Dalam sebuah pemasangan ads, ada yang sebuah istilah yang disebut sebagai location targeting iklan Google. Fitur ini dapat memungkinkan Anda untuk menargetkan orang berdasarkan lokasi keberadaan mereka, ataupun menarget orang yang tertarik dengan sebuah lokasi tertentu. Dengan begitu, Anda bisa menargetkan iklan kepada orang di seluruh dunia, dengan lokasi yang spesifik. Lalu, seberapa penting penggunaan location targeting dalam iklan Google?
Mengatur location targeting adalah hal yang sangat penting sebelum Anda meluncurkan sebuah iklan. Tanpa mengaktifkan fitur ini, iklan Anda bisa muncul di lokasi-lokasi yang bukan merupakan sasaran Anda. Kalau orang yang melihat iklan Anda merasa tidak relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka mereka tidak akan tertarik untuk mengklik iklan Anda. Tentunya, iklan Anda menjadi tidak akan maksimal dan biaya yang dikeluarkan pun akan menjadi lebih besar.
Dalam membuat sebuah iklan, sebaiknya Anda menargetkan lokasi yang tepat. Jadi, pastikan produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa menjangkau lokasi yang Anda tentukan. Setelah Anda memahami seberapa penting penggunaan location targeting dalam iklan Google, Anda bisa mulai mempelajari fitur ini.
Bagaimana Cara Untuk Setting Target Lokasi Google Ads?
Mudah kok! Pertama-tama, tentunya Anda harus membuat campaign baru, lalu klik bagian Ad Group. Di bagian ini, Anda bisa scroll ke bagian bawah dan masuk ke halaman More Settings. Nah, di halaman tersebutlah Anda bisa mulai setting target lokasi Google Ads. Anda bisa menggunakan tiga opsi untuk mengatur target lokasi yang telah disediakan oleh Google, yaitu:
All Countries and Regions
Seperti namanya, target lokasi yang satu ini sangatlah luas, yakni seluruh dunia. Jika bisnis Anda belum dapat menjangkau seluruh dunia, pastikan Anda tidak memilih opsi ini. Kalau tidak, biaya iklan Anda akan membengkak dan tidak sesuai target.
Indonesia
Kalau opsi yang satu ini, Anda akan menargetkan lokasi iklan untuk orang yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Sama seperti opsi yang sebelumnya, jangan sampai memilih lokasi yang kurang tepat kalau bisnis Anda belum bisa menjangkaunya.
Enter Another Location
Nah, Anda bisa memilih opsi ini untuk menentukan lokasi iklan yang Anda targetkan secara tepat. Dengan demikian, anggaran yang harus Anda keluarkan pun akan pas dan sesuai sasaran.
Setelah memilih opsi Enter Another Location, Anda dapat memasukkan nama lokasi yang Anda inginkan. Misalnya, Anda mengetik sebuah nama kota yang Ada di Indonesia. Kemudian, Google akan langsung menampilkan lokasi yang Anda ketik. Jika Anda sudah memilih sebuah lokasi, Anda akan melihat jumlah orang yang berada di lokasi itu.
Fitur Exclude pada Google Ads
Selain memilih lokasi, Anda juga bisa memakai fitur “Exclude”, yaitu mengecualikan daerah-daerah lain yang berada di lokasi Anda. Lalu, Anda juga bisa menargetkan lokasi yang berada di sekitar kota yang Anda pilih, dengan cara mengklik menu “Nearby”. Dengan menu yang satu ini, Anda juga akan menargetkan kota-kota lain yang berada di dekat lokasi pilihan Anda dengan jarak atau radius yang dapat Anda sesuaikan.
Jika Anda tidak yakin dengan opsi mana yang harus Anda pilih, Anda bisa menggunakan jasa iklan Google Jakarta. Hanya cukup dengan mengkonsultasikan konsep bisnis dan target market Anda dengan penyedia jasa, Anda bisa tinggal terima jadi iklan bisnis Anda. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi dalam hal mempertimbangkan lokasi yang tepat untuk mengiklankan usaha Anda.
Bagaimana? Mudah kan! Setelah paham seberapa penting penggunaan location targeting dalam iklan Google, Anda pastikan akan lebih detail dalam membuat iklan. Dengan demikian, iklan Anda pun akan efektif memasarkan bisnis Anda dengan anggaran yang tentunya sesuai, tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah. Maka, bisnis Anda pun bisa maju dan berkembang dengan lebih cepat. Pastikan Anda juga mengikuti perkembangan Google Ads Update agar bisa terus membuat iklan secara efektif.