Sebagai seseorang yang sudah sedang atau sudah sering berkecimpung di dunia search engine optimization, pasti Anda pernah mendengar istilah E-A-T. Ya, istilah EAT SEO kerap kali terdengar sebagai salah satu strategi digital marketing yang patut Anda pertimbangkan. Orang – orang mulai membicarakan EAT dari Agustus 2018. Sejak saat itu, telah banyak orang yang membicarakannya. Nah pada artikel yang satu ini mari kita bahas secara lengkapnya.

Apa itu E-A-T?

E-A-T merupakan kependekan dari expertise, authoritativeness, and trustworthiness. Itu berasal dari “Google’s Search Quality Rater Guidelines” yang mana merupakan sebuah dokumen setebal 168. Google mempublish dokumen online ini pada tahun 2013 untuk membantu para webmaster untuk mengerti kriteria seperti apa yang Google inginkan untuk bisa berada di halaman satu.

Seberapa Penting E-A-T untuk Search Engine Optimization?

E-A-T SEO

E-A-T sangat penting!

Mari analogikan. Jika Anda hanya melakukan pencarian untuk kata kunci “gambar anjing lucu”, maka E-A-T tidak terlalu berperan penting karena topik yang satu ini subjektif. Anda mungkin menganggap suatu gambar lucu namun orang lain tidak demikian. 

Lain cerita jika Anda mencari sesuatu dengan kata kunci “berapa dosis obat aspirin untuk ibu hamil” maka E-A-T sangat berperan penting. Jika Google menempatkan website dengan konten yang tidak ditulis oleh orang profesional, dipublikasikan di website yang tidak kredibel serta tidak memiliki otoritas yang tinggi, maka bisa dipastikan informasi tersebut “diragukan” atau bahkan parahnya bisa menyesatkan pembacanya.

E-A-T SEO juga penting untuk jika ada pengguna yang mencari topik pembicaraan seperti “bagaimana cara meningkatkan skor kredit”. Jika tidak ditulis orang yang sudah paham atau profesional, maka informasi tersebut kurang bisa dipercaya. 

Cara Mengevaluasi EAT SEO

Expertise, authoritativeness, dan trustworthiness terlihat mirip, namun tidak identik. Nah untuk membahas lebih lanjut mengenai ke tiga hal ini, simak ulasan di bawah.

Expertise

Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai keahlian. Maksudnya apa? Expertise dapat diartikan sebagai tingkat pengetahuan atau keterampilan pada bidang tertentu. Ini pengevaluasian pada konten situs Anda. Google jauh lebih percaya pada situs – situs yang memiliki konten yang ditulis oleh orang yang benar – benar expert pada bidangnya.

Authoritativeness

Authority di sini berhubungan dengan reputasi. Sederhananya, ketika orang lain melihat individu atau situs web sebagai sumber informasi utama tentang suatu topik, itu adalah authority.

Trustworthiness

Trust di sini adalah segala tentang ke-legit-an, transparansi, serta ketepatan website dan konten itu sendiri. Ya, untuk itu, tak heran bahwa konten yang dibuat oleh orang yang expert jauh lebih mudah untuk bisa berada di halaman satu Google karena informasi yang terdapat di dalamnya tepat dan mampu dipercaya.

Cara Improve E-A-T SEO

EAT SEO

Bangun Link Lebih Banyak

Meskipun tidak disebutkan pada dokumen “Google’s Search Quality Rater Guidelines” Garry Illyes seorang Google Webmaster Trend Analyst mengatakan di cuitan Twitternya bahwa EAT sebagian besar didasarkan juga oleh sebuah tautan. Google sangat paham untuk mengetahui tautan mana saja yang patut untuk diperhitungkan. Maka dari itu, sangat penting mendapatkan backlink yang berkualitas. Anda bisa menggunakan Jasa Backlink Authority untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

Buat Konten yang Up to Date

Cara untuk meningkatkan EAT SEO yang selanjutnya adalah dengan membuat konten yang up to date. Misalkan saja situs Anda membahas tentang kesehatan. Tentu saja ilmu tentang kesehatan tiap harinya memiliki perkembangan. Konten Anda bisa jadi sudah tidak dipercaya lagi jika sudah ilmu baru yang up to date namun situs Anda belum menayangkannya.

Lihat Fakta yang Sebenarnya

Dalam menulis sebuah konten, karena bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna atau pengunjung situs Anda maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengecekan fakta apakah apa yang Anda tuliskan benar atau tidak. Ini juga memiliki peranan penting untuk meningkatkan EAT SEO.

Dapatkan Lebih Banyak Reviews

Google dalam dokumennya menyebutkan jika reviews juga penting untuk dijadikan sebagai sumber referensi reputasi bisnis online. Ini jelas ada hubungannya dengan trust dan authority. Usahakan untuk mendapatkan reviews yang baik dari customer Anda.

Minta Bantuan Expert

Solusi yang selanjutnya untuk meningkatkan EAT SEO adalah dengan dengan meminta bantuan orang yang sudah pro di bidangnya. Untuk membuat konten, Anda bisa menggunakan Jasa Penulis Artikel untuk membuat konten – konten pada situs Anda. Atau, Anda juga bisa menggunakan Jasa SEO Website untuk improve situs Anda.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai EAT SEO. Semoga dengan adanya pembahasan ini, Anda bisa meningkatkan SEO website Anda agar bisa berada di halaman satu Google meskipun untuk bisa berada di halaman satu Google bisa juga menggunakan cara yang lainnya seperti menggunakan Google Ads.