Majestic SEO sering dikategorikan sebagai tools SEO yang sudah lengkap seperti halnya tools MOZ Pro, SEMrush, Ahrefs dan yang lainnya. Umumnya, Majestic SEO digunakan sebagai tools untuk mengetahui atau mengecek backlink. Tapi, benarkah itu saja? Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai tools ini ketahui apa saja fitur Majestic SEO.
Apa itu Majestic SEO?
Majestic SEO merupakan sebuah perusahaan yang memiliki tools terbesar bahkan dalam skala dunia yang memiliki kemampuan untuk penganalisaan serta memberikan laporan dalam bentuk database tentang sebuah situs. Laporan atau data yang dihasilkan umumnya berupa laporan backlink (internal link dan eksternal link) top backlink, referring domains, dan data – data penting lainnya terkait situs. Tak hanya itu saja, Majestic SEO juga mampu memperkirakan posisi suatu halaman pada pencarian Google SERPs.
Majestic SEO dapat dimanfaat secara gratis. Namun, jelas saja ketika Anda memanfaatkan fitur Majestic secara gratis, Anda tidak akan mendapatkan data selengkap saat Anda berlangganan tools yang satu ini. Majestic SEO juga memiliki manfaat yang banyak. Beberapa manfaat Majestic SEO yang bisa Anda rasakan beberapa diantaranya adalah :
Manfaat Menggunakan Majestic SEO
- Database dari index backlink tahun 2011 dan seterusnya
- Sistem crawler yang dimiliki termasuk sistem crawler yang terbesar sehingga memungkinkan Anda untuk “mengetahui” data – data backlink lebih jauh lagi
- Data yang diterima termasuk citation flow (dampak jumlah backlink) dan trust flow (angka seberapa terpercaya backlink tersebut)
- Bisa membangun link dan backlink dengan “mengintip” backlink miliki orang lain
- Bisa membandingkan antara backlink yang satu dengan backlink yang lainnya
- Terdapat ekstensi Majestic SEO untuk Google Chrome atau Firefox
Ini baru sebagian kecil manfaat yang bisa diberikan ketika Anda menggunakan tools Majestic SEO. Nah untuk lebih lengkapnya lagi, mari kita ke pokok pembicaraan kita pada kesempatan kali ini yakni fitur andalan yang dimiliki oleh tools Majestic.
Fitur Andalan Majestic SEO
Site Explorer Summary
Seperti namanya, di dalam fitur yang satu ini, Anda akan mendapatkan ringkasan mengenai situs yang sedang dianalisa. Data – data yang dapat dilihat beberapa diantaranya adalah trust flow, citation flow, topical trust flow, external backlink, referring domain, referring IP Address, crawled URL, indexed URL, dan data – data penting yang lainnya.
Pada bagian ini, Anda juga bisa mengubah “subdomain”, “path” atau “URL” pada bagian samping search bar untuk mengetahui data – data yang lebih detail daripada data yang diperoleh dari overview tadi.
Topics Report
Pada fitur ini, Majestic memberi data mengenai topik apa saja yang digunakan dalam situs web. Yang menarik dari fitur yang satu ini adalah Majestic tidak menentukan topik situs Anda berdasarkan konten – konten yang Anda publish dalam website Anda melainkan menganalisa dari sumber backlink yang situs tersebut terima. Ini termasuk ke dalam fitur yang tidak dimiliki oleh fitur cek backlink yang lainnya.
Referring Domain
Fitur yang satu mungkin terdapat juga di tools cek backlink yang lainnya. Sederhananya, di dalam fitur yang satu ini Anda akan mengetahui daftar domain yang tertaut pada situs website Anda. Anda bisa melihat data referring domain dengan mengurutkan berdasarkan trust flow, citation flow, top level domain dan filter – filter yang lainnya. Jika Anda klik nomor di bawah “backlink” Anda akan melihat halaman yang menaut ke dalam situs yang sedang dianalisa.
Backlink Report
Hampir sama dengan tools backlink MOZ, dan Ahrefs, Pada dasarnya, pada fitur Majestic SEO yang satu ini adalah rincian profil backlink pada suatu situs yang sedang dianalisa. Hampir mirip pada fitur sebelumnya, pada backlink report, Anda juga bisa melakukan filter. Misalkan saja, Anda bisa mengurutkan backlink dari tinggi rendahnya trust flow. Atau bisa juga diurutkan berdasarkan backlink yang telah dihapus sehingga Anda mendapatkan gambaran tentang riwayat backlink dari sebuah situs.
Dan seperti kebanyakan SEO tools yang lainnya, Anda bisa juga untuk mendownload report ini ke dalam bentuk CSV, Excel atau bisa juga dalam bentuk Spreadsheet. Dengan demikian, Anda jadi bisa menganalisa lebih dalam mengenai backlink ini.
Context Report
Pada fitur ini, mungkin agak sedikit membingungkan dan butuh pemahaman yang lebih untuk mengetahui lebih dalam. Namun di dalam fitur yang satu ini, Anda bisa mengetahui apakah tautan tersebut adalah tautan baru atau lama, apakah link tersebut adalah link dofollow atau nofollow, berapa banyak eksternal link. Mungkin jika Anda adalah orang yang baru menggunakan tools yang satu ini, Anda akan kesulitan untuk memahami grafik “Link Density Chart”
Tapi setelah dipahami lagi, bisa Anda lihat jika grafik terdapat pada bagian atas maka itu artinya banyak backlink yang tertanam di atas, begitu pula ketika banyak grafik yang ada di bawah atau samping.
New Anda Lost Links
Seperti namanya, fitur Majestic SEO yang satu ini berguna untuk mengetahui daftar backlink terbaru serta daftar backlink yang “hilang” dari sebuah situs. Dengan menggunakan link ini untuk menganalisa website Anda sendiri, Anda jadi tahu backlink mana yang hilang serta Anda bisa menggantinya dengan yang baru.
Anchor Text
Pada fitur ini Anda, dapat melihat anchor text yang paling umum atau paling banyak digunakan oleh pemilik situs atau orang lain dalam menautkan domain atau halaman tertentu. Lagi – lagi, Anda juga bisa menemukan pada tools backlink yang lainnya. Namun di Majestic SEO, Anda bisa melihat anchor text yang paling banyak digunakan. Majestic juga menyediakan grafik tentang breakdown anchor text ini sehingga Anda makin dipermudah lagi.
Pages Report
Fitur ini akan melaporkan halaman situs web dengan backlink yang paling banyak. Jika Anda menggunakan Ahrefs, hal ini disebut dengan “best by links”, dan di SEMrush mereka menyebutnya dengan “indexed pages”. Ketiga tools ini memiliki persamaan pada bagian ini. Melalui fitur yang satu ini Anda bisa dengan cepat melihat halaman mana yang memiliki backlink paling banyak, referring domain serta link authority secara keseluruhan.
Related Sites
Seperti namanya, fitur ini berisikan daftar situs yang terkait dengan situs yang sedang dianalisa. Related sites ini benar – benar akurat. Bahkan menurut sebuah post di backlinko.com penulis post tersebut menyebutkan jika hasil related sites yang mereka analisa memiliki hasil yang benar – benar akurat.
Compare Domain
Melalui fitur yang satu ini, Anda mampu membandingkan antara domain yang satu dengan domain yang lainnya. Tidak hanya bisa membandingkan satu domain saja, fitur ini bisa juga melakukan perbandingan beberapa domain sekaligus. Anda mungkin juga menemukan fitur yang satu ini di dalam fitur yang lainnya. Jika Anda menggunakan fitur ini dengan sebaik mungkin maka Anda bisa menemukan strategi terbaik untuk “mengalahkan” kompetitor karena sudah mengetahui kelebihan dan kelemahan dari kompetitor dan situs milik sendiri.
Keyword Checker
Melalui fitur ini, Majestic ingin memperkirakan search volume kata kunci berdasarkan seberapa sering istilah tersebut muncul di suatu halaman. Namun umumnya, para digital marketer tidak menggunakan tools yang satu ini karena masih ada tools riset kata kunci yang lainnya yang jauh lebih populer.
Nah itulah fitur Majestic SEO yang wajib Anda ketahui. Secara garis besar, fitur yang dimiliki oleh Majestic memang digunakan untuk menganalisa backlink guna menemukan backlink yang terbaik. Namun, jika Anda enggan untuk menganalisa sendiri untuk menemukan backlink terbaik, Anda bisa menggunakan Jasa Backlink.