Tak hanya ada dalam iklan Google Ads, konversi juga ada dalam SEO. Tapi, disclaimer dulu. Konversi bukan termasuk ke dalam SEO. Konversi merupakan end of user journey di situs Anda. Tapi, ini bukanlah akhir karena user bisa kembali lagi dan memulai new journey. Nah pada kesempatan kali ini, mari kita bahas lebih lanjut mengenai konversi dalam SEO dan bagaimana cara untuk meningkatkannya.

Apa Itu Konversi?

Sebelum membahas lebih lanjut lagi, sebelumnya, apa itu konversi. Konversi sering dikaitkan dengan penjualan. Namun, di pemasaran online jika hanya mengaitkan konversi dengan penjualan itu terlalu sempit. Menurut MOZ, konversi adalah istilah umum untuk pengunjung yang menyelesaikan sasaran website. Goals dalam mengoptimasi website bisa datang dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Misalkan saja jika tujuan atau goals situs Anda adalah menjual produk maka konversinya adalah terjadinya pembelian. Namun, jika tujuan Anda membuat situs adalah menarik data sebanyak – banyaknya dari user misalnya, maka mengisi formulir adalah konversi. Jadi, konversi tidak hanya tentang penjualan saja. Contoh lain adalah klik sebagai konversi di Google Ads.

Konversi

Bagaimana dengan Conversion Rate dalam SEO?

Conversion rate adalah berapa kali pengguna menyelesaikan sasaran dibagi dengan lalu lintas situs. Kita ke contoh studi kasus. Jika ada 100 user yang mengunjungi situs Anda dan 10 diantaranya melakukan pembelian atau mengisi formulir maka conversion rate Anda adalah 10%. Anda dapat melihat conversion rate ini di Google Analytics. Conversion rate dalam SEO digunakan untuk memantau konversi dalam halaman website, tergantung halaman mana yang ingin Anda pantau. 

CRO, Apa Itu?

Setelah mengetahui dua istilah yang berkaitan dengan konversi dalam SEO di atas, mari kita cari tahu istilah lainnya yakni CRO. Apa itu CRO? CRO merupakan singkatan dari conversion rate optimization. CRO adalah proses mengoptimalkan jumlah konversi dari pada “mengejar” jumlah kunjungan semata. Ada banyak cara untuk melakukan optimasi CRO ini. Sebelum mengetahui caranya, ketahui dulu manfaatnya.

Konversi SEO

Manfaat CRO dalam SEO

Meningkatkan Customer Insight

CRO mampu membantu Anda untuk mengetahui lebih dalam mengenai audiens Anda dan menemukan “bahasa” yang tepat untuk menyampaikan apa yang mereka butuhkan. CRO membantu Anda untuk menemukan audiens yang tepat. Memperoleh audiens yang banyak tidak ada gunanya jika audiens tersebut tidak tepat.

ROI yang Lebih Baik

Memiliki conversion rate yang tinggi berarti membuka “jalan” pengunjung dalam menemukan situs Anda lebih lebar lagi. Karena semakin banyak jalan yang terbuka, maka ROI atau return on investment bisnis Anda akan terkumpul banyak dan bisnis Anda makin berkembang dari pada sebelumnya.

Conversion

Bisnis Makin Berkembang

Meskipun sangat mungkin sekali jika audiens Anda tidak bertambah, namun dengan CRO yang baik bisnis Anda bisa berkembang. Ini bukan sesuatu yang mustahil. Hal ini karena pelanggan bisa saja kembali lagi dan lagi untuk membeli produk Anda.

User Experience yang Baik

Google sangat mementingkan kepentingan dan kenyamanan user. Untuk itu, user experience termasuk ke dalam ranking factor Google. Semakin bagus user experience seorang user maka kemungkinan situs Anda juga akan memiliki peringkat yang baik. Tentu ini adalah sebuah benefit tersendiri bagi Anda.

Kepercayaan yang Meningkat

Agar seorang user mau untuk melakukan pembelian atau mengisi formulir dalam situs Anda, user harus percaya dulu dengan situs Anda. Makin banyak orang yang melakukan pembelian atau mengisi formulir tentu saja situs Anda makin terlihat profesional dan terpercaya.

Conversion Rate dalam SEO

Cara Meningkatkan Conversion Rate dalam SEO

Tambahkan Fitur Search dalam Situs Anda

Lebih dari 30% pengunjung situs akan menggunakan fitur search jika fitur tersebut tersedia di dalam situs Anda. Sayangnya, menurut data yang dikutip dari Ubersuggest, ada sebanyak 84% perusahaan yang tidak menggunakan fitur site search dalam situs mereka. Selain konversi dalam SEO yang meningkat, user experience juga akan meningkat.

Pastikan Formulir Mudah User Isi

Sebanyak 68% persen user tidak menyelesaikan pengisian formulirnya. Agar user mau menyelesaikan pengisian formulirnya, buatlah formulir yang mudah untuk diisi dan sesimple mungkin. Usahakan agar semua orang bisa dengan mudah melakukan pengisian formulir yang Anda pasang di dalam situs.

Perhatikan CTA 

Meskipun hanya kalimat sederhana disertai tombol (biasanya), CTA atau call to action sangat penting. Menurut studi yang dilakukan oleh Vye Agency, button CTA rata – rata menghasilkan konversi sekitar 5,31%, text CTA sekitar 2,06% dan design CTA 3,53%.

Konversi dalam SEO

Tambahkan Chat Box atau Live Chat

Bayangkan, jika Anda memiliki pertanyaan maka Anda ingin pertanyaan tersebut segera dijawab bukan? Itulah ide dasar pembuatan live chat. Salah satu berita baik penggunaan chat box atau live chat adalah ada sebanyak 87% customer yang merasa puas akibat adanya fitur yang satu ini. 

Pertimbangkan Lagi Penggunaan Pop Up

Pop up memiliki tingkat konversi rata rata 3%. Lumayan memang. Namun, hati – hati dalam penggunanya. Mengapa demikian? Hal ini karena di satu sisi memang mampu meningkatkan konversi dalam SEO meskipun sedikit. Namun, penggunaan pop up juga mampu memperbesar angka bounce rate bagi beberapa orang. Ini jelas sesuatu yang tidak diinginkan Anda ataupun praktisi SEO terpercaya di Indonesia lainnya.

Periksa Kecepatan Situs

Jika situs Anda memiliki loading yang lama, semua tips di atas tidak akan berguna. Mengapa demikian? Hal ini karena user sudah enggan untuk mengakses situs Anda terlebih dahulu. Nilai conversion rate akan turun sekitar 4,2% untuk setiap detik tambahan setiap situs Anda loading. Fakta yang lebih mengejutkan lagi, sekitar lebih dari 80% situs memiliki loading yang “tidak diterima” oleh user. Agar kesempatan Anda tidak terbuang sia – sia, jaga selalu kecepatan loading situs Anda.

Nah itu lah cara untuk CRO dalam SEO. Itulah serba – serbi mengenai konversi dalam SEO yang harus Anda ketahui sebagai orang yang mengoptimasi websitenya menggunakan search engine optimization.