banyumedia.co.id – Sebagai seorang advertiser, tentunya Cara Optimasi Youtube Ads menjadi salah satu modal yang harus anda kuasai demi efektivitas campaign yang sedang anda jalankan. Beriklan secara digital bisa dibilang mudah namun sekaligus susah. Mengapa demikian? hal tersebut karena dalam menjalankan iklan, anda harus memiliki strategi yang tepat guna menghasilkan goals yang optimal.
Dalam menjalankan strategi tentu ada banyak hal yang diperhatikan baik meliputi content, copywriting, desain, sampai pada targeting pasar. Jika anda belum menguasai hal tersebut, anda bisa memilih opsi untuk menggunakan Jasa Iklan Youtube dengan segudang kemudahan dan keuntungan yang akan anda dapatkan secara mudah.
Tujuan Optimasi Youtube Ads
Tujuan dalam beriklan melalui platform digital, tentunya masing-masing advertiser memiliki tujuan yang beragam mulai dari brand awareness, jangkauan, sampai dengan konversi. Berikut beberapa tujuan pentingnya:
Efektivitas Campaign
Dalam menjalankan campaign, perlu merancang sebuah strategi yang bersifat kreatif guna menarik perhatian calon pelanggan bisnis anda.
Efisiensi Anggaran
Jika anda menjalankan iklan tanpa adanya targeting yang jelas, anda hanya akan membuang-buang anggaran anda saja. Sehingga antara pengeluaran dan pemasukan tidak akan seimbang dan merugikan. Tujuan dari optimasi yakni agar kita sebagai advertiser dapat menguji performa campaign apakah akan dilanjutkan atau dikoreksi.
Mengikuti Perubahan Algoritma
Kendati anda sudah memiliki strategi yang sudah terbukti berhasil sebelumnya, bukan berarti di waktu mendatang campaign anda akan berhasil juga. Salah satu tujuan dari optimasi yakni untuk mengikuti perubahan algoritma demi content winning pada campaign yang dijalankan.
Cara Optimasi Youtube Ads yang Tepat
Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, agar goals dari campaign yang sedang atau akan anda jalankan, beberapa optimasi penting wajib anda perhatikan, berikut beberapa langkah yang bisa anda jalankan:
Kreasikan Konten yang Menarik
Audiens akan memutuskan untuk melewatkan video anda atau mencari informasi lebih lanjut hanya dalam waktu beberapa detik saja. Dengan kesempatan yang sempit tersebut, anda harus bisa memancingnya untuk dapat tertarik untuk meng-klik iklan anda.
Untuk dapat mengunci audiens dalam waktu beberapa detik, anda harus menciptakan konten video ataupun gambar berciri unik, kreatif, dan solutif bagi. Selain soal desain, anda juga harus menghadirkan copywriting yang menarik seperti keunggulan, manfaat, testimoni, dan diakhiri dengan call to action yang smooth.
Sehingga dengan usaha tersebut, harapannya dapat memancing audiens untuk mengikuti alur iklan sesuai tujuan atau goals campaign anda masing-masing tentunya.
Thumbnail yang Kreatif dan Menarik
Konsepnya sama seperti menciptakan konten yang unik dan menarik. Sebelum iklan anda diputar, biasanya akan muncul sebuah thumbnail dengan gambar ataupun copywriting yang kreatif untuk dapat memancing audiens meng-klik iklan anda.
Selain untuk memancing klik, penggunaan thumbnail juga bisa menjadi pengujian A/B dari dua campaign yang berbasis konten yang sama namun dibedakan oleh penggunaan thumbnail nya.
Hasilnya anda akan mengetahui, thumbnail mana yang lebih banyak menarik klik oleh para audiens. Sehingga dalam menjalankan iklan anda sebagai advertiser dapat bekerja secara optimal dengan hasil yang positif.
Maksimalkan Cost Per View (CPV)
Berbeda dengan iklan konvensional, dalam perhitungannya Youtube Ads lebih mudah untuk dilakukan pengukuran. Lalu bagaimana cara penghitungan biaya tayangnya? untuk penghitungan biaya tayangnya sendiri bergantung pada Jenis Iklan Youtube apa yang sedang anda jalankan.
Tentunya jika anda ingin menghasilkan cost per view yang murah, anda harus dapat menciptakan iklan yang dapat menarik perhatian audiens guna menghasilkan rasio tayangan, rasio klik tayang, dan metrik penting lagi lainnya.
Namun jika anda mendapati iklan yang anda jalankan memakan anggaran yang mahal, maka bisa dipastikan ada kesalahan dalam menjalankan sebuah campaign tersebut.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja iklan yakni dari segi persaingan iklan yang ketat, konten yang cenderung stagnan, atau memang strategi iklan yang buruk sehingga menghasilkan performa yang negatif. Cara tersebut selalu menjadi topik utama Cara Optimasi Youtube Ads bahkan oleh para ekspert sekalipun.
Perhatikan Metrik Youtube Ads
Agar bisa anda menilai sebuah iklan berjalan dalam trek positif atau negatif, anda harus melakukan analisis menggunakan matrik yang telah disediakan Youtube Ads. Untuk membaca sebuah metrik sebagai landasan dalam membuat keputusan, tentu disesuaikan dengan goals dari iklan yang tengah anda jalankan tersebut. Kendati demikian, namun ada beberapa matrik yang wajib menjadi perhatian.
Metrik Penting Pada Youtube Ads
Cost Per View (CPV)
Biaya iklan per tayang akan dihitung ketika audiens telah menonton anda setidaknya selama 30 detik.
View Rate
View rates adalah jumlah penayangan atas campaign yang anda jalankan lengkap dengan berapa kali campaign tersebut ditayangkan.
Click Through Rates (CTR)
Click through rates dapat anda perhatikan jika anda ingin melihat jumlah klik yang iklan anda hasilkan dari para audiens.
Engagement Rates
Engagement rates akan menampilkan jumlah engagement pada iklan anda baik meliputi klik, komen, dan unsur penting lainnya.
Gunakan Remarketing Ads
Jika performa iklan yang anda jalankan sedang berada para tren positif, anda bisa menggunakan metode remarketing ads guna menyasar target yang sama yang sudah terbukti winning.
Sehingga selain anda akan menargetkan audiens yang pernah berinteraksi dengan anda, juga dapat memperluas audiens yang sebelumnya belum tercover dengan baik guna goals yang optimal.
Kembangkan Targeting Youtube Ads
Kelebihan digital marketing dengan pemasaran konvensional yakni dapat menargetkan audiens yang tertarik dengan produk atau jasa dari bisnis anda sehingga lebih terarah dan terukur untuk dilakukan.
Adapun anda bisa melakukan targeting meliputi usia, jenis kelamin, lokasi, penghasilan, hobi, sampai dengan demografi tertentu. Dengan targeting yang tepat, sehingga anda tidak perlu membuat uang, tenaga dan waktu hanya sekedar untuk coba-coba yang pastinya merugikan.Nah itu tadi merupakan beberapa tips yang bisa anda lakukan guna hasil iklan yang lebih optimal. Cara Optimasi Youtube Ads wajib anda kuasai sebagai seorang advertiser ataupun sebagai owner sebuah bisnis demi terciptanya goals campaign yang positif.