Bagi pakar SEO terpercaya di Indonesia, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah citation flow dan trust flow. Jika Anda baru saja terjun ke dunia SEO atau sebelumnya menggunakan Jasa SEO maupun Jasa Backlink, mari kita pelajari mengenai dua istilah tersebut. Kira – kira apa kegunaannya dan berdampak apa untuk SEO atau backlink? Yuk simak penjelasannya.

Pengertian Citation Flow dan Trust Flow

Pengertian Citation Flow

Citation Flow atau kerap disingkat menjadi CF merupakan metrik dari Majestic yang mana memperkirakan seberapa “dampak” yang diberikan sebuah link pada website dengan mempertimbangkan jumlah backlink yang mengarah pada link halaman tersebut. Metrik yang satu ini tidak memperdulikan seberapa kualitas backlink yang diberikan, jadi semakin banyak domain yang dimiliki maka semakin baik nilainya karena akan dianggap memiliki dampak yang baik.

Namun, perlu digaris bawahi jika trust flow yang meningkat dapat dipastikan citation flow juga akan meningkat namun tidak berlaku sebaliknya, jika citation flow meningkat, belum tentu trust flow dari sebuah situs meningkat. Selain itu, tidak ada aturan bahwa CF akan sama nilainya dengan trust flow atau TF.

Contoh mudah situs yang memiliki nilai CF tinggi adalah situs konten dewasa. Situs konten dewasa jelas memiliki banyak backlink namun backlink tersebut bukanlah backlink yang berkualitas. 

Citation Flow dan Trust Flow

Pengertian Trust Flow

Trust flow atau sering disingkat menjadi TF adalah yang memutuskan seberapa “terpercaya” kah backlink – backlink yang ada pada sebuah situs atau kepada sebuah halaman. Metrik yang masih milik Majestic ini berdasarkan kualitas backlink yang dimilikinya. Jadi, jika situs tersebut memiliki backlink dari situs – situs yang memiliki otoritas yang tinggi maka sudah barang tentu memiliki nilai TF yang tinggi. 

Namun, menurut pengelihatan beberapa orang, umumnya sebuah situs memiliki TF yang jauh lebih kecil dari pada CF. Mengapa bisa demikian? Karena sebuah website bisa saja memiliki backlink dari 1000 domain, namun bagaimana dengan kualitas yang dimilikinya? Tidak ada yang tahu bukan? 

Fakta selanjutnya dari trust flow adalah adanya hubungan antara trust flow dengan traffic sebuah website. Loh mengapa demikian? Secara sederhana, jika website memiliki TF yang tinggi maka sudah pasti website tersebut memiliki “nilai” yang high authority backlink dengan jumlah yang mumpuni pula. 

High authority ini juga yang akan meningkatan ranking dalam mesin pencari sehingga traffic kian hari kian meningkat Nah, jadi dapat disimpulkan jika situs Anda memiliki nilai TF yang tinggi maka bisa dipastikan bahwa situs yang Anda miliki adalah situs yang memiliki kualitas yang tidak kaleng – kaleng.

Rasio Citation Flow dan Trust Flow

Rasio dari kedua metrik milik MajesticSEO ini memiliki peranan yang penting untuk mengetahui berapa kemungkinan sebuah situs bisa dipercaya. Jika sebuah situs memiliki CF sebanyak 40 dan TF sebanyak 20 maka rasionya adalah 2:1 atau 0,5. Dimana, rasio yang paling mungkin terjadi adalah 0,9. Namun, jelas saja Google adalah pengecualian. Google memiliki rasio 98:99.

Memiliki rasio 1 tentu sangat diinginkan oleh oleh semua orang. Rata rata rasio untuk CF adalah 0,50. Dimana semakin banyak otoritas dan situs yang dapat dipercaya maka rasionya semakin tinggi.

Cara Mengecek TF dan CF Website

Citation Flow And Trust Flow

Untuk melakukan cek TF dan CF sebuah situs, Anda bisa menuju situs resmi dari Majestic. Masukan domain dan click search. Sebenarnya layanan ini bisa digunakan secara gratis namun Majestic membatasi jumlah cek per harinya. Jika Anda membutuhkan dalam jumlah yang banyak maka harus membayar sejumlah uang untuk berlangganan. Anda mungkin saja untuk menginstall Majestic SEO untuk ekstensi Chrome ataupun Firefox. Ini akan mempermudah Anda untuk melihat metrik ini dari berbagai situs.

Cara Meningkatkan Metrik dari Majestic

  1. Meningkatkan trust flow atau TF jauh lebih penting. Untuk menjaga rasio agar tetap sehat maka TF harus jauh lebih tinggi dari pada CF. Secara tidak langsung berarti backlink haruslah berkualitas yang diunggulkan dari pada kuantitasnya.
  2. Anda harus tahu jika 1000 backlink vs 1 backlink otoritas maka satu backlink yang berasal dari situs yang memiliki nilai otoritas yang tinggi menjadi pemenangnya.
  3. Guest Posting masih bisa dipakai untuk mendapatkan backlink dengan nilai otoritas yang bagus. Namun, jangan semua backlink Anda berasal dari guest post. Anda juga harus tetap melakukan backlink white hat yang lainnya.
  4. Anda harus menyesuaikan sumber backlink Anda dengan niche website Anda dikarenakan Majestic juga mempertimbangkan topical trust scores.
  5. Internal link yang baik juga akan meningkatkan CF dan TF situs Anda
  6. Domain .edu dan .gov menjadi sumber backlink otoritas yang baik. Namun, sebelum Anda melakukan backlink perhatikan juga TF dari situs tersebut.
  7. Backlink nofollow juga bisa mempengaruhi CF namun tidak dengan TF dalam sebuah situs.

Nah itulah pembahasan mengenai Citation Flow dan Trust Flow metrik dari Majestic SEO untuk sebuah situs. Anda bisa menggunakan kedua metrik ini agar mampu memprediksi apakah sebuah situs memiliki “predikat” baik ataupun tidak.