Bingung kenapa iklan Google Ads kurang optimal? Bisa jadi masalahnya karena Quality Score situs Anda jelek. Maka dari itu, diartikel ini akan mengulas mulai dari ciri Quality Score yang baik hingga bagaimana cara meningkatkannya. Jadi, simak terus artikel ini!

Google Ads menjadi media promosi digital yang paling banyak digunakan. Karena banyaknya pengguna dari media promosi ini, tentunya membuat setiap iklan harus bersaing menjadi yang pertama di page Google, salah satu faktornya dari Quality Score yang baik. 

Apa Itu Quality Score?

Quality Score adalah skor yang diberikan oleh Google Ads untuk menilai kualitas dan relevansi iklan, landing page, dan kata kunci yang digunakan dalam kampanye iklan. Skor ini dapat berpengaruh pada posisi iklan dan biaya per klik (CPC) yang dikenakan. 

Semakin tinggi skor kualitas, semakin baik posisi iklan dan semakin rendah CPC yang dikenakan, sehingga membantu memaksimalkan hasil kampanye. Untuk melihat kualitas skor, Anda perlu masuk ke pilih Kata Kunci > Klik ikon kolom garis tiga di atas kana tabel > buka bagian Quality Score

Skor ini di ukur pada skala 1-10 dan tersedia di tingkat kata kunci. Skor dengan kualitas yang tinggi berarti iklan dan juga halaman landing page Anda relevan serta berguna bagi audiens yang menelusuri kata kunci Anda, dibanding dengan iklan kompetitor lain.

Nah, hal ini juga biasanya dilakukan oleh beberapa penyedia Jasa Iklan Google karena memang mampu meningkatkan performa iklan dan penjualan dengan cepat. Bagaimana tertarik untuk meningkatkan Quality Score iklan dan landing page Anda? Simak terus!

Quality Score Google Ads

Fungsi Penting Quality Score

Sebelum masuk ke inti pembahasan apa saja ciri Quality Score yang bagus, pahami dahulu apa saja fungsi dari kualitas skor iklan Anda. Penasaran apa saja fungsi atau manfaatnya? Berikut kami sajikan ulasannya.

Mengontrol Biaya Per Klik (CPC)

Quality Score mempengaruhi biaya per klik yang dikenakan pada setiap klik pada iklan. Semakin tinggi skor kualitas, semakin rendah biaya per klik yang dikenakan. Tentunya hal ini dapat menghemat pengeluaran Anda dalam beriklan.

Meningkatkan Posisi Iklan

Manfaat selanjutnya ketika kualitas skor iklan Anda baik adalah mampu meningkatkan posisi iklan. Quality Score juga mempengaruhi posisi iklan pada halaman hasil pencarian Google. Iklan dengan skor kualitas yang lebih tinggi biasanya akan muncul pada posisi yang lebih tinggi.

Meningkatkan Relevansi Iklan

Quality Score juga dapat memastikan bahwa iklan yang ditampilkan relevan dan sesuai dengan pencarian pengguna, membantu meningkatkan tingkat klik dan konversi. Tentunya, tingkat konversi yang tinggi berpengaruh terhadap keberhasilan campaign yang Anda buat.

Meningkatkan Efisiensi Anggaran Iklan

Dengan memastikan bahwa iklan Anda memiliki skor kualitas yang tinggi, Anda dapat memaksimalkan efisiensi anggaran iklan dan mencapai hasil yang lebih baik dengan biaya yang lebih rendah. Anggaran iklan tidak akan membengkak dan tentu lebih hemat.

Menunjukkan Prestasi Kampanye Iklan

Quality Score juga bisa digunakan sebagai indikator prestasi kampanye iklan secara keseluruhan dan membantu menentukan area yang perlu ditingkatkan. Bagaimana tertarik untuk meningkatkan kualitas skor iklan Anda?

Sebenarnya keberhasilan iklan juga tidak tergantung dari kualitas skor saja, hal yang perlu Anda perhatikan juga yaitu iklan yang mengandung CTA. Nah, untuk meningkatkannya Anda bisa membaca Tips Buat CTA untuk Google Ads di situs ini. 

Berbagai Ciri Quality Score yang Bagus dan Cara Meningkatkan

Quality Score Google Ads

Ada beberapa ciri kualitas skor yang bagus atau indikator pembentuk untuk meningkatkan kualitas skor yang baik. Jika indikator pembentuk ini dioptimasi satu persatu maka mampu meningkatkan kualitas skor dari iklan yang Anda buat. 

Click Through Rate (CTR)

Ciri pertama yaitu CTR iklan Anda bagus maka kualitas skor juga bagus. Namun, apa itu CTR? Jadi, CTR merupakan rasio perbandingan antara orang yang melihat iklan Anda dengan orang yang mengklik iklan yang Anda buat.

CTR ini memiliki fungsi juga untuk mengukur seberapa menarik iklan yang Anda buat. Semakin bagus CTR maka semakin baik iklan yang dibuat, begitu juga sebaliknya jika CTR jelek maka iklan yang Anda buat perlu segera diperbaiki.

Ad Relevance

Indikator selanjutnya adalah Ad Relevance atau relevansi iklan yang Anda buat. Ketika iklan yang Anda buat relevan dengan apa yang audiens perlukan, maka kualitas skor campaign yang Anda buat maksimal. 

Jika Anda menggunakan Google Search Network (GSN) maka relevansi keyword yang digunakan sangat penting. Jadi, ketika Anda akan memasang iklan gunakanlah keyword atau kata kunci yang relevan dan gunakan beberapa ekstensi iklan tambahan seperti Sitelinks dalam Google Ads atau lainnya.

Landing Page Relevan dan Orisinalitas Baik

Ciri selanjutnya nilai kualitas skor Anda baik adalah memiliki Landing Page yang relevan dan juga memiliki orisinalitas. Jadi, buatlah landing page yang sesuai dengan keyword yang ditargetkan. 

Selain dari segi relevansi, orisinalitas juga menjadi indikator selanjutnya dalam peningkatan kualitas skor situs Anda. Jadi buatlah konten pada landing page yang unik atau menyalin konten dari situs orang lain ke situs Anda.

Selain itu, perhatikan juga transparansi dan navigable pada situs landing page Anda agar kualitas skor pada situs meningkat. Siapa yang tidak mau memiliki kualitas skor Google Ads yang baik dengan berbagai manfaat bisa didapatkan. Nah, itu tadi ulasan lengkap mulai dari apa itu Quality Score hingga bagaimana berbagai ciri Quality Score yang bagus serta bagaimana cara untuk meningkatkannya. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan mampu membantu Anda menyukseskan campaign yang sedang dilakukan. (banyumedia.co.id).