Destination URL Google Ads menjadi salah satu faktor penentu dari keberhasilan Anda dapat beriklan. Pasalnya rujukan URL ini memiliki banyak manfaat yang membantu dalam meningkatkan konversi iklan Anda, apa saja? Simak artikel ini hingga selesai!
Beriklan secara online menjadi pilihan utama bagi para pebisnis di era serba digital seperti sekarang. Google Ads menjadi salah satu media promosi yang banyak digunakan saat ini. Google Ads menawarkan iklan yang dibutuhkan audiens dan arahkan ke destination URL situs Anda.
Apa Itu Destination URL di Google Ads?
Destination URL adalah alamat URL tujuan yang akan dikunjungi oleh pengguna setelah mengklik iklan Google Ads. Ini merupakan lokasi akhir di mana pengguna akan dibawa setelah mengklik iklan Anda.
Destination URL harus merupakan halaman web yang relevan dan berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan dalam iklan Google Ads Anda. Dari tadi terus muncul kata-kata URL, tetapi apakah Anda tahu apa itu URL sendiri?
Jadi, URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator dan merupakan sebuah alamat web yang digunakan untuk menunjukkan lokasi suatu halaman web atau sumber daya lainnya di internet. URL mengandung informasi tentang protokol, domain, dan direktori halaman.
Lanjut lagi ke Destination URL, jadi Destination URL ini merupakan faktor penting keberhasilan dari iklan Anda. Tanpa adanya URL rujukan ini tentunya iklan yang Anda buat akan sia-sia karena audiens tidak masuk ke situs Anda.
Nah, Destination URL sendiri menjadi perhatian dari Jasa Iklan Google agar iklan yang dibuat dapat dikonversi jadi pelanggan yang membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda menerapkan Destination URL yang benar, apa saja? Simak terus artikel ini!
Manfaat dari Destination URL Google Ads
Destination URL sendiri termasuk ke dalam bagian susunan iklan Google Ads. Bagaimana Susunan Iklan Google Ads? Susunan iklan Google Ads sendiri terdiri dari judul, URL, Deskripsi dan lain-lain. Destination URL sendiri menjadi hal yang penting karena memberikan berbagai manfaat berikut.
1. Membantu Pengukuran Kinerja
Manfaat pertama dari Destination URL Google Ads yaitu memungkinkan Anda untuk melacak dan menganalisis tingkat konversi dan kinerja iklan Anda melalui alat analitik seperti Google Analytics.
2. Mengoptimalkan Pengalaman Pengguna
Manfaat selanjutnya, dari Destination URL yaitu memastikan bahwa pengguna yang mengklik iklan Anda akan dibawa ke halaman web yang relevan dan berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.
3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis
Destination URL yang baik dan relevan membantu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dan memastikan bahwa iklan Anda terlihat profesional dan menarik bagi pengguna. Tingkat konversi iklan pun tentu akan meningkat.
4. Meningkatkan Tingkat Konversi
Destination URL yang relevan dan efektif dapat membantu meningkatkan tingkat konversi dengan memastikan bahwa pengguna yang mengklik iklan Anda akan dibawa ke halaman web yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
5. Memastikan Kualitas Iklan
Destination URL yang benar dapat memastikan bahwa iklan Anda memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh Google dan membantu menjaga integritas program iklan Google. Bukan tidak mungkin, kualitas skor iklan Anda akan meningkatkan dan iklan pun masuk ke halaman utama.
Cara Mengatur Destination URL di Iklan Google Ads
Setelah mengetahui apa itu Destination URL serta apa saja manfaatnya, maka selanjutnya ketahui bagaimana cara mengatur rujukan URL pada iklan Anda. Berikut langkah-langkah untuk mengaturnya.
- Masuk ke akun Google Ads Anda.
- Pilih kampanye atau iklan yang ingin Anda ubah URL tujuannya.
- Klik pada iklan yang ingin Anda ubah URL tujuannya.
- Klik tombol “Edit” pada bagian “URL tujuan”.
- Masukkan URL tujuan baru yang Anda inginkan di kolom “URL tujuan”.
- Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan.
- Pastikan bahwa Destination URL Google Ads tujuan baru Anda valid dan memenuhi standar kualitas Google Ads.
- Jika Anda ingin memastikan bahwa URL tujuan Anda berfungsi dengan baik, gunakan “Tester URL” untuk memeriksa URL Anda sebelum mengirimkan iklan Anda untuk diverifikasi.
- Setelah Anda yakin bahwa URL tujuan Anda berfungsi dengan baik, kirim iklan Anda untuk diverifikasi dan mulai mempromosikan produk atau layanan Anda melalui iklan Google Ads.
Lakukan Juga Optimasi Landing Page
Akan sangat percuma jika Anda telah mengatur Destination URL akan tetapi tidak melakukan optimasi Landing Page. Padahal, landing page ini menjadi langkah selanjutnya agar audiens dapat melakukan aksi untuk menghubungi Anda. Maka dari itu ikuti tips singkat Optimasi Landing Page untuk Google Ads berikut ini.
- Relevansi: Pastikan bahwa landing page Anda relevan dengan iklan dan kata kunci yang Anda gunakan.
- Kecepatan Loading: Halaman yang memuat lambat akan membuat pengguna meninggalkan situs Anda.
- Desain Situs: Landing page Anda harus memiliki desain yang menarik dan profesional agar situs terlihat terpercaya.
- Fokus Pada Call to Action: Pastikan bahwa landing page Anda memiliki Call to Action untuk tindakan yang jelas dan mencolok
- Tingkatkan Kepercayaan: Tambahkan elemen seperti testimoni pelanggan, simbol keamanan, dan informasi kontak untuk membantu meningkatkan tingkat kepercayaan.
- Buat Konten Berkualitas: Landing page Anda harus memiliki konten yang berkualitas, informatif, dan relevan.
Nah, itu tadi ulasan lengkap terkait Destination URL Google Ads hingga melakukan optimasi Landing Page agar tingkat konversi iklan lebih tinggi. Akhir kata, semoga artikel ini dapat membantu Anda meraih hasil maksimal ketika beriklan menggunakan Google Ads.