banyumedia.co.id – Jenis Iklan Youtube wajib anda ketahui dan kuasai jika anda ingin mempromosikan bisnis anda baik produk maupun jasa melalui media pemasaran digital yang lebih akurat untuk menjangkau calon pelanggan anda. Namun jika anda kurang menguasai dan ingin sesuatu yang pasti – pasti saja, bisa memilih Jasa Iklan Youtube yang berpengalaman.
Saat ini digital marketing menjadi senjata utama yang wajib dijalankan karena dapat menembak target lebih cepat dan tepat yang bisa anda sesuaikan masing-masing. Google Ads misalnya, Ada target iklan yang bisa anda setting berdasarkan minat, perilaku, lokasi geografis, demografis, sampai dengan Google Ads Final URL. Youtube Ads pun mirip dengan hal demikian. Agar lebih mengenal lagi, ketahui dulu pengertiannya.
Apa Itu Youtube Ads?
Youtube Ads merupakan salah satu platform digital marketing guna menjalankan aktivitas periklanan berdasarkan targeting tertentu untuk dapat menjangkau audiens anda masing-masing untuk tujuan yang beragam pula. Misi tersebut bisa anda capai karena ketenaran serta banyak masyarakat dunia yang menggunakan Youtube sebagai situs web berbasis video terbesar di dunia.

Tujuan Menggunakan Youtube Ads
Dalam digital marketing, ada beberapa tujuan ketika kita memilih menggunakan media Youtube sebagai tempat untuk melakukan pengiklanan. Tujuan tersebut tentunya antara pemilik bisnis bisa berbeda-beda, berikut beberapa tujuannya:
Menciptakan Kesadaran Merek
Sebagai platform yang terbilang sangat besar, Youtube dapat membantu bisnis anda terbang lebih tinggi lagi daripada sekarang. Jika anda memiliki tujuan untuk menciptakan kesadaran merek, Youtube kami nilai sebagai sebuah platform yang tepat bagi bisnis anda.
Interaksi
Dalam beberapa kasus, banyaknya sebuah interaksi yang ditandai dengan adanya komentar, likes, sampai share sangat diperlukan. Hal itu dapat menstimulasi calon target market anda untuk percaya dan mau untuk memilih produk ataupun jasa dari bisnis anda.
Konversi
Jika anda ingin meningkatkan penjualan, anda bisa memilih konversi sebagai tujuan dalam melakukan iklan digital marketing. Cara ini dapat menjadi ujung tombak bisnis anda untuk semakin maju dan bertumbuh. Semakin kreatif dalam menciptakan campaign ads, maka bisnis anda akan laris manis di pasaran.

Menciptakan Value
Untuk membangun campaign promosi, tak melulu menggunakan bahasa hard marketing. Ada kalanya anda perlu memilih konten yang dapat memberikan nilai tambah kepada calon pelanggan anda berupa informasi-informasi penting.
Keunggulan Youtube Ads
Tentu sebelum anda memilih platform untuk beriklan secara digital, anda wajib menggali beberapa informasi penting yang jangan sampai anda lewatkan, berikut alasan mengapa anda wajib memilih Youtube Ads untuk menjalankan campaign bisnis anda:
Terintegrasi dengan Google
Youtube merupakan salah satu produk Google yang sudah terkenal seantero negeri. Sehingga berkat keuntungan tersebut, campaign milik anda juga dapat terhubung ke beberapa produk Google lainnya yang pastinya sangat menguntungkan.
Jangkauan Lebih Luas
Menurut data yang kami himbun, pada tahun 2022 pengguna platform Youtube di seluruh dunia mencapai angka 2,51 miliar. Di Indonesia saja pada tahun 2022 pengguna aktif Youtube sudah mencapai angka 139 juta menempati urutan ke-4 terbesar setelah India, Amerika Serikat, dan Brazil. Dengan potensi tersebut dapat menjembatani anda kepada calon pelanggan sehingga menghasilkan tujuan yang optimal bagi bisnis anda.
Jenis Iklan Youtube Sangat Beragam
Dalam memberikan layanan bagi advertiser, Youtube memberikan banyak opsi yang dibedakan berdasarkan posisi, bentuk, dan ukurannya. Sehingga sebagai seorang pengiklan, anda bisa memilih jenis iklan yang akan dijalankan sesuai kebutuhan dan keinginan masing-masing tentunya.
Beberapa Jenis Iklan Youtube

Seperti yang telah kami singguh sebelumnya jika ada beberapa jenis iklan yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan masing-masing. Berikut penjelasannya:
Masthead Ads
Jika anda pernah melihat yang muncul pada atas halaman beranda Youtube baik pada versi aplikasi ataupun desktop itulah yang dinamakan masthead ads. Masthead ads biasanya terputar otomatis selama 30 detik tanpa suara sebelum kembali ke thumbnail video. Masthead ads cocok untuk tujuan konversi ataupun peluncuran produk baru.
Bumper Ads
Iklan bumper memiliki tipikal dimana iklan tersebut tidak bisa dilewati dan memaksa pengguna mau tidak mau untuk menontonya selama waktu 6 detik atau kurang. Karena memiliki durasi yang pendek, sehingga dalam penggunanya anda wajib menyampaikan pesan yang singkat, padat, dan jelas.
Outstream Ads
Outstream ads bisa anda temukan pada halaman Google Video partner dan memiliki default setting otomatis dimana iklan akan diputar tanpa suara. Kendati suara bisa anda bunyikan, namun kami sarankan agar anda bisa membuat iklan yang menarik dengan pesan yang tersampaikan walaupun tanpa menyertakan suara.
In Feed Video Ads
Untuk menemukan in feed video ads mudah saja, anda bisa menemukannya pada bagian atas hasil pencarian maupun di samping kanan video yang disarankan oleh pihak Youtube. Biasanya iklan ini akan muncul dimana dapat disesuaikan dengan pencarian terakhir relevant anda baik melalui Youtube atau Google sehingga lebih tepat sasaran.

Non Skippable In Stream Ads
Jika anda pernah melihat dan menemui iklan yang berada pada awal, tengah, maupun akhir video yang sedang anda saksikan, nah iklan tersebut dikenal dengan nama in stream ads. Iklan tersebut biasanya dapat di skip maupun non skippable. Iklan tersebut memiliki durasi 15 detik atau kurang.
Skippable In Stream Ads
Sama seperti non skippable yang berjalan selama streaming video. Skippable in stream ads memiliki durasi lebih panjang jika penonton video tidak ingin melewati iklan tersebut. Untuk dapat menarik target market, anda wajib memberikan impresi kurang dari 5 detik untuk memancing mereka mau menyaksikan bahkan tertarik dengan produk yang anda tawarkan.
Sukseskan Campaign Iklan Anda
Saatnya bisnis anda go digital melalui dukungan pemasaran yang bisa anda langsungkan melalui beberapa platform digital marketing seperti Youtube Ads Jenis Iklan Youtube bisa anda sesuaikan bergantung pada tujuan campaign bisnis anda sendiri.