Ada banyak fitur Google Ads yang bisa digunakan untuk mengatur iklan sesuai kebutuhan. Mulai dari Google Display Network (GDN), Gmail Ads (GSP), hingga Search Engine Marketing (SEM). Jika semua fitur tersebut sudah digunakan, lantas bagaimana cara mengukur keberhasilan Google Ads dari iklan yang dipasang? Pada artikel kali ini kita akan membahas seputar cara mengukur kesuksesan dari iklan Google Ads.
Perlu diketahui terlebih dahulu, dalam menjalankan suatu bisnis antara menjual produk atau jasa, tentunya harus memiliki metode pemasaran yang tepat. Cara mengiklankan produk agar efektif bisa menggunakan platform Google Ads.
Meski kita bisa menggunakan layanan jasa iklan Google Ads, perlu diketahui juga bagaimana cara mengukur kesuksesan terhadap iklan Google Ads itu sendiri.
Dengan memasang campaign yang menarik, maka produk bisnis tersebut akan semakin mudah dikenali oleh target audiens. Untuk mencapai hal tersebut, tentu memerlukan cara untuk mengukur dan melakukan evaluasi dari keberhasilan campaign iklan tersebut.
Cara Mengukur Keberhasilan Iklan Google Ads
Bagaimana cara mengukur keberhasilan suatu iklan di Google Ads? Berikut simak penjelasan selengkapnya!
Impresi
Impresi adalah matriks pertama yang dapat digunakan untuk mengukur kesuksesan Google Ads. Dari sini kita dapat melihat berapa kali iklan dilihat oleh pengguna di mesin pencari Google.
Semakin banyak impresi atau orang yang melihat iklan Anda, maka semakin cepat juga produk Anda akan dikenal banyak orang. Untuk menjangkau banyak impresi yang banyak, setidaknya Anda perlu menyediakan budget yang besar.
Jumlah Biaya Iklan
Besaran jumlah biaya iklan juga dapat menjadi alat pengukur keberhasilan iklan di Google Ads. Yang pastinya, Anda perlu menerapkan hasil yang didapatkan harus lebih besar daripada biaya iklan yang dikeluarkan.
Buatlah perhitungan biaya seperti target penjualan dan biaya iklan yang akan dikeluarkan. Misalnya seperti Anda memiliki target penjualan sebesar Rp150 juta, maka Anda perlu menyisihkan 10% untuk budget iklan yakni sebesar Rp15 juta.
Jumlah Klik
Cara mengukur keberhasilan Google Ads bisa diperhatikan dari jumlah klik yang Anda dapatkan melalui iklan. Besaran jumlah klik yang didapatkan menunjukkan ketertarikan seberapa banyak orang tertarik dengan produk Anda.
Untuk mencapai jumlah klik yang banyak, tentu Anda juga harus memiliki target klik dari satu penjualan. Misalkan Anda membutuhkan 500 klik untuk 1 penjualan, maka untuk mencapai target 100 penjualan, Anda membutuhkan 50.000 klik iklan.
Click Through Rate (CTR)
CTR adalah persentase yang menunjukkan seberapa sering audiens melihat iklan Anda dan mengklik iklan tersebut. Dari informasi ini Anda dapat mengetahui kualitas konten yang digunakan dan apakah sampai kepada target audiens dengan tepat.
Cara menghitung CTR adalah dengan menjumlah klik yang diterima iklan kemudian dibagi dengan frekuensi impresi. Misalkan Anda memiliki 5 klik dengan 100 impresi, maka persentase CTR adalah 5%.
Cost per Click (CPC)
CPC adalah jumlah biaya rata-rata yang dihabiskan untuk setiap klik iklan. Dimana CPC ini sangat bergantung dengan kata kunci dan konten yang digunakan untuk campaign iklan.
Cara menghitungnya adalah dengan membagi total biaya campaign dengan jumlah klik. Semakin rendah nilai CPC tersebut, maka semakin baik hasilnya.
Konversi
Konversi adalah mengacu pada tindakan audiens yang lakukan setelah mengklik iklan Anda. Tindakan ini meliputi registrasi email, download, transaksi, mengisi formulir, dan lain-lain.
Alat ukur digital marketing dari konversi adalah jika nilainya semakin tinggi, maka semakin baik pula iklan Anda. Cara ini dapat membantu Anda memahami seberapa efektif campaign tersebut dalam menghasilkan tindakan yang diinginkan.
Cost per Acquisition (CPA)
CPA adalah besaran biaya yang dikeluarkan untuk setiap konversi pada sebuah iklan. Dari besaran nilai ini Anda dapat mengetahui apakah biaya yang dikeluarkan menghasilkan keuntungan untuk bisnis Anda.
Cara menghitungnya adalah dengan dengan membagi total cost dengan total konversi iklan. Semakin rendah nilai CPA, maka ini menunjukkan biaya pengeluaran cukup efisien dalam menghasilkan konversi.
Google Analytics
Google Analytics memungkinkan untuk menganalisis jumlah pengunjung di website Anda. Platform ini juga bisa menunjukkan bagaimana audiens menemukan website Anda, halaman apa yang dilihat, hingga berapa lama mereka menghabiskan waktu di website Anda.
Data ini menginformasikan terkait keyword, campaign, dan ads yang cocok dengan bisnis dari akun AdWords Anda.. Ini juga akan menunjukkan konversi yang digunakan untuk memonitor performa dari sebuah iklan.
Bagaimana Agar Iklan di Google Ads Berhasil?
Jika sudah mengetahui cara mengukur keberhasilan Google Ads, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana optimasi iklan di Google Ads ini berhasil. Berikut simak beberapa poin berikut!
Gunakan Judul Konten yang Menarik
Cara agar iklan di Google Ads berhasil mendatangkan banyak audiens, Anda perlu menggunakan judul konten yang menarik. Meski begitu, pastikan judul dan deskripsi yang digunakan relevan dengan kebutuhan target audiens.
Langkah ini sangat menentukan sebuah campaign apakah berhasil menarik banyak pengguna untuk klik iklan Anda atau tidak. Jika jumlah audiens yang mengklik iklan sangat banyak, ini menandakan campaign Anda memiliki judul yang menarik dan unik.
Sisipkan Kata Kunci yang Sesuai
Langkah selanjutnya adalah anda perlu menyisipkan kata kunci yang sesuai dengan isi konten Anda. Tidak lupa juga pastikan kata kunci yang digunakan memang banyak dicari oleh pengguna Google.
Oleh sebab itu Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu kata kunci apa saja yang banyak dicari oleh target konsumen Anda. Kemudian, gunakan kata kunci tersebut agar iklan Anda mudah ditemukan di halaman Google.
Manfaatkan Fitur Smart Bidding
Optimasi iklan memang bisa dilakukan dengan manual bidding jika Anda sudah memiliki strategi sendiri. Namun tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan fitur smart bidding di Google Ads.
Fitur ini memudahkan Anda untuk menaikkan campaign iklan agar semakin banyak dilihat target audiens. Anda hanya perlu mengeluarkan beberapa persen budget saja untuk memanfaatkan layanan Google Ads ini.
Konsultasikan dengan Digital Marketer Google Ads
Cara terakhir bisa Anda lakukan dengan mengkonsultasikan campaign iklan dengan ahlinya. Profesi digital marketer tentunya sudah ahli dalam mengelola kampanye iklan online terutama di Google Ads.
Jasa ini juga memungkinkan Anda untuk membantu optimasi iklan sesuai target audiens yang tepat hingga cara menentukan waktu penayangan iklan Google Ads. Layanan ini juga bisa membantu biaya iklan Anda terkelola dengan baik sesuai kebutuhan.
Jasa Iklan Google Ads Terpercaya di Indonesia
Itu dia penjelasan bagaimana cara mengoptimalkan iklan dan mengukur keberhasilan Google Ads. Dengan mengetahui tingkat keberhasilan iklan di Google Ads, Anda akan mengetahui seberapa efektif iklan tersebut untuk menjangkau audiens agar mengklik dan membeli produk Anda.
Ingin membuat iklan Google Ads yang tepat sasaran? Percayakan saja kepada jasa digital marketer terpercaya untuk membantu optimasi iklan Google Ads sesuai kebutuhan bisnis Anda. Kami bisa menjadi solusi yang tepat untuk mempertemukan brand dengan konsumen melalui iklan di Google Ads.