Melihat CTR di iklan google merupakan suatu hal yang sangat penting bagi seorang advertiser. Para blogger menjelaskan bahwasanya CTR berperan penting dalam menghasilkan uang serta mempertahankan iklan. Tahukan kalian mengenai CTR pada iklan google?. Jika belum paham secara detail, maka kalian dapat menyimak pembahasan pada artikel berikut.
Mengenal CTR Pada Iklan Google
CTR merupakan kepanjangan dari Click Through Rate. CTR sendiri adalah persentase dari banyaknya jumlah klik pada halaman blog atau website yang kalian miliki. Umumnya, CTR digunakan pada kampanye PPC (Pay Per Click) serta memberitahu seberapa banyak orang yang sudah menekan iklan ketika mengunjungi blog. Semakin tinggi persentase CTR maka akan semakin baik pula iklan yang akan didapat.
Jika CTR yang kalian punya menunjukkan pada angka persentase yang rendah. Maka hal tersebut menandakan bahwasanya kalian harus memperbagus kembali iklan yang ditampilkan dan menemukan target yang tepat. Sehingga akan membuat banyak orang mengklik iklan.
Cara Melihat CTR Dalam Google Ads
Seperti pada pembahasan sebelumnya, pengecekan CTR sebaiknya dilakukan secara berkala. Hal ini bertujuan agar kalian mengetahui CTR yang dimiliki tengah mengalami kenaikan atau malah mengalami penurunan. Untuk melihat metrik CTR pada google ads kalian dapat melakukan beberapa cara di bawah ini.
- Masuk pada dasbor iklan yang kalian miliki.
- Lihatlah pada panel dasbor sebelah kiri.
- Klik pada “Kata kunci penelusuran”.
- Kemudian klik pada menu “Kolom” lalu pilih “Ubah kolom”.
- Tunggu hingga kolom terbuka, kemudian pilih “Performa”.
- Centang pada menu “CTR”.
- Klik “Terapkan”.
Tips Meningkatkan CTR
Bagi kalian yang saat ini tengah mengalami masalah penurunan CTR, jangan khawatir. Karena selain menyuguhkan cara melihat CTR di iklan google, kami juga tentunya memberikan tips menarik dalam meningkatkan CTR. Berikut sejumlah tips yang dapat kalian ikuti untuk meningkatkan persentase CTR pada website atau blog yang kalian miliki.
- Menentukan Target Audience
Tips menaikkan CTR yang pertama yakni kalian dapat menentukan terlebih dahulu siapa yang akan menjadi target audience nantinya. Maka dari itu, sebelum menulis naskah atau artikel yang akan di publish pada website kalian, pastikan sudah mengetahui faktor-faktor penting dalam pemilihan target audience. Faktor ini seringkali diabaikan oleh sebagian besar orang dalam dunia digital marketing.
Faktor-faktor tersebut antara lain yaitu memahami jenis bahasa yang digunakan, memahami penggunaan kata penelusuran yang sering digunakan, mengenali perangkat yang mereka gunakan dalam melakukan penelusuran. Serta yang terakhir yakni pastikan kalian sudah mengenali terlebih dahulu ketertarikan mereka dalam membeli sesuatu. Pastikan konten kalian berisi produk yang diminati banyak orang.
- Mengoptimalkan Pembuatan Konten
Akhir-akhir ini banyak sekali oknum profesional yang tengah mengelabui algoritma search engine dengan tujuan agar situs mereka lebih tinggi daripada laman hasil. Namun cara ini tidak selamanya berhasil. Jika terjadi pembaruan pada search engine, maka bisa saja secara tiba-tiba menjadi tidak berguna dan website mengalami penurunan dari daftar 10 teratas pada halaman search engine.
Maka dari itu, sebaiknya lakukan sesuatu dengan kejujuran. Karena kebohongan hanya akan membawamu berhasil sekali saja tidak untuk seterusnya. Caranya yakni dengan menyajikan konten yang bersifat orisinil, tidak melakukan plagiasi dan memiliki keunikan yang berbeda dengan website pada umumnya. Anda harus bisa membuat konten artikel yang SEO friendly. Karena SEO dan Google Ads adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini tentu akan menaikkan jumlah persentase pembaca setiap harinya.
- Membuat Judul Dan URL Yang Kreatif
Tak hanya berfokus pada cara melihat CTR di iklan google, tips menaikkan CTR yang ketiga ini juga sangatlah penting. Kalian wajib membuat judul serta URL yang bagus, kreatif dan berbeda. judul yang kreatif akan menarik audience untuk membaca konten yang dibuat. Pastikan juga judul tidak terpotong akibat format hasil penelusuran sebelum kalian menyampaikan maksud atau tujuan.
Itulah pembahasan terkait CTR pada iklan google, CTR dapat dikatakan kunci dalam meraih kesuksesan. Jadi, masih banyak ilmu dan wawasan baru yang harus dipelajari dalam menunjang kebutuhan promosi website. Salah satunya dengan mempelajari dasar CTR yakni tips menaikkan CTR dan cara melihat CTR di iklan google.