Google Discovery Ads vs Google Display Ads apa bedanya? Terus, mana yang lebih baik? Perlu konsultasi dengan Jasa Pasang Iklan Google Ads tidak ya? Fitur yang disediakan oleh Google ini dapat membantu pengiklan membuat kampanye pemasaran secara efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Lantas apa perbedaan dari Google Discovery Ads dan Google Display Ads?
Google Discovery Ads
Google Discovery Ads berfungsi seperti iklan bergambar yang bertujuan untuk menjangkau calon pelanggan. Perbedaan utama dari tools ini adalah pada platform yang digunakan untuk menjalankan iklan tersebut.
Adapun kampanye iklan pada Google Discovery Ads dapat muncul di 3 platform yaitu Gmail, YouTube, dan feed Discover. Ketiga ini merupakan milik Google sehingga penargetan audiensnya lebih akurat dan kualitas lalu lintas yang tinggi.
Display Google Ads
Display Google Ads adalah opsi terbaik untuk memperluas jangkauan iklan di berbagai situs website yang bertujuan meningkatkan kesadaran merek sekaligus menghasilkan penjualan dan prospek. Iklan bergambar ini digunakan untuk menargetkan ulang pengguna dengan menghadirkan iklan kepada audiens yang sebelumnya telah berinteraksi dengan bisnis tersebut.
Display Google Ads adalah kumpulan dari jutaan situs website dan aplikasi yang telah dimonetisasi menggunakan Google AdSense. Beberapa contoh tempat iklan yang dapat ditampilkan adalah situs seperti ebay.com, forbes.com, atau tmz.com, atau aplikasi seperti MyFitnessPal, TextNow, atau Wordle; dan YouTube.
Baca Juga : Tools Google Ads Analytics
Perbedaan Google Discovery Ads Vs Google Display Ads
Setelah mengetahui perbedaan utama antara Google Discovery Ads dan Google Display Ads, adapun perbedaan lainnya dapat dilihat dari beberapa poin berikut ini.
Penargetan Iklan
Kampanye Google Discovery Ads tidak menerima penargetan konten, melainkan penargetan audiens saja. Pilihan dari penargetannya pun cukup luas mencakup demografi, peristiwa kehidupan, segmen data, segmen khusus, dan lainnya. Penargetan ini akan dioptimalkan secara default dan dapat dinonaktifkan di setelan sesuai keinginan.
Sedangkan kampanye Google Display Ads menawarkan rangkaian lengkap solusi penargetan audiens dan konten di Google. Penargetan konten bisa menjadi lebih luas atau menjadi sempit sesuai keinginan.
Manfaat
Manfaat utama menjalankan Google Discovery Ads adalah memanfaatkan pemahaman niat pengguna untuk menampilkan iklan yang lebih relevan dan menarik kepada audiens. Dengan iklan kaya visual ini, muncul peluang untuk mendorong konversi dan memungkinkan sebuah bisnis menjangkau target yang tepat.
Sedangkan manfaat dari Google Display Ads adalah kemampuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan sedikit usaha melalui penargetan ulang pengguna. Metode ini memungkinkan Anda mengajukan tawaran untuk klik, tayangan, dan konversi; bersama beberapa strategi penawaran lainnya.
Fitur
Kampanye Google Discovery Ads memungkinkan iklan menjangkau banyak pengguna bulanan. Dimana penemuannya berasal dari aplikasi seperti YouTube, Discover, dan Gmail. Meski melalui platform yang kecil, kemampuan untuk menayangkan iklannya kaya akan visual dan bisa berbaur dengan konten favorit yang relevan.
Sementara kampanye Google Display Ads mampu menarik secara visual untuk menjangkau audiens baru dan pelanggan lama. Iklan yang ditampilkan mampu menargetkan audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, status, dan data lain dari Google. Penargetan yang dilakukan secara efektif ini memungkinkan untuk menjangkau audiens lebih besar berdasarkan minat penelusuran.
Tampilan Iklan
Google Discovery Ads memiliki tampilan yang kaya secara visual dengan gambar dan video yang menarik. Kualitas iklan yang disajikan mulus menyatu dengan pengalaman pengguna sehingga menarik.
Sementara tampilan iklan pada Google Display Ads biasanya tersedia dalam berbagai format seperti gambar statis atau media interaktif. Penampilannya sering ditempatkan dalam konten atau ruang iklan yang sudah ditentukan.
Keterlibatan Pengguna
Iklan discovery biasanya menargetkan pengguna yang secara aktif menjelajahi atau menemukan konten yang selaras dengan minat mereka. Sehingga hal ini dapat mendorong audiens untuk berinteraksi dengan meningkatkan keterlibatan pengguna lebih tinggi.
Namun untuk iklan display menjangkau pengguna saat menjelajahi situs website tertentu. Tingkat keterlibatannya cukup bervariasi berdasarkan faktor relevansi dan penempatan iklan.
Biaya dan Kinerja
Discovery Ads memiliki biaya per klik yang lebih rendah daripada Display Ads, sehingga lebih hemat biaya. Adapun metrik kinerjanya cukup kuat berdasarkan tingkat keterlibatan, rasio klik tayang, dan konversi.
Sementara Display Ads memiliki nilai biaya per klik lebih tinggi dan cukup bervariasi berdasarkan ipsi penargetan, persaingan, dan penempatan iklan. Adapun performa kinerjanya sangat bervariasi tergantung dari kualitas materi, efektivitas penargetan, relevansi, dan penempatan iklan.
Keduanya sama-sama penting untuk dioptimalkan melalui pengujian iklan secara discovery ataupun display. Dengan begitu Anda bisa mencapai sasaran kinerja yang diinginkan ke depannya. Namun tenang saja, pada dasarnya biaya beriklan di Google Ads bisa di adjust kok.
Google Discovery Ads Vs Google Display Ads, Mana yang Lebih Baik?
Setelah memahami perbedaan keduanya, tentu Anda berpikir mana yang lebih baik? Sebenarnya ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebagai tujuan pemasaran bisnis.
Beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan seperti pemilihan target audiens, format, penempatan iklan, biaya anggaran, sasaran pemasaran, niat pengguna, dan lain sebagainya. Dengan mempertimbangkan tersebut, Anda bisa menentukan kampanye Google Ads mana yang paling sesuai untuk kebutuhan iklan.
Jadi, sudah paham mengenai perbedaan Google Discovery Ads dan Google Display Ads? Anda bisa mempertimbangkan kedua penggunaan kampanye tersebut untuk membuat iklan yang relevan dan menjangkau target audiens.