Google Ads dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan aktivitas periklanan agar berjalan dengan maksimal. Salah satunya adalah fitur Ad Schedule agar cara menentukan waktu penayangan iklan Google Ads tepat sasaran. Banyak pakar Google Ads dari berbagai agensi yang menggunakan fitur yang satu ini. 

Dengan fitur Ad schedule, ini memudahkan kita untuk menentukan kapan tanggal dan waktu jam iklan akan ditayangkan. Meskipun sebenarnya kita bisa saja menayangkan iklan sepanjang hari, tetapi kita juga harus bisa menentukan kapan waktu yang tepat iklan harus tayang.

Lantas bagaimana cara optimasi jadwal iklan yang tepat pada penggunaan Google Ads? Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap seputar cara mengatur waktu penayangan iklan di Google Ads. Berikut simak penjelasan selengkapnya!

Cara Menentukan Jadwal Tayang Iklan di Google Ads

Iklan Google Ads

Cara menentukan jadwal tayang iklan melalui Google Ads, tentunya Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Setelah akun Anda masuk, terdapat beberapa langkah untuk mengatur jadwal tayang iklan sesuai kebutuhan. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatur waktu tayang iklan di Google Ads.

Buka Dashboard Google Ads

Langkah pertama, tentu Anda harus membuka halaman dashboard pada Google Ads. Lihat kolom yang tersedia di bagian kiri dashboard Anda.

Pilih menu Jadwal Iklan. Jika Anda belum pernah membuat iklan sama sekali, tampilannya akan kosong dan terdapat tulisan Edit Jadwal Iklan. Namun apabila Anda sudah pernah membuat iklan, klik icon pulpen di samping tulisan Pilih Kampanye.

Pilih Kampanye

Langkah kedua, adalah tahapan mengatur kampanye yang akan dipilih. Setelah Anda mengklik icon pulpen, di sini Anda bisa memilih kampanye yang akan Anda optimasi jadwal iklannya.

Setelah memilih kampanye yang akan diiklankan, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan jadwal iklan. Pada bagian ini, Anda dapat melakukan optimasi jadwal iklan mulai dari tanggal, hari, hingga waktu jam iklan akan ditayangkan.

Pilih Hari Iklan Tayang

Untuk menentukan hari kapan saja iklan akan tayang, Anda perlu menyesuaikan terlebih dahulu dengan jenis produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam hal ini, cara menentukan waktu penayangan iklan Google Ads adalah Anda juga perlu melakukan riset terlebih dahulu agar dapat menarik audiens yang tepat sesuai perilaku konsumen.

Misalnya Anda akan menjual properti, yang mana hari libur seperti Sabtu dan Minggu adalah waktu paling ramai calon konsumen akan menghubungi kita. Anda bisa memasang iklan tersebut pada waktu yang berdekatan dengan hari libur tersebut.

Setidaknya terdapat dua opsi untuk mengatur hari tayang iklan agar tepat sasaran menuju target konsumen. Misal menayangkannya setiap hari atau hanya pada hari-hari tertentu saja.

Hal ini juga perlu dipertimbangkan dengan ketersediaan budget iklan yang digunakan. Pastikan Anda telah mengetahui kapan waktu yang tepat agar iklan tersebut bisa tayang.

Iklan Google Ads

Tentukan Jam Tayang Iklan

Selain menentukan hari, pemilihan jam tayang pada iklan juga perlu dipertimbangkan dengan matang. Prinsipnya sama seperti mengatur hari tayang yakni menyesuaikan dengan jenis produk yang dijual.

Misal Anda bisa mengatur jam tayang iklan dari pukul 05.00 – 22.00 WIB. Setelah lewat dari jam tersebut, iklan tidak akan tayang sehingga Anda bisa beristirahat untuk melanjut pekerjaan pada besok hari.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset kapan waktu terbanyak iklan Anda banyak dilihat oleh target audiens dalam satu hari. Dari data tersebut, Anda bisa mengatur jam tayang iklan ini sebaik dan setepat mungkin.

Simpan Pengaturan

Selesai mengatur jadwal hari dan jam tayang iklan, langkah terakhir Anda bisa menyimpan pengaturan. Anda tinggal klik tombol Simpan, maka Google akan menjalankan settingan yang Anda buat.

Atur Bid Iklan

Setelah pengaturan iklan disimpan, Anda bisa memantau bagaimana iklan tayang. Di Google Ads ini, Anda juga bisa mengatur bid agar dinaikkan pada waktu-waktu tertentu.

Namun jika Anda menggunakan automatic bidding, maka bid akan naik secara otomatis. Anda tinggal klik Penyesuaian Bid dan menambahkan anggara iklan dengan besaran persen sesuai kebutuhan.

Tips Menarik Target Audiens Melalui Iklan Google Ads

Iklan Google Ads

Setelah mengetahui bagaimana cara menentukan waktu penayangan iklan Google Ads, penting juga untuk mengetahui tips yang tepat untuk menarik target audiens melalui Google Ads. Berikut beberapa poin garis besar yang perlu Anda lakukan dalam beriklan di Google.

Buat Iklan yang Relevan dengan Kebutuhan Audiens

Untuk menarik target audiens dalam jumlah banyak, tentunya Anda harus membuat iklan yang relevan dengan kebutuhannya. Pastikan judul dan salinan iklan sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari.

Tidak lupa juga buatlah iklan yang dapat mengatasi masalah yang dibutuhkan pencari. Dengan membuat iklan yang relevan ini memungkinkan audiens melirik iklan website Anda.

Berikan Penawaran yang Menarik

Untuk memenangkan persaingan pasar, buatlah produk atau brand Anda terlihat berbeda dengan kompetitor lainnya. Alternatif lainnya bisa Anda lakukan dengan memberikan penawaran menarik yang bisa membuat audiens memutuskan klik iklan Anda tanpa berpikir panjang.

Pastikan pesan Anda benar-benar tersampaikan ke benak audiens melalui penawaran atau promosi yang Anda berikan. Semakin banyak audiens yang melihat Anda, maka semakin besar pula keuntungan dari setiap transaksi yang dilakukan.

Tentukan Bidding yang Tepat

Tips yang tidak kalah penting saat beriklan di Google Ads adalah menentukan bidding yang tepat sesuai kebutuhan dan ketersediaan budget Anda. Dengan melakukan bidding Anda bisa menampilkan iklan sesuai target audiens yang diinginkan.

Anda bisa melakukan bidding secara manual jika Anda sudah memiliki strategi sendiri untuk menjangkau target audiens dengan mudah. Cara yang lebih mudah juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Automated Bidding atau Smart Bidding yang tersedia dari Google Ads.

Gunakan Layanan Jasa Google Ads

Untuk memaksimalkan beriklan di Google, Anda bisa juga menggunakan layanan jasa iklan Google Ads yang kompeten dan profesional. Dimana layanan ini sangat membantu pengeluaran budget iklan digunakan dengan efektif dan efisien.

Dengan menggunakan jasa iklan, Anda bisa menentukan strategi digital marketing yang cocok dikombinasikan dengan Google Ads. Ini memungkinkan website Anda akan lebih mudah menjangkau target audiens dalam waktu cepat.

Jasa Iklan Google Ads Terpercaya di Indonesia

Demikian cara menentukan waktu penayangan iklan Google Ads dan bagaimana tips menarik target audiens yang banyak untuk mengiklankan produk Anda dengan efisien.

Ingin menarik banyak target audiens melalui iklan Google Ads? Percayakan saja kepada jasa digital marketer terpercaya untuk membantu optimasi iklan Google Ads kamu sesuai kebutuhan.

Kini kami hadir sebagai solusi untuk membantu brand Anda menemukan konsumen melalui iklan Google Ads dengan mudah. Kami dapat mengatur kapan jadwal iklan ditayangkan untuk menarik jumlah audiens yang banyak. Ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk beriklan di Google Ads dengan praktis bersama kami.