Saat Anda memasang iklan di Google untuk mempromosikan website Anda, pastinya Anda ingin mendapat ranking teratas dalam Iklan Google Ads. Semakin tinggi raking Anda, iklan Anda pun akan berada di posisi yang paling atas dalam mesin pencarian. Rangking yang tinggi di search engine tak hanya bisa diraih melalui Google Ads saja namun bisa menggunakan SEO Profesional. Namun, apa saja yang menjadi faktor penentu ranking dalam Google?

Jika di total, ada 200 faktor lebih yang bisa mempengaruhi ranking situs Anda di Google. Angka ini memang mengejutkan, tapi itulah alasannya, untuk masuk ke halaman pertama di Google persaingannya sangatlah ketat. Akan tetapi, jangan keburu pusing dulu. Anda tidak perlu menjadi unggul di semua faktor Google Ranking kok supaya bisa menjadi ranking satu! Hal ini dikarenakan, tidak semua faktor memiliki bobot yang sama.

Apa Saja yang Berpengaruh Terhadap Ranking Google?

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, tidak semua faktor penentu penilaian Google punya bobot yang sama. Maka dari itu, ada baiknya Anda berfokus pada beberapa hal utama yang paling berpengaruh terhadap ranking Google. Antara lain:

Buatlah Konten yang Berkualitas

Banyak orang beranggapan bahwa memenuhi 200 faktor agar menjadi peringkat teratas adalah nomor satu. Itulah yang menyebabkan, banyak konten website yang seakan-akan berisi asal-asalan dan tidak berkualitas. Padahal, konten berkualitas akan otomatis mendapat ranking tinggi pada mesin pencarian Google. Perbanyak tips membuat artikel SEO friendly untuk membuat konten berkualitas.

Semakin banyak informasi bermanfaat yang Anda tuliskan dalam konten, akan semakin banyak pula orang yang bisa mengakses dan mengetahui informasi tersebut. Oleh karena itu, pastikan konten yang Anda buat selalu lengkap, up-to-date, akurat, dan memiliki struktur yang jelas. Anda bisa meminta bantuan jasa penulis artikel SEO untuk memenuhi kebutuhan artikel website Anda.

Perhatikan Kecepatan Loading Halaman Situs Anda

Meskipun informasi konten yang Anda buat sudah bermanfaat, serta kata kunci pencarian yang Anda gunakan sudah relevan dan sesuai, orang tidak akan bertahan lama di situs Anda jika halamannya lemot. Ketika halaman situs Anda hanya menampilkan ikon loading yang berputar-putar, dalam beberapa detik saja, orang pasti akan menutup website Anda.

Jika hal ini terjadi, bounce rate website Anda akan menjadi tinggi. Tentu hal ini tidak akan baik untuk performa situs Anda dalam pencarian Google. Semakin cepat loading page Anda, semakin tinggi pula ranking yang akan Anda dapatkan. Jadi, jika website Anda masih lambat, segera perbaiki agar masyarakat luas dapat mengaksesnya dengan mudah dan nyaman.

Faktor Penentu Rangking Google

Pastikan Website Anda Bisa Diakses dengan Mudah melalui Smartphone

Di era digital seperti saat ini, smartphone menjadi kebutuhan utama untuk mengakses informasi sehari-hari. Mulai dari berita, media sosial, berbelanja, transportasi, hiburan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itulah, Anda harus membuat website yang ramah untuk para pengguna smartphone.

Berdasarkan statista, hingga saat ini 52.2% traffic situs berasal dari smartphone. Maka, jika website Anda berantakan dan lambat ketika dibuka di smartphone, maka peringkatnya pun akan turun jauh. Jadi, jangan harap Anda bisa tampil di halaman satu Google jika website Anda tidak ramah pengguna smartphone!

Buat Kata Kunci yang Relevan Supaya Lebih Optimal

Untuk mendapatkan informasi tertentu, orang-orang biasanya akan mengetik kata kunci yang sesuai. Dengan demikian, kata kunci atau keyword menjadi salah satu faktor penting agar website Anda mendapatkan peringkat atas pada mesin pencarian Google. 

Anda tidak hanya harus memasukkan kata kunci di dalam konten, melainkan juga pada judul, gambar, dan juga deskripsi. Akan tetapi, pastikan kata kunci yang Anda masukkan masih sesuai dengan kalimat pada konten yang Anda tampilkan. Jangan sampai asal memasukkan kata kunci dan mengakibatkan konten Anda menjadi aneh dan tidak terbaca. Jadi, ketepatan kata kunci pun juga menjadi salah satu faktor penentu ranking dalam Google.

Pastikan User Experience Website Baik untuk Memudahkan Pengunjung Website

User Experience (UX) atau pengalaman pengguna merupakan faktor yang tidak kalah penting. Jangan sampai pengunjung website Anda kesulitan dalam mencari menu ataupun informasi yang mereka butuhkan. Jika pengalaman pengguna website Anda buruk, Google tidak akan menjadikan website Anda sebagai prioritas dalam sistem pencarian teratas.

Faktor Penentu Rangking Google

Website Anda Harus Aman dan Bebas dari Kejahatan Siber

Hingga saat ini, ada banyak sekali hacker dari seluruh dunia yang berkeliaran di dunia maya. Maka dari itu, Google juga memperhatikan keamanan website sebagai faktor penentu ranking. Semakin aman website Anda, semakin tinggi pula peringkat yang akan Anda dapatkan.

Search Intent Harus Sesuai

Sesuai dengan namanya, search intent adalah informasi yang sebetulnya ingin dicari oleh pengguna di mesin pencarian Google. Jadi, jika Anda ingin membuat konten website, pembahasan yang Anda tulis harus sesuai dengan search intent dari para pengguna. Oleh karena itu, riset kata kunci adalah hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengunggah konten dan membuat iklan untuk website Anda.

Pastikan strategi Anda sudah sesuai dengan ketujuh faktor penentu ranking dalam Google di atas. Dengan konten yang sesuai, cepat, dan mudah diakses, para pengguna pun juga akan senang berlama-lama di website Anda. Dengan begitu, website Anda pun akan berada di halaman teratas dan makin banyak lagi orang yang akan melihat serta mengakses website Anda. Pokoknya, pastikan Anda selalu menjadikan para pengguna sebagai prioritas sebelum membuat website ataupun membuat iklan pada Google Ads. Dengan begitu, website Anda akan berada di halaman pertama dan menjadi lebih terkenal lagi. Selamat mencoba!