banyumedia.co.id – Beriklan melalui media online menjadi pilihan yang saat ini berpeluang besar, khususnya bagi anda yang menyediakan kebutuhan yang diminati oleh khalayak muda. YouTube sebagaimana yang diketahui adalah platform bersatunya seluruh audience baik itu dari kalangan anak-anak, kaum muda, hingga dewasa untuk menemukan hiburan ini tak ayal menjadi peluang yang tidak bisa anda tinggalkan. Menggunakan YouTube Ads dapat menjadi pilihan efektif bagi anda untuk promosi di media sosial. Namun hingga sekarang masih banyak yang bertanya dan bingung biaya beriklan di YouTube Ads. Apalagi jika Anda harus menggunakan Jasa Iklan Youtube Ads. Daripada penasaran, berikut ulasannya!

Youtube Sebagai Platform Alternatif Untuk Promosi Bisnis

Seperti yang diketahui bahwa sebagai media hiburan terbesar dengan pencarian tertinggi kedua di dunia, YouTube tidak akan pernah lepas dari hiruk pikuk bisnis karena menyediakan berbagai peluang dan ekspektasi yang diinginkan oleh pengusaha. Baik itu yang berada di skala besar maupun kecil yang mana keduanya sangat cocok untuk dipromosikan dengan iklan YouTube terlebih biayanya yang sangat terjangkau dan segmentasi pembelinya yang pasti ada di media tersebut.

Biaya Beriklan di Youtube Ads

Namun mengapa sebenarnya harus YouTube sebagai pilihan efektif bagi anda? Sebenarnya pertanyaan efektif atau tidak kembali lagi pada model iklan yang akan digunakan dan produk atau jasa yang anda miliki. Alasan mengapa YouTube menjadi pilihan efektif adalah karena ketersediaan YouTube sebagai multiplatform yang bisa memberikan fleksibilitas pada bahasa dan otomatis menaikkan brand awareness hanya dengan penayangan konten yang ada.

Uniknya adalah dengan YouTube ini, penonton yang nantinya pembeli ini tidak stagnan dan bisa bertambah meskipun tidak berasal dari subscribers ataupun algoritma yang menyukai konten dan produk bersangkutan. Hal inilah yang menyebabkan para digital marketer menyukai iklan di YouTube karena frekuensi penayangan yang lebih besar, ROI tertinggi, dan mencapai target yang sangat luas dengan adanya sistem targeting yang terbilang murah dan organik. Inilah yang menyebabkan YouTube Ads menarik untuk dicoba bagi anda yang belum pernah atau akan memulai mengiklan di media sosial.

Harga Yang Ditawarkan YouTube Ads: Murah atau Mahal?

Seperti yang telah dipaparkan bahwa biaya iklan di YouTube tergantung pada biaya per klik (CPC) atau biaya per tayang (CPV). Karena masih berada di bawah naungan Google, maka pasti secara general biaya beriklan di YouTube Ads tidak jauh berbeda. Hal yang berbeda adalah pada nominal yang harus dikeluarkan yang mana pada YouTube anda dapat menghemat jauh lebih murah daripada di Google. Bagaimana bisa hal tersebut dapat terjadi dan atas karena apa?

CPC atau cost per click sendiri dapat diartikan bahwa anda harus membayar setiap terdapat seseorang yang melakukan klik pada iklan tersebut. Apabila anda ingin semakin banyak yang melakukan klik pada iklan anda, maka otomatis anda harus memilih max CPC sebagai jalur akhir dalam menargetkan iklan sehingga mau tidak mau YouTube meletakkan iklan paling efektif sehingga sering terklik oleh khalayak. 

Biaya Beriklan di Youtube Ads

Sementara itu apabila anda memilih menggunakan pendekatan CPV atau cost per view maka ketika pengguna YouTube menonton tayangan YouTube maka mereka diharuskan berada tetap di laman tersebut selama 30 detik untuk melihat iklan anda tanpa bisa melakukan intervensi apapun. Hal ini akan bertambah lagi ketika anda memberikan lampiran tambahan dengan call to action (CTA) yang mana diletakkan setelah iklan diputar sehingga mampu membangun dan meningkatkan iklan anda. Pendekatan ini mampu menjadi pengaruh besar dalam produk anda dan algoritma pengguna sehingga terjadi peningkatan penjualan produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan menggunakan Google atau iklan yang lainnya.

Biaya penggunaan YouTube Ads ini berada di kisaran Rp 1.577 hingga Rp 4.671 di setiap kliknya tergantung bagaimana anda melakukan settingnya. Sementara apabila penargetan lebih kompleks dengan mengkombinasikan dari peningkatan penonton dan angka klik ada di angka 100.000, maka anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp 155.730 hingga Rp 467.190 saja. Jadi sederhananya anda bisa beriklan di YouTube hanya ratusan ribu. 

Nah, Jadi

Biaya beriklan di YouTube Ads yang murah dan mudah dianalisis setiap harinya dan dievaluasi secara terpusat mampu menjadi investasi jangka panjang pada bisnis anda. Untuk menghindari ledakan budget ataupun biaya yang bertambah tanpa disadari, maka anda bisa lebih kritis untuk menentukan maksimal CPC dan CPV yang akan diberlakukan. Yang mana keduanya mampu anda lakukan ketika anda telah mencobanya beberapa kali sebelumnya.Anda juga tidak perlu bingung lagi saat ini, karena banyak Jasa YouTube Ads yang bisa menjawab pertanyaan anda tentang perbedaan Google Ads dan YouTube Ads untuk pertimbangan pemilihan media promosi anda. Dengan tahu biaya beriklan di YouTube Ads, akankan anda mencobanya sekarang?