Anda adalah pebisnis yang mengiklankan campaign Google Ads Anda sendiri Tanpa Jasa Pasang Iklan Google Ads Halaman 1? Sudah tahu tools untuk report Google Ads? Untuk menganalisis dan mengevaluasi efektivitas sebuah campaign iklan, maka diperlukan laporan Google Ads secara berkala. Tentunya ada beberapa tools untuk membuat laporan Google Ads yang bisa Anda gunakan dan wajib Anda ketahui. Yap, Google Ads bukan hanya sekedar setting iklan, bayar iklan ataupun hal hal teknis lainnya namun reporting juga penting.
Tools ini sangat membantu untuk melihat kinerja iklan dan menyesuaikan laporan sesuai kebutuhan Anda. Tertarik untuk membahas tentang laporan Google Ads? Simak artikel berikut ini melalui penjelasan di bawah berikut!
6 Tools untuk Membuat Laporan Google Ads
Setelah merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk menyusun laporan Google Ads. Ini meliputi aplikasi bawaan dari Google maupun dari eksternal. Apa saja itu?
1. Reporting Google Ads Editor
Tools ini merupakan bagian dari Google Ads Editor yang bekerja untuk menganalisa serta menyajikan data kinerja campaign iklan secara rinci. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat laporan secara custom berdasarkan metrik, dimensi, dan jangka waktu tertentu.
Tentunya penggunaanya lebih fleksibel karena bisa Anda sesuaikan isi laporan sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan fitur ini, data yang disajikan dapat dimuat ke dalam tabel atau diagram sehingga membuat laporan terlihat lebih efisien.
2. Google Data Studio
Google Data Studio menampilkan visualisasi data yang memudahkan Anda untuk membuat laporan secara efektif. Platform ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan data dari berbagai sumber dan membuat laporan Google Ads lebih mudah dimengerti.
Data yang disajikan memuat banyak pilihan sehingga Anda bisa memformat ataupun mengedit laporan. Dengan memanfaatkan fitur alat ini, Anda akan lebih mudah melakukan kustomisasi dan sharing data dari sumber terpusat.
3. Google Sheets
Tools selanjutnya yang bisa membantu Anda dalam membuat laporan Google Ads adalah menggunakan spreadsheet dari Google Sheets. Fitur ini dapat mengimpor data secara langsung dari Google Ads untuk menyimpan laporan secara akurat.
Caranya tentu sangat mudah, dimana Anda dapat mengimpor data langsung dari Google Ads menggunakan add-ons. Hanya saja untuk mengekspor data dari akun yang berbeda, Anda harus mengulangi tindakan berulang kali.
4. Supermetrics
Supermetrics adalah alat pelaporan untuk analisis data yang memungkinkan Anda untuk mengimpor data dari berbagai sumber. Tidak hanya iklan Facebook, tools ini juga bisa mengimpor data seperti Google Analytics, Google Ads, dan platform lainnya.
Aplikasi ini memudahkan Anda untuk membuat laporan secara custom dan mengotomatiskan pengumpulan data. Tools ini juga sangat cepat untuk menarik data dari berbagai sumber ke Google Data Studio.
5. Metrics Watch
Tools berikutnya ada Metrics Watch yang disebut sebagai alat pelaporan Google Ads terbaik. Hal ini dikarenakan data Google Ads dapat disinkronkan dengan lancar ke dalam laporan pemasaran yang data tersebut dapat dikirim langsung ke tim atau klien Anda.
Alat ini juga dapat mengotomatiskan laporan secara harian, mingguan, atau bulanan. Dengan Metrics Watch, Anda bisa melihat statistik laporan untuk meningkatkan ROI pada iklan Anda.
6. Whatagraph
Whatagraph merupakan alat untuk membuat laporan Google Ads yang dapat menggabungkan lebih dari 40 sumber data di satu tempat. Tentunya Anda bisa menyusun laporan campaign iklan lebih cepat dan akurat.
Aplikasi ini dapat menampilkan data laporan pemasaran dalam jumlah besar dengan desain yang unik. Sehingga visualisasi data ini dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dimengerti.
7. Improvado
Improvado memiliki cara kerja yang sedikit berbeda dari tools lainnya dalam membuat laporan Google Ads. Bisa dikatakan aplikasi ini bekerja sebagai perantara digital untuk mengambil data campaign iklan Anda.
Fitur yang ditawarkan menampilkan dasbor pemasaran yang dapat disesuaikan kebutuhan Anda untuk memvisualisasikan data. Bahkan data ini juga bisa mengirimkan alat visualisasi lain seperti Google Data Studio, Tableau, dan lainnya.
8. Tableau
Tableau merupakan perangkat lunak yang bisa Anda gunakan untuk visualisasi data yang interaktif dalam bentuk dasbor. Dengan fitur yang ditawarkan, ini memudahkan Anda untuk membuat visualisasi data yang menarik, mendalam, namun tetap mudah dipahami.
Dari beberapa fitur yang dimilikinya, Tableau memiliki kemampuan yang baik dalam menerjemahkan data ke dalam bentuk visual. Tools ini juga sangat pandai dalam mengelola metadata dan mengimpor berbagai ukuran dan range data.
Oke, itu dia beberapa tools untuk membuat laporan Google Ads yang bisa menampilkan visualisasi data secara cepat dan akurat. Pilihan alat ini tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk memudahkan dalam analisis data dan mengevaluasi kinerja masing-masing campaign iklan.
Banyumedia hadir sebagai konsultan Digital Marketing terpercaya yang dapat membuat laporan Google Ads secara efektif dan akurat. Tentunya, dalam penyusunan laporan ini, kami memanfaatkan berbagai tools seperti di atas sehingga visual data yang ditampilkan mudah dipahami klien.
Untuk mendapatkan informasi seputar layanan Digital Marketing lainnya, Anda bisa mengakses situs https://banyumedia.co.id.