Dalam melakoni dunia bisnis, tentu saja tidak semudah apa yang Ada di bayangan Anda. Untuk menuju sukses, ada banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor yang harus Anda pahami adalah ROI. Apa maksud Return on Investment dalam bisnis? Mari ketahui bersama.
ROI dapat Anda jadikan sebagai salah satu “elemen” untuk menentukan seberapa sukses bisnis Anda. ROI berlaku di bisnis apa saja termasuk di dalamnya para pelaku jasa iklan Google profesional.
Untuk mengetahui ROI suatu perusahaan, Anda harus mengetahui ROI itu sendiri dan bagaimana cara untuk menghitungnya. Perhitungan yang kurang benar justru akan berdampak pada hal lainnya yang palah akan semakin merugikan bisnis. Anda tentu tidak mau hal ini terjadi bukan?
Pengertian Return On Investment
Secara sederhana, ROI dapat diartikan sebagai rasio untuk melakukan perhitungan efektivitas sebuah investasi yang diberikan dalam suatu bisnis. Secara teknis, ROI dapat memiliki arti sebagai perhitungan laba bersih yang Anda dapatkan dari nominal investasi yang sudah Anda keluarkan.
Faktanya, Return on Investment sangat membantu sebuah bisnis dalam memperhitungkan sejumlah langkah yang harus diambil ke depannya. Selain itu, ada banyak sekali manfaat ROI yang semua pemilik bisnis harus mengetahuinya loh. Apa sajakah itu?
Manfaat ROI Untuk Bisnis
Efisiensi Penggunaan Dana
Manfaat yang pertama adalah efisiensi penggunaan dana. Jika suatu perusahaan sudah menjalankan praktek akuntansi dengan baik maka manajemen menggunakan teknik analisa ROI yang dapat mengukur efisiensi penggunaan modal yang bekerja, efisiensi produksi, serta efisiensi bagian – bagian yang lainnya.
Mengetahui Kelemahan Perusahaan
Dengan menggunakan ROI sama saja dengan mengetahui kelemahan perusahaan? Hal ini karena dengan memanfaatkan adanya Return On Investment, Anda jadi tahu penggunaan modal pada perusahaan dengan bisnis sebelumnya atau perusahaan sejenis sehingga dapat diketahui apakah suatu perusahaan berada di bawah, sama, atau di atas rata – rata dari perusahaan pesaing. Dengan adanya hal ini, Anda dapat mengetahui di mana letak kelemahan suatu perusahaan.
Mengukur Profitabilitas
Jika perusahaan menggunakan “product cost system” yang baik, perhitungan modal dan biaya dapat dialokasikan kepada berbagai produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Dengan demikian, hal ini akan mempermudah dalam perhitungan profitabilitas dari masing – masing produk yang perusahaan tersebut dihasilkan.
Sebagai Alat Kontrol
Fungsi keempat dan terakhir dari Return on Investment adalah sebagai alat kontrol. ROI dapat digunakan untuk melihat prospek saat ini sehingga mendapatkan ide atau referensi untuk mengambil langkah apa ke depannya.
Cara Menghitung Return on Investment
Pembahasan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara untuk memperhitungkan Return on Investment dalam suatu perusahaan. Untuk rumus dasar dari Return On Investment adalah :
Net Profit / Cost of Investment x 100 : ROI
(lebih jelas lihat gambar)
Dari gambar tersebut dapat juga dijabarkan menjadi :
- ROI (Laba bersih/Biaya investasi) x 100
- ROI ((Nilai sekarang – biaya investasi) / Biaya Investasi)) x 100
Kesimpulan
Dunia bisnis saat ini memiliki persaingan yang ketat. Berbagai strategi digital marketing pun mau tak mau harus banyak orang lakukan seperti beriklan di Google Ads, membuat website untuk bisnis, menggunakan SEO ataupun yang lainnya. Untuk mendapatkan keuntungan dari suatu bisnis maka Anda perlu mengandalkan berbagai cara bahkan cara yang terlihat tidak mungkin sekalipun. Dalam dunia bisnis, sebaiknya jangan abaikan Return On Investment.