
Bagi para pelaku digital marketing terutama yang baru, ada kecenderungan takut melakukan kesalahan dalam digital marketing atau bahkan tidak yakin dengan strategi digital marketing yang telah direncanakan sebelumnya. Hal ini memang wajar terjadi, apalagi mengingat baru pertama kali terjun ke dunia digital marketing.
Agar kekhawatiran tersebut tidak terjadi pada Anda, tak ada salahnya untuk mengetahui kesalahan umum yang sering terjadi dalam digital marketing. Apa sajakah kesalahan – kesalahan tersebut? Ulasan di bawah akan menjawab pertanyaan tersebut.
Kesalahan dalam Digital Marketing
Tidak Memaksimalkan Website
Keberadaan website di dalam digital marketing tergolong krusial. Memiliki website namun tidak pernah dioptimasi tentu saja akan berakhir sia sia. Coba sekarang bayangkan, berapa banyak jumlah website yang ada di dunia ini? Jawabannya miliaran!
Jika website tidak dioptimasi sehingga tidak ada di halaman satu Google, bagaimana cara pelanggan menemukan website Anda? Optimasikanlah website yang Anda miliki dengan menggunakan SEO, SEM, maupun teknik yang lainnya. Jangan lupa untuk melakukan penjadwalan agar konten – konten di website milik Anda selalu update. Anda juga bisa mengandalkan Jasa SEO untuk mengoptimasikan website Anda.
Mengabaikan Tampilan Website
Selain tidak sering mengupdate website, kesalahan yang sering dilakukan oleh digital marketer adalah mengabaikan tampilan website. Anda perlu untuk memiliki website yang user friendly agar memberikan kenyamanan kepada calon customer Anda. Tidak perlu desain yang terlalu wah, cukup yang nyaman dilihat dan mudah untuk dimengerti saja.
Mengabaikan SEO
Rasanya, SEO dan website tidak bisa dipisahkan. Untuk itu, jangan pernah abaikan SEO. Dengan menggunakan teknik SEO, website bisa jauh lebih mudah untuk ditemukan. Kunci menggunakan SEO adalah sabar karena hasilnya tidak instan. Jika ingin instan, Anda bisa menggunakan iklan Google Ads dengan konsekuensi harus membayar sejumlah biaya ke Google.
Tidak Memiliki Target Audiens
Kesalahan dalam digital marketing yang kerap dilakukan digital marketer apalagi yang baru selanjutnya adalah tidak memiliki target audiens yang jelas. Padahal, dengan menargetkan kelompok tertentu bisa membuat Anda mudah dalam menyusun strategi untuk ke depannya. Perlu diingat juga jika produk yang kita jual tentu tidak bisa diterima oleh semua orang.
Banyak perusahaan menargetkan audiens terlalu luas dengan harapan bisa menjangkau pasar yang lebih luas pula. Padahal, ini juga keliru. Ada baiknya untuk memfokuskan ke satu kelompok tertentu saja. Cari target audiens yang tepat untuk bisnis Anda dengan melakukan riset terlebih dahulu.
Tidak Memahami Kebutuhan Audiens
Audiens atau target pasar Anda adalah “nyawa” bagi suatu bisnis. Jadi, jika Anda tidak mau mengerti kebutuhan target pasar Anda ya kampanye digital marketing yang Anda lakukan akan sia – sia. Luangkan waktu Anda untuk menganalisa apa sebenarnya yang menjadi motivasi mereka.
Tidak Menggunakan Sosial Media secara Efektif
Masih ada hubungannya dengan target audiens. Setelah menetapkan target audiens Anda perlu tahu sosial media mana yang menjadi “kesukaan” dari target pasar Anda. Apakah Facebook? Instagram? atau Bahkan TikTok? Buatlah konten yang menarik untuk sosial media tersebut, tidak hanya asal posting gambar produk saja. Jika kesulitan, Anda juga bisa mengandalkan jasa social media management.
Tidak Memiliki Tujuan Kampanye Digital Marketing
Kesalahan dalam digital marketing yang selanjutnya adalah tidak memiliki tujuan kampanye digital marketing yang terarah. Jika dari awal saja tujuannya sudah tidak jelas, bagaimana Anda bisa mencapai tujuannya? Sekedar “ikut – ikutan” trend untuk menggunakan tujuan marketing bukanlah tujuan kampanye yang tepat.
Jangan Fokus pada Kuantitas Konten
Meskipun disarankan untuk melakukan penjadwalan pada konten – konten untuk website milik Anda, namun jangan terlalu memperhatikan kuantitas konten saja. Perhatikan juga kualitasnya. Hal ini karena Google hanya akan menampilkan web di halaman satu dengan konten yang paling berkualitas.
Mengabaikan Email yang Dikirim oleh Pelanggan
Jika pelanggan Anda melakukan feedback berupa pengiriman email, jangan ragu untuk membalas email tersebut. Ketika Anda mengabaikan email yang dikirimkan customer, sudah pasti Anda akan kehilangan pelanggan Anda secara perlahan.
Ingin Mendapat Hasil Terbaik dalam Kurun Waktu yang Cepat
Hilangkan mindset ingin hasil wow dalam waktu yang cepat, sebab hal tersebut terdengar sedikit mustahil. Menggunakan Digital Marketing itu artinya Anda perlu bersabar, apalagi jika tiba tiba terjadi perubahan algoritma tanpa kita sadari.
Mengabaikan Copywriting

Digital marketing erat kaitannya dengan konten. Hal penting dalam membuat konten adalah tulisan. Nah disinilah peran copywriting sangat diperlukan. Copywriting digunakan agar membuat calon customer terkesan hingga tertarik untuk membelinya. Tulisan yang dibuat harus mampu memberi kesan baik sekaligus mengedukasi sehingga produk bisa disadari dengan mudah.
Terlalu banyak Memiliki Strategi
Memiliki beberapa strategi memang diperlukan, namun jika strategi ini terlalu banyak tentu saja akan membuat Anda kuwalahan kedepannya. Anda jadi bingung untuk memilih menggunakan strategi yang mana. Fokuslah untuk menyusun satu atau beberapa strategi saja, jangan terlalu banyak.
Iklan dan Landing Page Tidak Sesuai
Kesalahan selanjutnya yang sering dialami oleh digital marketer adalah tidak selaras antara iklan dan juga landing page. Hal ini bisa menurunkan kredibilitas bisnis. Coba bayangkan jika terdapat iklan tentang baju gamis wanita lalu ketika di klik ternyata menuju landing page baju koko, tentu Anda akan merasa kesal bukan? Anda juga akan menggap bisnis ini “tidak serius” dalam menjalankan bisnisnya.
Kesimpulan
Nah itulah kesalahan – kesalahan yang sering terjadi dalam digital marketing. Semoga dengan adanya ulasan ini, Anda tidak melakukan kesalahan – kesalahan yang telah disebutkan di atas. Meskipun masalah – masalah tadi ada yang terdengar sepele, namun jangan pernah menganggap sepele hal tersebut, sebab dampaknya bisa cukup besar. Bagi Anda baru terjun ke dunia digital marketing, tak ada salahnya untuk memanfaatkan digital marketing agency yang didalamnya terdapat jasa SEO, Jasa Backlink, Jasa membuat artikel, dan jasa jasa yang lainnya yang siap untuk membantu Anda.