenarnya bukan sesuatu yang harus diketahui juga, apalagi jika Anda menggunakan Jasa SEO untuk mengoptimasikan suatu website. Namun tidak ada salahnya untuk mengetahui Bagian dari sebuah URL.

Contoh URL :  https://www.banyumedia.co.id/algoritma-google-search-engine/

Penjelasan Bagian URL 

  • https, merupakan protokol yang digunakan untuk mendefinisikan jenis server yang dituju
  • banyumedia.co.id, nama sebuah domain
  • co.id, sebuah domain yang menunjukan perusahaan milik Indonesia
  • algoritma-google-search-engine/, permalink yang menunjukan suatu postingan atau halaman sebuah situs

Syntax Rule

Mungkin, untuk yang satu ini jarang diketahui oleh orang – orang. syntax rule disebut dengan peraturan pengaturan syntax url. Dalam proses pembuatan URL tidak semua diizinkan menggunakan karakter. Hanya karakter – karakter seperti ()! $ -‘_ * +. saja yang boleh untuk digunakan.

TLD (Top Level Domain)

URL dalam SEO juga ada istilah TLD atau top level domain. Top level domain sendiri merupakan sebuah nama domain yang memiliki level tertinggi atau populer. Beberapa contoh dari TLD adalah .com, .net, .org, .gov, dan yang lainnya. Seperti yang diketahui bahwa ekstensi domain dengan istilah .com merupakan level puncak tertinggi dari sebuah domain.

SLD (Second Level Domain)

Second Level Domain (SLD) merupakan turunan dari TLD yang mana bertujuan untuk lebih menspesifikasikan lagi dari TLD. Contoh dari TLD adalah co.id, ac.id, ataupun yang lainnya. Kegunaan dari SLD ini juga bermacam – macam namun ada beberapa nama yang tidak bisa digunakan secara sembarangan.

Fungsi URL dalam SEO

Meskipun untuk meningkatkan rangking Anda juga harus mempertimbangkan SEO On Page maupun Off Page menggunakan White Hat SEO, namun URL juga memiliki dampak untuk SEO. Salah satu dampak dari penggunaan URL dalam SEO yang benar contohnya untuk membantu mesin pencari untuk memperjelas tujuan dari suatu halaman website. 

Untuk Memaksimalkan peringkat di mesin pencari, URL harus disesuaikan dengan standarisasi yang berlaku. Namun, tips dari kami, gunakanlah URL yang bersih dan juga jelas. URL jenis seperti ini jauh lebih mudah untuk dibaca dan membuat nyaman pengguna Google. 

Optimasi URL dalam SEO

Perhatikan Panjang URL

URL dalam SEO juga sebaiknya tidak terdiri dalam jumlah karakter yang banyak. Menurut sebuah penelitian, URL yang panjang lebih tidak mungkin untuk berada di halaman satu Google. Sebaiknya, URL terdiri dari 35 hingga 45 karakter saja. Ini merupakan ukuran ideal sebuah URL.

Mudah untuk Dibaca

Optimasi URL yang selanjutnya adalah mudah untuk dibaca. Rasanya bukan suatu yang rahasia lagi jika Google sangat mementingkan user experience di mesin pencari. Nah maka dari itu, URL yang mudah dibaca akan jauh lebih mudah untuk bisa berada di halaman satu Google. 

Gunakan Kata Kunci

Beberapa orang mengatakan jika beberapa orang juga akan melakukan klik berdasarkan relevansi kata kunci yang ada pada URL. Menyertakan kata kunci yang relevan akan meningkatkan kemungkinan pengunjung untuk melakukan klik. Dengan menggunakan kata kunci juga lebih mungkin untuk bisa menempati halaman pertama Google.

Hindari Duplikasi yang Tidak Berguna

Jika dua halaman memiliki konten yang sama, ini sebenarnya kurang baik karena Anda beresiko terbagi sinyal dan mengurangi potensi traffic. Untuk itu, sangat disarankan untuk tidak memiliki URL yang mirip di satu konten karena berdampak kurang bagus untuk sebuah situs.

Nah itulah serba seri URL dalam SEO. Semoga dengan adanya artikel yang satu ini, Anda bisa membuat website Anda jauh meningkat peringkatnya. Sekian, terima kasih!