Anda pernah mendengar tentang Remarketing dalam Google Ads? Remarketing merupakan salah satu fitur pada advance Google AdWords, utamanya untuk layanan Google Display Network. Fitur ini kegunaannya sangat dahsyat terutama dalam meningkatkan konversi penjualan. 

Fitur remarketing mampu menampilkan iklan di Google AdWords utama untuk mereka yang pernah mengunjungi website Anda. Iklan akan muncul ketika mereka mengunjungi blog/situs, dengan demikian siapapun yang telah menggunakan Script Google Adsense. Mereka dapat mengingatkan kembali akan produk yang Anda jual. 

Cara Menggunakan Remarketing Google Ads 

Penggunaan Remarketing Google Ads ini sebenarnya mudah. Google sendiri mempunyai fitur yang sudah mendukung prospek penjualan maupun brand dengan menampilkan kembali produk/jasa Anda dalam bentuk iklan. Calon konsumen dapat melihat iklan tersebut sesuai preferensi mereka. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah : 

Pengaturan saat menggunakan Google Ads Experience versi terbaru 

Langkah yang harus Anda lakukan : 

  • Masuk pada akun Google Ads lewat https://ads.google.com.
  • Pilih Tools di akun Google Ads tersebut. 
  • Bawah dari menu Shared Library, pilihlah Audience Manager. 
  • Akan muncul menu pada bagian kiri, pilih Audience Source. 
  • Di Google ads tag card, pilihlah Details. Kalau belum mengatur remarketing tag, Anda harus pilih Set up tag dulu. 
  • Bukalah Section Google Ads tag. 
  • Pilih Use Tag Manager. 
  • salinlah Conversion ID yang Anda punya. 

Kalau Anda mempunyai daftar remarketing dengan basis tag Conversion Label. Silakan buka daftar itu dan pilih tags untuk cek detailnya. bagian bawah ada cuplikan Event, Anda salin Conversion label sebelah kode “Send to”. Pada langkah akhir ini dapat Anda lakukan maupun tidak.  

Remarketing

Jika Anda menggunakan Remarketing dalam Google Ads Experience versi lama 

Langkah-langkah yang sebaiknya Anda jalankan adalah : 

  • Masuk akun Google Ads lewat https://ads.google.com.
  • Bukalah Shared Library, lalu pilihlah Audience. 
  • Pilih Tag Details dan klik Setup. 
  • Bukalah Section View AdWords remarketing tag and instructions. 
  • Catat Conversion ID yang ada di sebelah kalimat var google_conversion_id. 
  • Kalau Anda mempunyai daftar remarketing dengan basis tag lewat Conversion Label. Ada perlu catat Conversion Label.  

Membuat Google Ads Remarketing Tag 

Langkah yang perlu Anda jalankan adalah: 

  • Bukalah Tag Manager dan pilihlah New Tag. 
  • Klik Tag Configuration, lalu pilihlah Google Ads Remarketing. 
  • Login ke Google Ads Conversion ID serta Conversion Label. 
  • Pilih Triggering dan pilihlah satu trigger atau lebih. Tujuannya untuk menentukan tag yang dapat diluncurkan menjadi Ads. Seperti, pilihlah trigger all pager kalau Anda mau menampilkan remarketing tag pada setiap halaman website, 
  • Pilih Save.  
  • Lanjut Anda aktifkan Conversion Linker 
  • Pastikan conversion linker web browser sudah aktif, sebelum Anda mulai meluncurkan remarketing Ads. 

Lakukan Publikasi

Sesudah seluruh langkah tersebut Anda lakukan, cek lagi bagian tampilan pada Google Ads untuk remarketing lewat Preview. Lanjut publikasikan saat semua menurut Anda sudah siap dan sesuai. 

Remarketing

Manfaat Menggunakan Remarketing 

Menambah jangkauan konsumen 

Remarketing dalam Google Ads sangat penting untuk mempengaruhi calon konsumen sebagai pengunjung website lewat tagged cookie. Hal ini bermaksud supaya mereka bisa masuk pada list target pasar. Cara ini dapat menjangkau konsumen lebih banyak dan bisa mendapatkan kesempatan berinteraksi dengan calon konsumen. 

Menambahkan Relevansi iklan 

Anda tidak dapat memprediksi keinginan konsumen dalam bertransaksi setelah mengetahui produk yang dijual. Jejak digital konsumen dapat terlihat, kalau Anda cek lewat Ads. Tujuannya untuk mengecek seberapa sering konsumen menjalankan penelusuran medsos atau website Anda. Anda masukkan iklan secara berkala. Sehingga suatu saat bisa memunculkan rasa ketertarikan calon konsumen untuk bertransaksi bisnis. 

Cara menjaga hubungan baik dengan konsumen 

Berbisnis harus mampu menjaga hubungan baik dengan konsumen. Relasi yang baik dapat menciptakan customer experience yang bagus. Saat konsumen membuka website atau aplikasi, Anda dapat menyisipkan pesan terhadap mereka. Ketika mereka telah melihat pesan itu, Anda dapat mencoba memberi iklan supaya mereka tertarik. Iklan ini akan membantu konsumen mengingat produk atau brand Anda. 

Tips Sukses Menjalankan Remarketing 

Merencanakan strategi remarketing yang sukses tentu membutuhkan langkah dan persiapan yang baik. Inilah cara yang perlu Anda lakukan : 

Segmentasikan daftar remarketing 

Supaya remarketing tertarget dengan baik, Anda bisa mengelompokkan daftar setiap pengunjung web sesuai perilaku mereka. Seperti, pengunjung yang hanya melihat beranda sebaiknya masuk dalam segmen berbeda dengan pengunjung yang telah menuju halaman terakhir proses pembelian, tetapi mereka belum menuntaskan transaksi. 

Umumnya konsumen model ini dapat memutuskan atau membatalkan pada detik terakhir ketika melakukan perbandingkan harga. Jadi, Anda bisa membuat iklan secara khusus dengan menunjukkan jaminan pencocokan harga. 

Anda sebarkan iklan pada beberapa channel 

Remarketing dalam Google Ads akan semakin bagus kalau konsumen Anda sudah tersebar pada banyak channel. Sangat penting untuk menjangkau banyak tempat yang bisa saja mereka datangi. Buatlah iklan dari beragam Channel sekaligus, seperti iklan bergambar, Video Ads, Facebook, email, dan lainnya. 

Jangan takut dengan trial atau error 

Anda harus bersabar, karena pertama, kedua kali usaha tidak mungkin langsung sukses. Oleh karena itu, Anda harus terus mencoba. Belajarlah terus dari kegagalan sampai Anda bisa menemukan strategi yang tepat dan membuahkan hasil.  

Bukan hanya itu saja, supaya konversi semakin meningkat. Gunakan strategi remarketing yang menarik perhatian pengunjung website supaya bisa menjalankan transaksi. Maka, semakin sering calon konsumen melihat produk Anda. Kemungkinan besar mereka akan mulai tertarik melakukan tindakan lebih pada produk yang mereka lihat.  Tunggu apalagi, sekarang Anda bisa memanfaatkan Remarketing dalam Google Ads yang mudah dan banyak keuntungannya ini. Dengan demikian, diharapkan bisnis Anda bisa mendapatkan konversi penjualan yang meningkat. Semoga bermanfaat. Jika Anda takut dan masih bingung untuk menggunakan fitur yang satu ini, kini sudah banyak penyedia jasa iklan Google di kota – kota besar yang siap Anda sewa. Mau cari layanan Google Ads Jakarta? Layanan Google Ads Jogja? Semua ada!