Sebagai perusahaan besar yang bisa membantu para pengusaha untuk memasang iklan di seluruh dunia, Google pastinya akan selalu melakukan perkembangan fitur setiap beberapa periode sekali. Fitur-fitur ini akan mengikuti beberapa hal, seperti misalnya pergeseran customer behavior atau perilaku pelanggan, terjadinya inflasi, gangguan rantai pasokan barang, dan lain sebagainya. Untuk itulah, Anda juga harus terus mengikuti perkembangan Google Ads Update agar tidak ketinggalan informasi penting!

Di artikel kali ini, kami akan memberitahu Anda seputar Google Ads Update 2023. Tentunya perubahan-perubahan ini ada yang akan dinilai mengecewakan, dan ada pula perubahan yang tidak akan terdengar baik bagi sebagian dari Anda. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena pasti akan ada strategi-strategi yang terbaik untuk menyiasati perubahan-perubahan tersebut. Untuk itu, simak pembahasannya di bawah ini!

Google Ads Update 2023

Peningkatan Biaya per Lead

Dengan peningkatan biaya ini, anggaran yang harus Anda sediakan untuk beriklan menggunakan Google Ads pun juga akan turut meningkat. Berdasarkan artikel dari Wordstream, akan ada 91% industri yang mengalami peningkatan, dengan rincian Industri Seni dan Hiburan sebesar 134%, Wisata 69%, dan juga Furnitur sebesar 54%.

Google Ads Update 2023

Tidak Ada Lagi Jenis Iklan Expanded Text Ads (ETA)

Expanded text ads adalah iklan berbasis teks yang dilengkapi dengan headline dan juga URL. Akan tetapi, mulai dari Juni 2022, Anda tidak lagi bisa membuat format iklan teks untuk mengoptimalkan iklan Anda. Namun, Google kini mengaktifkan jenis iklan default terbaru yang disebut sebagai Responsive Search Ad (RSA), atau iklan pencarian responsif.

Format iklan berbasis aset ini didukung oleh machine-learning. Jadi, pastinya bisa memiliki potensi besar untuk menyajikan lebih dari 40,000 variasi iklan yang unik dengan aset yang cukup banyak.

Fitur Voice Over Terbaru Untuk Iklan Berbentuk Video

Dengan pesatnya perkembangan TikTok dan fitur sunting video yang sangat mudah untuk diakses, Google pun terlihat tidak mau kalah. Oleh karena itu, mereka memperkenalkan fitur terbaru untuk menayangkan konten iklan video. Kini, Anda bisa menambahkan voice over untuk iklan video YouTube Anda tanpa harus menggunakan aplikasi atau software video lain.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Google, voice over dalam sebuah iklan dapat meningkatkatkan iklan sebesar 25%. Dengan begitu, biaya per user akan turun sebesar 50%. Dengan fitur baru ini, Anda bahkan bisa memilih delapan suara berbeda, yang terdiri dari empat suara laki-laki dan empat suara perempuan. Anda bahkan bisa mengedit script, video, dan suara langsung di Google Ads. Jadi, tidak perlu repot-repot download software lain!

Google Ads Update

Nah, itulah tadi beberapa perubahan yang dilakukan oleh Google pada tahun ini. Pastikan Anda terus mengikuti perkembangan tips terbaru Google Ads agar tidak ketinggalan informasi, ya! Jadi, Anda bisa terus memasang iklan secara efektif dan efisien, sehingga usaha Anda pun bisa berkembang pesat dengan bantuan Google Ads.

Jika Anda tidak ada waktu ataupun belum mengerti seputar pemasangan iklan, Anda bisa menggunakan layanan Google Ads Jakarta. Jadi, Anda bisa tetap fokus mengembangkan bisnis Anda tanpa harus pusing memikirkan pemasangan iklan yang efektif.

Selain itu, jangan lupa juga tentukan location targeting Google Ads supaya orang-orang yang melihat iklan Anda bisa sesuai dengan sasaran Anda. Jika tidak, anggaran yang harus Anda keluarkan untuk memasang iklan melalui Google Ads bisa jadi membengkak, tapi tidak efektif menjangkau calon pembeli Anda. Pokoknya, kalau ingin bisnis Anda terus berkembang mengikuti permintaan pasar, pastikan Anda terus selalu mengikuti Google Ads Update yang terbaru, ya!