Guna memenangkan kampanye iklan secara digital menggunakan Google Ads memerlukan skill yang memadai agar dapat menjangkau audiens yang tepat.
Skill tersebut wajib dimiliki oleh para advertiser Google Ads agar tidak terjadi boncos atau kerugian. Jika sang advertiser mampu menembak sasaran secara tepat. Artinya iklan anda akan mendapatkan benefit baik itu meliputi konversi, brand awarenes ataupun goal yang lainnya.
Nah, salah satu tipe untuk menggunakan kata kunci dalam Google Ads yakni Broad Match. Apa itu Broad Match? simak informasi di bawah berikut.
Apa itu Broad Match Google Ads?
Broad Match merupakan satu dari empat match type keywords Google Ads yang mampu menjangkau audience secara luas. Tipe dari Broad Match untuk keywords akan menyasar pencarian Google dengan semua variasi keyword, atau dengan kata lain jenis ini merupakan match type sapu jagat.
Artinya keywords yang digunakan dalam mesin pencari tidak harus sama persis dengan broad match keywords yang digunakan. Variasi keyword yang dianggap masih relevan yakni meliputi sinonim, kesalahan eja/typo dan lain-lain.
Contoh Broad Match Keywords Google Ads
Untuk semakin memberikan gambaran dan pemahaman, kami akan menggunakan simulasi melalui beberapa contoh yang dapat anda pahami berikut ini.
Jika memasukkan kata kunci ke dalam mesin pencari ‘Flanel Pria’ iklan kita dapat muncul di mesin pencari user dengan kata kunci ‘Flanel Pria’, ‘Pakaian Pria’, ‘Flannel Baru’, ‘Pakaian Baru’, ‘Pilihan Flanel’, ‘Jenis Flanel Pria’, ‘Celana Pria’, ‘Celana Pria Baru’, dan lain-lain.

Keunggulan Board Match
Board Match memiliki beberapa keunggulan yang dianggap penting untuk memenangkan kampanye iklan melalui platform Google Ads.
Kata kunci dalam board match akan disetel secara otomatis terhadap beberapa pilihan pencocokan kata kunci yang bersifat luas.
Akibatnya, intensitas iklan anda akan lebih banyak muncul dalam mesin pencari yang artinya potensi konversi ataupun goal yang sesuai kegunaan bakal segera tercapai.
Selain itu anda akan mendapatkan banyak data serta fleksibilitas guna kepentingan smart bidding selanjutnya.
Kelemahan Board Match
Mengingat Board Match merupakan match type keywords sapu jagat. Artinya iklan anda bisa jadi akan sering muncul dalam hasil mesin pencari Google namun tidak sesuai dengan keinginan user.
Akibat jumlah klik yang banyak karena hasil yang tidak relevan, mengakibatkan budget iklan yang tidak sedikit. Hal ini sangat tidak disarankan apabila anda memiliki budget yang ‘cekak’.
Sebagai contoh anda sebagai user mencari ‘Flannel Pria’, namun hasil iklan yang muncul malah ‘Celana Pria’. Hal tersebut tentu tidak relevant, mengingat apa yang anda cari merupakan ‘Flanel’ bukannya ‘Celana’.
Cara Menentukan Board Match
Jika anda masih bingung cara menentukan board match, jika diikuti dan diperhatikan secara seksama anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. Simak dibawah berikut :
- Silahkan masuk ke akun Google Ads
- Klik ‘Keywords’ pada halaman menu sebelah kiri
- Centang kotak di samping keywords yang ingin anda ubah
- Kemudian klik ‘Sunting’
- Pilih ‘ubah jenis pencocokan>Klik tingkatkan ke board match>Ubah semua jenis pencocokan>Klik Board Match> Klik terapkan
Kapan Saya Harus Menggunakan Broad Match?
Untuk dapat memahami kegunaan Board Match, anda perlu mengetahui kapan momen yang tepat untuk menggunakanya. Hal tersebut guna meminimalkan dampak kerugian akibat penggunaanya yang kurang tepat.
Tidak Sempat Riset Keywords
Bagi sebagian pengiklan, melakukan riset kata kunci merupakan aktivitas yang membosankan. Padahal ketepatan pemilihan keywords akan menentukan kesuksesan suatu campaign.
Nah ini merupakan saat yang tepat bagi anda untuk menggunakan penargetan board match. Namun anda tetap harus memiliki feeling untuk menilai apakah campaign yang sedang dijalankan akan menghasilkan profit atau tidak.
Kampanye Display
Penargetan audiens menggunakan kata kunci broad match cocok digunakan untuk kampanye display. Sejatinya untuk menjalankan kampanye display menggunakan board match merupakan satu-satunya opsi yang bisa dilakukan.
Kesimpulan
Board Match dapat anda gunakan dalam rangka menyasar target audiens secara luas menggunakan platform Google Ads. Adapun beberapa manfaat dari Board Match yakni iklan anda akan sering muncul di mesin pencari, menambah profit dari campaign yang berjalan dan mendapatkan banyak data guna kepentingan smart bidding.