Memanfaatkan fitur Google My Business dapat membantu meningkatkan bisnis Anda dan juga local SEO situs Anda loh. Ya, jika Anda ingin bisnis Anda muncul di pencarian local, Anda harus mendaftarkan bisnis Anda pada Google My Business. Mengetahui fungsi dari GMB adalah salah satu “standar” yang rasanya setiap pakar SEO terpercaya Indonesia bahkan dunia miliki. Nah jika Anda baru saja terjun ke dunia SEO, di bawah ini ulasan lengkap mengenai GMB.

Apa itu Google My Business?

Google My Business (GMB) atau Google Bisnisku adalah salah satu produk Google yang diperuntukkan bagi pemilik bisnis untuk mempermudahkan dalam calon customer mengetahui informasi – informasi penting mengenai bisnis tersebut. Dengan menggunakan Google My Business, Anda dapat mengetahui data – data pribadi mengenai nama bisnis, nomor telepon, situs, foto kantor, foto produk, dan yang lainnya.

Manfaat Menggunakan Google My Business untuk Bisnis

Menyediakan Informasi yang Valid

Di era serba digital seperti sekarang ini, kebanyakan customer melakukan riset online terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Di Indonesia sendiri, ada sekitar 95% orang yang melakukan riset online sebelum melakukan pembelian menggunakan smartphone. Nah jika informasi yang telah disediakan bisnis kita valid maka pengunjung tersebut akan menganggap bahwa bisnis kita adalah bisnis yang profesional sehingga peluang untuk terjadi pembelian sangatlah besar.

Bisnis Muncul di Google Maps

Google My Business dengan Google Maps adalah dua produk Google yang tidak bisa dipisahkan. Ketika Anda berhasil membuat atau mendaftar bisnis Anda di Google My Business maka otomatis bisnis Anda akan muncul di Google Maps. Jadi, ketika ada pelanggan yang dekat dengan lokasi Anda dan ingin mengunjungi kantor Anda, hanya tinggal mengikuti rutenya saja. 

Mendapat Review dari Pelanggan

Manfaat yang bisa Anda dapat ketika menggunakan fitur Google My Business yang selanjutnya adalah mendapat review dari pelanggan. Ini jelas sangat penting untuk sebuah bisnis. Berdasarkan riset yang dilakukan Trusklik, sebesar 70% konsumen Indonesia mempercayai review online dari pengguna yang lainnya. Bahkan ada beberapa orang yang 12 kali lebih percaya dari pada keterangan produk. 

Tingkatkan Visibilitas Bisnis 

Manfaat yang didapatkan selanjutnya adalah meningkatkan visibilitas bisnis Anda di internet terutama di seluruh layanan Google. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi bisnis Anda bukan? Membuat GMB juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mempromosikan suatu bisnis.

Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Lalu yang terakhir adalah mampu meningkatkan peringkat pada mesin pencari. Menjadi peringkat pertama dalam mesin pencari terutama Google merupakan salah satu “cita – cita” pemilik situs. Jika bisnis Anda cocok, bisnis Anda akan muncul pada sidebar samping pencarian saat seseorang melakukan pencarian. Ini jelas sangat sangat berdampak pada SEO lokal.

Apakah Google My Business Berdampak Untuk SEO?

Sebelum membahas lebih lanjut apa saja dampak Google My Business untuk SEO, mari ketahui sebuah fakta terlebih dahulu 

  • 46% dari semua pencarian Google adalah lokal
  • Penelusuran seluler “near me” atau “dimana saya membeli” tumbuh 200% dalam dua tahun terakhir
  • Lebih dari 50% penelusuran “near me” menghasilkan kunjungan toko fisik

Ini baru sebagian kecil dari fakta – fakta mengenai GMB. Karena, nyatanya masih banyak sekali fakta – fakta mengenai fitur GMB. Setelah mengetahui fakta – fakta tersebut, mari kita bahas lebih lanjut mengenai dampak Google My Business untuk SEO. 

Menurut survei yang dilakukan oleh MOZ, Google My Business berkontribusi sangat besar untuk local SEO. Local SEO sendiri dapat diartikan sebagai segala strategi yang membantu bisnis Anda meningkatkan visibilitas dalam hasil pencarian lokal.

Lokal SEO sangat penting, sekarang coba Anda cari sesuatu apapun di mesin pencari dan lihat kekuatan local SEO beraksi. Google ingin memberi Anda informasi yang relevan, dan menggunakan lokasi Anda sebagai cara yang bagus untuk menyaring internet yang ramai untuk menemukan hasil pencarian di komunitas Anda. Pada akhirnya ada tiga faktor yang menentukan bagaimana bisnis Anda akan diberi peringkat secara lokal:

  1. Jarak : Jarak dari pencari dengan bisnis yang Anda lakoni
  2. Terkenal : Seberapa terkenal bisnis Anda di area lokal Anda
  3. Relevansi : Sejauh mana bisnis Anda cocok dengan maksud pencari

Memiliki situs web yang ramah SEO dengan konten yang bagus (terutama konten yang dapat memiliki manfaat bagi pengguna lokal) adalah cara yang bagus untuk memastikan kesuksesan SEO local.

Sebagai contoh, misalkan saja ada orang yang ingin mencari “jasa penerbitan buku” maka Google akan merekomendasikan 3 jasa penerbitan buku berdasarkan lokasi terdekat dengan pencari. Data tersebut menunjukkan bahwa jasa penerbitan buku muncul 93% di pencarian lokal. Sangat disayangkan bukan jika tidak digunakan dengan semaksimal mungkin? 

Studi Kasus - Google My Business

Sebuah data dari BrightLocal pada tahun 2019 menyebutkan jika pemilik bisnis rata – rata menerima sekitar 943 tayangan di pencarian serta 317 pencarian di peta setiap bulannya. Bukankah jumlah ini termasuk besar? Setelah mengetahui seberapa pentingnya Google My Business untuk SEO (terutama untuk local SEO) jelas saja Anda tidak ingin menyia – nyiakannya bukan? Sebelum mengetahui bagaimana cara optimasi SEO untuk Google My Business, mari kita cari tahu terlebih dahulu fitur Google My Business.

Fitur Andalan Google My Business

Deskripsi dan Kategori

Kategori - Google My Business

Deskripsi menjadi salah satu fitur penting. Pasalnya, dengan adanya deskripsi ini bisa membantu pengguna internet untuk tahu bisnis apa yang Anda jalankan. Tak kalah penting dari deskripsi, Anda juga harus mengisi kategori bisnis yang Anda geluti agar pelanggan tahu bisnis tahu website Anda bergerak di bidang apa. Tak hanya berguna untuk pengunjung saja, kategori juga berguna untuk mesin pencari dalam mengklasifikasikan bisnis Anda.  

Foto

Foto - Google My Business

Foto juga sangat berperan penting dalam meningkatkan kredibilitas bisnis di mata pengguna internet. Tak hanya itu saja, foto juga mampu memberikan gambaran tentang bisnis seperti apa yang Anda lakoni. Karena foto sangat penting maka usahakan untuk mengupload foto – foto yang relevan dengan bisnis Anda. 

Review 

Review - Google My Business

Tentu saja Anda sudah mengetahui seberapa review online dari pelanggan yang lainnya bagi sebuah bisnis. Nah, Anda memang tidak bisa mengatur customer Anda untuk menuliskan apa pada review Google My Business Anda, namun senantiasalah memberikan yang terbaik agar review yang Anda dapat baik pula. 

Atribut

Atribut - Google My Business

Fitur atribut dalam Google My Business berarti adalah detail pelengkap dalam suatu bisnis. Fitur ini secara tidak langsung akan memberikan informasi mengenai hal – hal penting tentang suatu bisnis mulai dari nomor telepon hingga situs atau bahkan hal – hal lainnya yang bisa membuat pengunjung tahu apakah suatu bisnis cocok dengan apa yang mereka cari atau tidak. 

Post

Post - Google My Business

Fitur Google My Business yang bisa Anda manfaatkan selanjutnya adalah post. Anda bisa melakukan post tentang bisnis Anda (dengan jumlah karakter yang terbatas) serta bisa juga mengisi penawaran – penawaran lainnya seputar bisnis Anda.

Questions And Answer

Questions And Answer - Google My Business

Anda juga bisa langsung menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diberikan oleh customer Anda melalui fitur tanya jawab. Ini adalah salah satu bentuk pelayanan Anda yang bisa membuat bisnis Anda tambah maju karena dianggap profesional. Kami akan memberikan contoh di Google My Business milik “Mall Malioboro Yogyakarta” 

Google My Business Insight

Sebagai pemilik bisnis yang sudah mendaftarkan situs Anda pada Google My Business, Anda juga bisa merasakan manfaat fitur Google My Business Insight. Pada fitur ini,  Anda akan mendapatkan gambaran mengenai darimana saja sumber orang melihat bisnis Anda, apakah dari penenlusuran atau bisa juga dari yang lainnya.

Cara Optimasi Google My Business untuk Keperluan SEO

Seperti yang sudah disinggung di atas, ada beberapa faktor yang mempengaruhi ranking Google My Business di mesin pencari. Yaitu a). relevansi, b). jarak, dan c). terkenal atau tidaknya bisnis Anda. Bahkan, Google sendiri telah memberikan beberapa tips untuk meningkatkan faktor tersebut, yakni :

  • Meningkatkan Ranking untuk Relevansi

Lengkapi detail bisnis Anda untuk bantu Google mengerti dengan baik bisnis Anda dan bisa mencocokan dengan pencarian yang relevan.

  • Meningkatkan Ranking untuk Jarak

Jika pengguna tidak spesifik mengetikkan lokasi pada pencarian, Google akan menampilkan jarak berdasarkan apa yang Google ketahui tentang lokasi si pencari.

  • Meningkatkan Rangking untuk “Keterkenalan Bisnis”

Berdasarkan informasi yang dimiliki oleh Google tentang bisnis Anda mulai dari web, link, artikel bahkan backlink serta jumlah ulasan.

Namun, tetap saja ini bisa menjadi salah satu hal yang cukup berat untuk dilakukan jika Anda tidak memanfaatkan fitur Google My Business dengan sebaik – baiknya. Di bawah ini ada beberapa tips untuk mengoptimasi Google My Business untuk keperluan SEO :

Optimasi Untuk Relevansi

Google My Business

Untuk meningkatkan rangking lokal SEO untuk relevansi, penting untuk profil bisnis Anda cocok dengan apa yang pengunjung cari. Ini akan menjadi susah jika Anda tidak segera melengkapi profil bisnis Anda di Google My Business. Untuk melengkapinya, Anda bisa menuju ke fitur info. Ada baiknya Anda mengisi beberapa hal di bawah ini :

  1. Contact info (nomor telepon, jam buka, alamat situs, dan yang lainnya)
  2. URL janji temu (jika ada)
  3. Bisa masukkan 5 kategori bisnis (tempatkan kategori yang paling penting di “primary”)
  4. 750 karakter untuk deskripsi dan jangan lupakan untuk menempatkan keyword target
  5. Update selalu foto dan juga video yang berkaitan dengan bisnis
  6. Aktifkan fitur untuk kirim pesan jika Anda bisa menanganinya
  7. Event, promosi, dan penawaran spesial
  8. Informasi lainnya tentang bisnis 

Semakin komplit informasi yang ditayangkan, maka akan baik. Pastikan juga Anda tetap memberikan konten – konten yang menarik untuk situs Anda. 

Optimasi untuk Jarak

Ini sedikit sulit untuk dioptimasi, kecuali jika bisnis Anda memiliki banyak lokasi atau lokasi bisnis Anda dapat terus berpindah pindah. Anda sah – sah saja membuat beberapa lokasi yang baru namun, pastikan jika Anda sanggup untuk mengurus lokasi – lokasi yang telah Anda buat.

Optimasi untuk “Keterkenalan Bisnis”

Keterkenalan bisnis di sini dimaksud seberapa baik orang lain (terutama local SEO) mengenal website Anda. Umumnya, Google My Business yang di dalamnya terdapat website dengan SEO yang kuat juga berpengaruh karena faktor ini dapat diperoleh dari posisi hasil web. Namun, cara terbaik adalah dengan mendapatkan review yang banyak. Dan sebagai pemilik, jika Ada orang yang melakukan review pada bisnis Anda, jangan segan untuk membalasnya. 

Nah itulah serba serbi Fitur Google My Business yang wajib Anda ketahui sebagai praktisi SEO. Namun, jika Anda memanfaatkan Jasa SEO, optimasi Google My Business ini sudah termasuk di dalamnya.