Google Ads kini menjadi platform yang banyak digunakan pebisnis untuk optimasi iklan produk yang dijual. Bagi seorang digital marketer, mungkin harus mengelola beberapa akun Google Ads secara bersamaan. Untuk mempermudah kelola lebih dari satu akun Google Ads, maka Anda bisa menggunakan tools bernama Google Ads Manager. Lantas apa itu Google Ads Manager? Apa perannya untuk layanan pasang iklan Google Halaman 1, yang notabene mengelola banyak iklan milik klien? Nah, pada pembahasan kali ini, Anda akan mempelajari banyak hal seputar tools ini dalam pengelolaan Google Ads. Berikut simak penjelasan selengkapnya.
Pengertian Google Ads Manager
Google Ad Manager adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh Google untuk mengelola iklan yang akan ditampilkan di sebuah website. Platform ini dirancang untuk membantu optimasi campaign iklan di berbagai layanan Google seperti Google Search, Google Display Network, YouTube, dan sebagainya.
Kegunaan Google Ads Manager ini adalah untuk memudahkan pengelolaan beberapa akun Google Ads dalam satu tempat. Dimana tools ini sangat membantu peran digital marketer untuk mengelola iklan dalam jumlah yang banyak.
Manfaat Google Ads Manager
Secara umum, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tools Google Ads satu ini. Apa saja itu?
Mengelola Semua Akun Google Ads dalam Satu Platform
Manfaat utama dari kegunaan Google Ads Manager ini adalah dapat mengelola semua akun Google Ads yang Anda miliki hanya dalam satu platform saja. Tampilan tools ini sama seperti akun Google Ads biasa yang memperlihatkan akun-akun aktif saat dikelola.
Akses Level campaign Antar Akun
Di platform ini Anda juga dapat memonitor campaign yang memiliki akun berbeda-beda. Anda cukup mengecek halaman Campaign saja untuk melihat informasi seperti nama campaign, jenis campaign, anggaran, status, akun, dan lainnya.
Pusat Kontrol
Tools ini juga berguna sebagai pusat kontrol untuk melihat siapa saja yang memiliki akses akun Google Ads. Dimana Anda dapat membagikan akses, memberi akses baru, atau tingkat akses kepada orang lain.
Memudahkan Informasi Tagihan
Manfaat apa itu Google Ads Manager ialah dapat menggabungkan beberapa invoice aku ke dalam invoice bulanan. Kemudahan akses informasi tagihan ini juga bisa membuat Anda lebih paham bagaimana biaya iklan bisa keluar melalui Google Ads.
Mempercepat Proses Monitor Campaign
Fungsi lain dari Google Ads Manager ini adalah dapat mempercepat proses monitor campaign dari semua akun yang aktif. Dari tools ini juga Anda bisa mendapatkan informasi ringkasan dari semua campaign di akun Google Ads.
Fitur Google Ads Manager
Google Ads Manager menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu peran digital marketer dalam mengoptimalkan kampanye iklan mereka di Google. Berikut beberapa fitur yang tersedia di layanan Google Ads Manager.
Pembuatan Campaign Iklan
Google Ads Manager memungkinkan Anda untuk membuat iklan dengan cara yang lebih efisien. Mulai dari mengatur jadwal, preferensi penempatan, hingga pengaturan tata letak dan desain iklan yang akan ditayangkan.
Pengelolaan Campaign Iklan
Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk mengelola campaign iklan lebih teratur. Mulai dari menentukan target audiens, mengatur anggaran, hingga mengukur kinerja campaign yang dibuat.
Pengoptimalan Campaign Iklan
Fitur lengkapnya juga terdapat alat pengoptimalan untuk mengoptimalkan kinerja campaign iklan. Alat ini meliputi pemilihan iklan, pengelolaan pemuatan iklan, dan juga pemantauan analisis data kinerja untuk mengidentifikasi perbaikan.
Pengelolaan Inventaris
Fitur dalam Google Ads Manager juga dapat mengelola inventaris iklan dengan cermat. Dimana Anda bisa mengontrol iklan yang tampil di halaman aplikasi atau website, memantau ketersediaan inventaris, sekaligus mengoptimalkan berdasarkan data kinerja iklan.
Pengelolaan Akses
Tools ini dapat digunakan juga untuk mengelola izin akses pengguna dengan mudah. Mulai dari pengaturan izin akses, batas mengelola iklan, hingga melacak aktivitas pengguna di dalam platform.
Keunggulan Google Ads Manager
Memahami apa itu Google Ads Manager beserta manfaat dan fitur yang ditawarkannya, tools ini memiliki beberapa keunggulan untuk pekerjaan iklan. Berikut 5 keunggulan dari menggunakan Google Ads Manager.
Pengelolaan Terpusat di Satu Tempat
Tools ini praktis digunakan karena fitur pengelolaannya yang terpusat. Hal ini memungkinkan Anda bisa mengelola iklan dari beberapa akun dalam satu tempat.
Target Audiens Lebih Tepat
Fitur yang tersedia di sini juga dapat menentukan target audiens lebih spesifik dan tepat. Hal ini membantu bahwa iklan yang ditayangkan dapat tersampaikan ke audiens yang relevan sehingga efektivitas campaign meningkat.
Anggaran Fleksibel
Keunggulan dari menggunakan Google Ads Manager lainnya adalah Anda dapat mengatur anggaran iklan sesuai kebutuhan. Bahkan Anda juga bisa mengubah anggaran tersebut sewaktu-waktu sehingga lebih fleksibel.
Laporan yang Akurat
Melalui Google Ads Manager, Anda bisa melihat laporan analitik terkait kinerja campaign iklan secara mendalam dan akurat. Dari laporan ini Anda dapat melihat matriks seperti jumlah klik, jumlah tayang, konversi, besaran biaya, dan lain sebagainya. Sehingga nantinya pengiklan bisa melakukan evaluasi untuk meningkatkan campaign selanjutnya.
Terintegrasi dengan Google Analytics
Tools ini juga sudah terintegrasi dengan Google Analytic yang dapat membantu Anda untuk memahami perilaku dari target audiens. Platform ini juga bisa digunakan untuk memantau pengaruh iklan terhadap konversi maupun tujuan bisnis Anda.
Apakah Bisnis UMKM Harus Menggunakan Google Ads Manager?
Setelah mengetahui apa itu Google Ads Manager dan keunggulannya, mungkin Anda bertanya apakah jenis bisnis UMKM bisa menggunakan fitur dari layanan Google ini. Mengingat ada banyak bisnis UMKM yang menggunakan layanan jasa iklan Google Ads melalui Digital Marketer maupun agensi periklanan.
Kebutuhan periklanan tidak hanya sebatas untuk company besar saja. Apakah Google Ads cocok untuk iklan UMKM? tentu menjadi pertanyaan dasar bagi para bisnis pemula yang ingin mengembangkan usaha mereka dengan layanan iklan dari Google.
Hal ini dikarenakan para pelaku usaha kecil juga butuh aktivitas iklan sebagai media promosi bisnis mereka. Maka dari itu hal ini juga berkaitan dengan peran Google Ads Manager sebagai tools iklan pada campaign bisnis UMKM.
Seperti yang telah dipahami sebelumnya, Google Ads Manager berperan penting dalam pengelolaan campaign iklan dari beberapa akun Google Ads. Dimana fitur yang tersedia dari perangkat ini sangat membantu peran digital marketer untuk mengelola iklan lebih dari satu brand.
Maka dari itu, alat ini bisa digunakan untuk iklan UMKM terutama yang memiliki lebih dari satu campaign untuk ditayangkan. Tools ini sangat memudahkan untuk meningkatkan aktivitas iklan pada bisnis UMKM dengan mudah.
Jasa Iklan Google Ads Terpercaya di Indonesia
Demikian penjelasan terkait apa itu Google Ads Manager beserta manfaat, fitur, serta keunggulannya. Hal ini bisa menjadi penambahan wawasan terutama bagi Anda yang ingin membuat kampanye iklan menggunakan layanan Google Ads.
Untuk mempermudah aktivitas dan pengoptimalan campaign iklan, kini Anda bisa mempercayakan kami sebagai jasa iklan yang ahli dalam Google Ads. Kami siap membantu mengembangkan bisnis UMKM kamu agar lebih dikenal oleh audiens.