Pelaku praktisi SEO baik itu pemula ataupun bahkan pakar SEO terpercaya di Indonesia pastinya menggunakan tools digital marketing seperti MOZ, Ahrefs, Google Search Console bahkan Google Analytics. Seperti namanya, Google Analytics digunakan untuk menganalisa. Namun, fitur Google Analytics mampu menganalisa apa saja? Kita cari tahu sama – sama pada artikel ini ya!
Google Analytics itu Apa?
Tools Google Analytics merupakan software (perangkat lunak) pengumpul data situs yang berguna bagi para praktisi SEO dalam menganalisa beberapa metrik. Contoh metriknya adalah lalu lintas web, perilaku pengunjung, dan statistik – statistik yang lainnya. Umumnya, metrik – metrik ini digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam membuat strategi digital marketing.
Banyak praktisi SEO yang memanfaatkan fitur dari Google Analytics karena dengan memanfaatkan Google Analytics Anda bisa lebih efektif dalam memanfaatkan produk Google yang lainnya sebab bisa dengan mudah untuk diintegrasikan. Anda dapat memanfaatkan Google Analytics secara gratis. Namun, jika Anda rasa kurang, Anda bisa memanfaatkan Google Analytics 360 namun Anda harus membayar sejumlah uang.
Alasan Harus Menggunakan Tools Google Analytics
Ada beberapa kelebihan atau manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan Google Analytics. Apa sajakah itu? Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan Google Analytics.
Mengukur dan Mengoptimalkan Kinerja Situs Web
Salah satu hal yang harus diketahui adalah jumlah pengunjung suatu web dan perilakunya di dalam suatu website. Nah Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk bisa merasakan manfaat yang satu ini. Dengan menggunakan data dari Google Analytics membantu menganalisa tren halaman mana yang paling populer.
Menentukan Efektivitas Strategi Pemasaran
Seperti yang telah disinggung di atas, Google Analytics mampu menjadi salah satu “indikator” dalam menentukan efektivitas strategi pemasaran yang telah dirancang sebelumnya. Beberapa data yang menentukan efektivitas strategi pemasaran beberapa diantaranya adalah jumlah pengunjung, rata – rata waktu pengunjung tinggal, situs web, hingga lokasi di mana pengunjung mengunjungi website Anda.
Memantau Iklan
Seperti yang telah disebutkan di atas, jika Google Analytics bisa diintegrasikan dengan produk Google salah satunya adalah Google Ads (dulunya Google Adwords). Anda dapat memantau kinerja iklan Anda dengan menggunakan fitur yang satu ini. Ini jelas salah satu manfaat yang bisa dirasakan jika Anda menggunakan Google Ads digabung dengan Google Analytics.
Memahami Kata Kunci
Nah manfaat selanjutnya yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan fitur Google Analytics adalah memahami kata kunci atau keyword yang digunakan. Ya, cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah website Anda “laku” atau tidak bisa dilihat dari kata kunci. Kata kunci juga bisa dijadikan sebagai salah satu “indikator” dalam mengukur kesuksesan dalam mengoptimalkan menggunakan teknik SEO.
Meningkatkan Penempatan Halaman Hasil Mesin Pencari
Meskipun tidak secara langsung mendongkrak posisi di mesin pencari, namun dengan adanya data – data yang diberikan bisa membuka pikiran untuk merumuskan cara untuk membuat website berada di halaman paling baik di SERPs. Google Analytics memberitahu bagaimana cara mereka “datang” ke website milik Anda. Anda bisa menggunakan informasi yang satu ini guna memastikan halaman situs website Anda lebih sering muncul pada halaman tersebut dalam mesin pencari.
Fitur Andalan Google Analytics
Real Time Reports
Seperti namanya, real time reports merekam dan juga menampilkan real-time insight dari pengunjung serta interaksinya yang ada di dalamnya. Real Time Reports mengcover data dari situs Anda 5 menit sebelumnya. Namun, ada juga yang melihat data dari setengah jam terakhir. Nah manfaatnya untuk apa saja?
- Untuk mengetahui berapa banyak traffic yang didapatkan dari blog post (atau sumber yang lainnya)
- Dapat mengetahui lokasi terakhir user, bahasa yang digunakan dan beberapa data penting lainnya
- Mengetahui berapa lama pengunjung mengunjungi halaman tertentu dalam situs Anda.
- Mengetahui apakah ada special event maupun campaign yang mendorong pengunjung dalam meningkatkan konversi
Ini jelas sangat berguna. Ini baru segelintir manfaat yang bisa dirasakan. Nyatanya, ada juga beberapa manfaat Google Analytics yang lainnya. Manfaat tersebut beberapa diantaranya adalah :
Locations
Laporan ini memungkinkan Anda untuk melihat dari lokasi mana pengguna Anda saat ini berasal, halaman apa yang sedang mereka lihat, dan untuk berapa lama.
Traffic Sources
Laporan ini menyoroti dari mana mereka datang mengunjungi situs Anda. Apakah mengetikkan URL sendiri di browser, ataupun menemukan website Anda di mesin pencari. Laporan ini berguna untuk melacak sebagian besar audiens yang datang.
Content
Laporan ini menunjukkan halaman mana di situs web Anda yang dikunjungi pengguna dan memiliki waktu tinggal paling banyak (waktu yang dihabiskan di halaman tertentu). Laporan menunjukkan kepada Anda judul halaman, URL halaman, dan juga persentase pengguna aktif di halaman tersebut. Ini menjelaskan jenis konten apa yang lebih populer di situs web Anda dengan pengguna, dan Anda dapat memaksimalkannya.
Events
Anda dapat mengetahui apakah pengguna Anda telah mendaftar untuk menerima email dari Anda, mengunduh konten pada halaman Anda, melakukan klik pada iklan yang Anda tayangkan ataupun yang lainnya.
Conversions
Fitur Google Analytics yang ke dua adalah melihat konversi. Laporan ini untuk membantu Anda melacak konversi pengguna secara real time serta sasaran serta strategi mana yang menghasilkan dampak terbaik situs Anda.
Audience
Laporan Audience dalam Google Analytics memberikan ringkasan tentang aktivitas pengguna dari data berdasarkan parameter yang telah ditetapkan oleh properti tertentu. Ada dua hal yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan data Google Analytics bagian audience. Hal apa sajakah itu? Pertama dan terpenting, Anda bisa menentukan audiens Anda serta pengelompokannya berdasarkan parameter yang berguna bagi Anda.
Lalu yang ke dua, Anda bisa memastikan atau mengetahui bagaimana respon yang pengunjung berikan kepada Anda ketika Anda mengupayakan re-marketing. Namun, laporan hanya akan menghasilkan data setelah Anda mengaktifkan laporan demografi serta minat dan telah mengkonfigurasikan audiens di Google Analytics Anda. Beberapa fitur Google Analytics yang ada pada bagian audiens beberapa diantaranya adalah :
Active User
Laporan ini memungkinkan untuk Anda melihat jumlah pengguna setiap bulan untuk durasi berapapun.
Lifetime Value
Laporan ini akan memberi Anda gambaran tentang nilai jangka panjang dari pengguna atau pelanggan Anda. Di sini, data dapat diperoleh melalui sosial, langsung, organik, rujukan, atau lebih banyak sumber, dan Anda dapat menelusurinya untuk melihat pencapaian sasaran rata-rata, pendapatan, tampilan halaman, dll. untuk menganalisis apa yang berhasil untuk Anda dan apa yang tidak. Lifetime Value Google Analytics menangkap data maksimum 90 hari.
Cohort Analysis
Melalui laporan ini, Anda bisa menetapkan sebuah kelompok. Katakanlah pada saat waktu – waktu tertentu saat Anda ingin mencoba untuk membuat pelanggan menggunakan referral code untuk membeli produk atau jasa yang Anda pasarkan. Anda dapat melihat seberapa banyak orang yang menggunakan kode referal tersebut, perangkat yang digunakan, lokasi, hingga kapan seorang pengunjung menggunakan kode tersebut.
Audience Reports
Ya, fitur Google Analytics memiliki sub bagian Audiences Reports. Pada bagian ini akan akan terbahas lebih lanjut mengenai audience seperti segmen audience tertentu yang ingin Anda lihat datanya. Hal ini akan membantu Anda untuk menganalisa perilaku pengguna.
User Flow
User flow menunjukkan cara pengunjung situs Anda dalam “perjalanan” yang dilakukan pada situs yang Anda miliki. Analisa ini membantu Anda untuk “mengisi celah” di mana pengunjung kehilangan minat serta mampu menyusun strategi berdasarkan keinginan pengguna. Di atas user flow juga terdapat hal hal yang lebih detail lagi seperti demografi, keterkartikan dan yang lainnya.
Acquisition Reports
Laporan Acquisition menjelaskan secara detail tentang bagaimana cara pengunjung website Anda menemukan situs Anda serta tindakan yang dilakukannya. Ada beberapa bagian pada fitur Google Analytics. Apa sajakah itu?
All Traffic
Pada bagian ini menunjukkan sumber atau media mana yang mengirimkan traffic paling banyak pada situs Anda. Anda dapat juga melihat tindakan pengguna termasuk di dalamnya bounce rate, halaman kunjungan dan lainnya.
Google Ads
Laporan ini akan menunjukan performa iklan Anda ketika Anda menggunakan Google Ads.
Search Console
Anda perlu untuk menghubungkan Google Search Console dan juga Google Analytics untuk melihat laporan yang satu ini. Laporan ini akan memberikan data – data mengenai performa website melalui pencarian organik yang berisikan data seperti rangking, CTR dan yang lainnya.
Social
Pada bagian ini, Anda akan mendapatkan laporan mengenai bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten – konten yang Anda pasang di media sosial.
Campaign
Bagian ini akan menunjukkan bagaimana kinerja campaign berbayar milik Anda. Anda bisa membandingkan dengan intensif organik.
Behavior Reports
Pada fitur Google Analytics yang satu ini, Google Analytics akan merekam tindakan pengguna situs website Anda, data penelusuran situs web, konten, seberapa cepat sebuah laman dimuat, dan yang lainnya. Pada bagian ini, Anda akan melihat beberapa bagian. Bagian – bagian tersebut beberapa yakni :
Behavior Flow
Laporan ini menunjukkan perjalanan pengunjung melalui sebuah situs. Anda bisa mengidentifikasi konten situs Anda yang terbaik.
Site Content
Pada Tab ini, Anda juga akan melihat tab tab pendukung lainnya seperti ;
All Pages
Mengidentifikasi halaman dengan lalu lintas terbanyak dan keterlibatan pengguna di setiap halaman situs Anda
Content Drilldown
Merincikan data situs Anda berdasarkan subdomain dan juga subfolder.
Landing Pages
Memberikan informasi tentang interaksi pertama pengunjung dengan situs web Anda dan memberitahu apakah laman laman memiliki keterlibatan yang cukup tinggi untuk meningkatkan konversi.
Exit Pages
Menampilkan halaman terakhir yang pengguna kunjungi sebelum dia meninggalkan situs Anda untuk memberi Anda gambaran tentang halaman mana di situs web Anda yang perlu ditingkatkan.
Site Speed
Laporan ini menunjukkan seberapa cepat konten halaman web Anda dimuat, dan Anda dapat memfilternya lebih lanjut untuk mempelajari tentang sumber lalu lintas, lokasi, dll.
Site Search
Laporan ini memungkinkan Anda mengidentifikasi apa yang pengguna cari di situs web Anda.
Events
Events di sini memiliki arti sebagai interaksi pengguna dengan konten Anda seperti mendownload e-book, mengisi formulir dan yang lainnya.
Publisher
Jika Anda telah monetisasi situs web Anda dengan Google AdSense atau Ad Exchange, Anda dapat menggunakan Ad Manager dan Google Analytics untuk memantau kinerja unit iklan Anda.
Conversions Report
Seperti namanya, fitur Google Analytics ini memungkinkan Anda untuk menganalisa sebuah konversi. Nah Ada beberapa bagian pada fitur yang satu ini. Apa sajakah itu?
Goal URL
Ini akan membantu Anda melacak di mana konversi telah terjadi di situs web Anda.
Funnel Visualization
Laporan ini sangat cocok Anda gunakan untuk jenis website e-commerce.
Goal Flow
Hampir sama dengan Funnel Visualizations, Goal Flow Reports akan menunjukkan kepada Anda semua sesi yang mengarah leads.
Nah itulah pembahasan mengenai fitur Google Analytics. Semoga, dengan adanya pembahasan yang satu ini, Anda bisa lebih mengembangkan situs yang Anda miliki serta membuatnya berada di lokasi terbaik di SERPs.