Selain Moz, umumnya pakar SEO terpercaya Indonesia atau bahkan luar dunia juga menggunakan tools yang lainnya contohnya saja Ahrefs. Ya, Ahrefs menjadi salah satu tools yang paling banyak digunakan untuk keperluan optimasi SEO karena fitur Ahrefs sangat lengkap dan benar – benar sangat membantu praktisi SEO untuk mengoptimalkan websitenya hingga berada di halaman satu Google.
Ahrefs itu Apa?
Seperti yang telah disinggung di atas, Ahrefs merupakan tools yang dapat digunakan untuk menganalisa performa SEO. Hal yang bisa dianalisa beberapa diantaranya adalah traffic, kata kunci, backlink, pencarian konten dan yang lainnya. Tak hanya berfungsi untuk menganalisa situs milik pribadi, Ahrefs juga bisa digunakan untuk menganalisa situs milik kompetitor.
Lalu apakah Ahrefs ini gratis? Ahrefs bisa Anda akses secara gratis dan bisa juga diakses secara premium. Bedanya, jika Anda mengaksesnya secara gratis, beberapa tools unggulannya tidak bisa diakses.
Berapa Langganan Ahrefs?
Ahrefs sendiri memiliki beberapa pilihan paket langganan. Beberapa paket tersebut yakni yang pertama ada paket Lite. Paket ini dibandrol dengan harga $99 per bulan atau setara dengan 1.370.000. Paket yang ke dua ada paket Standar dengan harga sekitar $179 atau jika dirupiahkan setara dengan 2.480.000. Lalu paket yang ke tiga ada Advance dengan biaya langganan sekitar $399 (Rp. 5.540.000) dan yang terakhir ada $999 atau sekitar 13.880.000 rupiah. Itungan ini semuanya per bulan.
Mungkin jika dilihat dari nominal harganya, bagi sebagian orang memang tergolong mahal. Namun hal ini sekitarnya sebanding dengan fitur – fitur yang bisa dimanfaatkan.Fitur tersebut beberapa diantaranya adalah :
Fitur Ahrefs
Site Explorer
Site Explorer adalah fitur utama yang menjadi unggulan dari tools Ahrefs. Fungsi utama fitur ini adalah digunakan untuk mengecek backlink website melalui suatu URL. Tak hanya itu saja, fungsi yang lainnya juga bisa digunakan untuk mengetahui berapa banyak halaman yang sudah dicrawl oleh search engine serta keyword yang paling menguntungkan bagi situs Anda.
Beberapa fungsi yang lainnya adalah riset organic traffic, riset backlink sendiri maupun kompetitor, riset paid keyword, riset pages, riset outgoing links dan yang lainnya. Fitur Ahrefs yang satu memang menjadi andalan karena suatu website akan terasa “ditelanjangi” jika dicek dengan fitur yang satu ini.
Keyword Explorer
Dengan menggunakan fitur yang satu ini, Anda bisa menemukan banyak ide yang dapat Anda pakai untuk mendapatkan keyword – keyword untuk berbagai kebutuhan. Keyword Explorer pada Ahrefs bisa digunakan sebagai tools riset kata kunci. Selain itu, Anda juga bisa menganalisa difficulty untuk menemukan potensi dan mendapatkan kunjungan dari pengguna. Fitur ini juga memiliki banyak kelebihan. Kelebihan menggunakan fitur yang satu ini beberapa diantaranya adalah adanya keyword suggestions, support hingga 171 negara, volume penelusuran yang akurat, clicks matriks, SERPs Overview & Positions History serta data yang didapatkan tidak hanya dari Google saja melainkan berasal dari berbagai mesin pencari.
Content Explorer
Fitur Ahrefs yang selanjutnya adalah content explorer. Fitur yang satu ini memudahkan Anda untuk mencari tahu konten yang sering dibagikan orang mengenai topik tertentu di internet. Ketika Anda mencari konten tertentu di fitur yang satu ini, Anda akan disuguhkan dengan konten – konten yang paling populer. Popular disini dimaksudkan dari sebanyak konten dibagikan melalui sosial media, traffic organik, serta seberapa banyak situs menggunakan postingan tersebut sebagai referensi.
Rank Tracking
Fitur Ahrefs yang selanjutnya ada fitur rank tracking. Fitur yang satu ini mampu memperlihatkan rangking sebuah situs baik itu rangking di desktop ataupun mobile di lokasi yang bisa dipilih. Anda bisa mendapatkan laporan harian, mingguan atau bahkan bulanan. Dengan adanya fitur yang satu ini Anda bisa mudah untuk memantau performa situs serta mengatur strategi agar berada di halaman satu Google selanjutnya.
Backlink Data
Live backlink index milik Ahrefs adalah salah satu yang terbesar di dunia. Kurang lebih 54 miliar halaman website sudah di crawl, dan setiap 15 menit index tersebut akan diperbaharui dengan data – data yang paling update. Untuk mengeceknya, cukup masukkan website saja dan holla, hasilnya bisa Anda bisa diketahui.
Site Audit
SEO tentu tidak bisa mulus terus. Tentu ada trial dan errornya. Untuk itu, Ahrefs menyediakan fitur “site audit” yang mana berguna untuk mengetahui sesuatu yang menjadi permasalahan apa saja yang berkaitan dengan status kesalahan SEO di situsmu. Tak perlu mengcek berkali – kali. Tak perlu cek terus menerus, site audit akan menginformasikannya untuk Anda.
Nah itulah fitur Ahrefs yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui fitur ini, semoga Anda jadi lebih bisa mengembangkan website Anda hingga jadi lebih maju lagi.