Mungkin Anda pernah mendengar istilah tentang social signals, tapi pernahkah Anda mengetahui ternyata ada hubungan social signals dan juga SEO? Nah mari kita ketahui bersama sama apa hubungannya dan bagaimana cara kerja social signal sehingga mampu mendukung SEO.

Apa Itu Social Signals?

Social signals merupakan interaksi (biasanya berupa like, komen, share, dan yang lainnya) yang terima konten Anda di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest. Ketika berbicara mengenai pemasaran menggunakan sosial media, social signals merupakan sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan mereka. 

Mungkin beberapa pakar SEO terpercaya mengabaikan social signals karena mereka menganggap bahwa berfokus ke sosial signals bukan termasuk ke dalam sesuatu yang penting untuk tujuan SEO namun demikian lagi tidak mengatakan demikian. Mari Kita lihat fakta di bawah :

Social Signal dan SEO

Apakah Social Signals adalah Ranking Factor?

Pertama – tama, Google mengatakan bahwa social signals tidak berdampak langsung pada peringkat SEO dan bukan termasuk ke dalam ranking faktor. Beberapa tahun lalu, Matt Cutts dalam videonya menjelaskan bahwa Google menggunakan data dari media sosial dalam pemeringkatan. Namun, perlu digaris bawahi ini beberapa tahun silam. Mungkin cara ini untuk saat ini sudah tidak Google lakukan lagi.

Bing Menyukai Social Media Engagement

Like dan share sangat berdampak pada search engine Bing karena Bing menyukai social media engagement. Anda mungkin berpikir jika Bing tidak penting, namun tahukah Anda jika sekitar 24% penelusuran di internet mengandalkan Bing? Bing dapat mengirimkan sejumlah besar traffic ke situs Anda.

Google Memperhatikan Social Signals (Secara Tidak Langsung)

Social signals bisa berdampak pada SEO secara tidak langsung. Ya, ada sedikit hubungan social signals dan SEO. Semakin banyak konten yang Anda bagikan maka semakin banyak konten Anda dilihat dan dapat menyebabkan semakin banyak orang yang memberikan backlink pada situs Anda. Itu sangat berdampak pada SEO karena seperti yang kita ketahui sangat sulit untuk mendapatkan tautan organik akhir akhir ini.

Google Memiliki Partnership dengan Twitter

Google memasukkan Twitter pada hasil pencarian di SERPs merupakan bukti bahwa sosial signals memiliki hubungan dengan SEO. Search Engine Journal bahkan menyebutkan bahwa peningkatan social signals menunjukan authority domain yang baik dan menunjukkan nilai URL.

Cara Meningkatkan Social Signals

Social Signal dan SEO

Karena sudah tahu hubungan social signals dan SEO meskipun tidak langsung, lantas bagaimana cara untuk meningkatkan social signals? Nah Anda mungkin bisa melakukan beberapa cara – cara di bawah ini :

Link-kan Website Anda

Pastikan Anda menautkan link profil Anda di bagian profil akun sosial media. Meskipun tag yang dimiliki nofollow namun sangat mungkin sekali orang yang mengunjungi akun sosial media Anda untuk mengklik tautan tersebut. 

Gunakan Judul Clickbait

Buat judul yang clickbait. Suka atau tidak suka dengan jenis judul seperti ini, judul jenis ini memang terbukti mendatangkan banyak traffic. Namun, pastikan Anda mengikuti pengaturan dari setiap sosial media yang Anda posting dikarenakan terkadang memiliki panduan masing – masing dan tidak segan – segan untuk menurunkan postingan jika Anda terbukti melanggar.

Implementasikan Call To Actions

Social Signal dan SEO

Untuk mendorong adanya keterlibatan dengan user, Anda bisa menggunakan call to actions. Cukup minta user Anda untuk menyukai, comment, dan berbagi mampu meningkatkan keterlibatan secara signifikan. 

Gunakan Plugin Sharing Social Media

Hubungan social signals dan SEO yang selanjutnya bisa ditingkatkan dengan menggunakan plugin sosial media sharing. Dengan menambahkan plugin yang satu ini, Anda sama saja sedang mempermudah user untuk melakukan share ke sosial media mereka.

Nah inilah hubungan social signals dan SEO yang perlu Anda perhatikan. Semoga dengan adanya ulasan ini, Anda jadi aware tentang cara terbaru untuk mendapatkan traffic.