Di era sekarang, seseorang mampu mengiklan dimana saja dan kapan saja tentunya dengan bantuan iklan dari aplikasi. Perusahaan besar seperti Google dan YouTube pun tidak kalah saing karena masing-masing memiliki efektivitas dalam hal mempromosikan suatu barang atau jasa agar bisa masuk dalam penayangan konten khalayak. Oleh sebab itu, karena peluangnya yang besar karena peranannya yang tidak lepas dari khalayak, banyak pengusaha yang merasa bingung atasnya dalam memilih media pengiklan yang tepat. Lantas apa perbedaan Google Ads dan YouTube Ads sebenarnya? Dan manakah yang efektif digunakan? Google Ads kah? Youtube Ads kah?

Untuk mengetahui sejauh mana promosi paling efektif dilakukan di kedua kanal media tersebut, terdapat hal-hal yang perlu amati dan ketahui lebih dalam yaitu tentang karakteristik YouTube dan Google. Seluruh masyarakat menyadari bahwa kedua platform tersebut merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan sebagai pusat hiburan dan browsing paling efektif. Sehingga tak salah apabila terdapat perdebatan mengenai efektivitas kedua media tersebut, sebab keduanya mampu menampung promosi online produk.

Menelisik Dalam Tentang Google Ads

Google Ads

Sebagai bagian dari perusahaan terbesar dan terbaik dunia, Google menyediakan pelayanan promosi yang mana mampu dijangkau pada laman Google di menu Display Network dan AdSense app. Promosi menggunakan Google Ads biasanya tergolong dalam iklan reguler yang dapat terbilang klasik dan cocok untuk mengembangkan produk lokal dengan penargetan pada sisi informasi, produk, dan pelayanan di dalamnya. Apabila didalami lebih jauh maka iklan berbayar ini mampu disetting secara organik dengan meletakkannya pada lokasi tertentu atau justru berada di paling bawah halaman Google sesuai dengan jenis konten tempat anda beriklan. 

Metode pembayaran yang berlangsung secara PPC atau pembayaran sekali klik ini memerlukan adanya penargetan tertentu atas kata kunci yang digunakan sehingga biaya yang dikeluarkan efektif dan tepat sasaran. Beberapa produk iklan yang ada disini diantaranya adalah iklan tampilan dan belanja, iklan pencarian (rekomendasi otomatis), dan iklan berupa video yang muncul di tengah konten Google muncul. 

YouTube Ads: Ini Ciri dan Keunikannya

Youtube Ads

Tidak jauh berbeda dengan Google, platform streaming video ini merupakan salah satu yang laris di kalangan khalayak sehingga berada di posisi kedua penayangan tertinggi. Perbedaan Google Ads dan YouTube Ads sejauh ini memang mampu dilihat dari penempatannya saja, namun sebenarnya terdapat titik penekanan tertentu yang wajib anda ketahui sebagai digital marketer yaitu mengetahui auidence produk dan target baru yang sesuai dengan produk anda. Dengan melakukan penekanan fokus pada hal tersebut, anda akan tahu bahwa pemilihan ads yang anda pilih telah sesuai. 

Meskipun sebenarnya YouTube juga berada di bawah naungan Google dan tools penargetan yang hampir sama, namun format iklan yang mampu anda pilih di YouTube sangatlah beragam. Anda mampu memperoleh iklan dengan tampilan yang terlihat di laman konten dalam harga yang murah sehingga sangat menguntungkan bagi anda. Bagaimana tidak, berbekal klik pada video di konten anda, khalayak akan otomatis terbawa pada laman yang telah anda siapkan sehingga pada hasil akhirnya efektivitas ini mirip dengan iklan pencarian dan tampilan dengan berbekal satu link saja.

Macam-macam iklan yang mampu anda pilih dalam penggunaan iklan YouTube adalah iklan bumper, iklan yang tidak bisa dilewati, iklan yang bisa dilewati, iklan berganda, dan kartu sponsor yang muncul selama konten di YouTube selalu diputar. Dari sini mampu dilihat bahwa perbedaan dari keduanya lumayan signifikan khususnya dari jumlah dan jenisnya. Meskipun sama-sama dijual dengan harga yang terjangkau, namun targeting adalah hal yang utama dan tidak bisa ditinggalkan sebelum memutuskannya.

Jadi Bagaimana: Manakah Ads Yang Paling Efektif Digunakan?

Tentu apabila membahas perbedaan maka hal yang mencolok adalah harga yang ditawarkan. Google memberikan standar biaya pada jumlah klik iklan hingga di angka Rp 778.650. Dapat terbilang mahal bagi anda para marketer baru sehingga lebih baik, perbedaan Google Ads dan YouTube Ads anda perdalam lebih banyak lagi. Pertama-tama anda mampu mencobanya dengan menebarkan awareness menggunakan YouTube Ads. Pasalnya dengan hal tersebut anda mampu menemukan traffic organic yang otomatis bisa menunjukkan keinginan dan kebutuhan dari audiences media. Karakteristik YouTube Ads yang bisa meningkatkan awareness, interaksi yang lebih tinggi, dan penjualan yang efektif menjadikan YouTube Ads ini lebih bisa menjangkau dengan adanya skippable ads. Tidak perlu takut apabila anda bingung karena anda bisa menggunakan Jasa YouTube Ads yang bisa membantu anda dalam targeting pada YouTube Ads. Tidak ada lagi kata bingung antara perbedaan Google Ads dan YouTube Ads karena semua bisa anda pelajari dan coba dari sekarang.