Digitalisasi memang banyak merubah berbagai macam bisnis, sehingga siapa saja pelakunya harus merubah model bisnisnya menjadi “Go Digital” untuk bisa bersaing dan bertahan mengingat saat ini banyak sekali konsumen yang merasa dimanjakan dengan perkembangan teknologi yang mampu mempercepat kinerja tanpa harus menghabiskan waktu lama dan biaya yang besar. Namun, sampai saat ini banyak sekali perusahaan yang hanya menerapkan digitalisasi bisnis, tanpa mengetahui apa saja rencana jangka pendek dan jangka panjang mereka sehingga bisa berkelanjutan. Oleh karena itu, perlu dibuat yang namanya perencanaan bisnis atau business planning yang bisa menjadi pedoman mau ke arah mana sebuah perusahaan yang sudah menerapkan digitalisasi bisnis ini akan berjalan. Lalu, seberapa penting sih perencanaan bisnis ini bisa membawa sebuah perusahaan bersaing dengan yang lain ditengah tantangan revolusi industri 4.0 yang sangat ketat?

A. Business Plan bisa memberikan arah dan tujuan perusahaan dengan jelas

Tidak semua perusahaan sadar akan hal ini. Masih banyak perusahaan yang gagal karena mereka tidak bisa mengidentifikasikan arah bisnis mereka baik dari segmentasi pasar, positioning produk dan brand produknya. Karena termakan euforia, rata-rata mereka hanya asal promosi, tanpa mengetahui siapa pesaing mereka, kemudian kelebihan dari pesaing mereka dibanding perusahaan sendiri, dan bagaimana melakukan sebuah antisipasi.

B. Dengan Business Plan, membantu meminimalisir risiko kegagalan perusahaan

Mungkin hal ini terlihat sepele, bahkan ada yang bilang, terlalu teoritis, tapi percaya atau tidak, ini akan menentukan masa depan perusahaanmu di masa yang akan datang. Banyak perusahaan yang berguguran di awal karena mereka sangat lemah dengan yang namanya business plan. Ternyata, manajemen risiko yang mereka ambil salah, sehingga berdampak pada eksistensi perusahaan mereka. Namun, dengan adanya Business Plan ini, perusahaan bisa membuat sebuah perencaan siasat terburuk melalui manajemen risiko, apabila suatu saat terjadi sebuah kegagalan, guna memitigasi risiko lebih besar yang justru membuat perusahaan tutup selama-lamanya.

C. Membantu menentukan prioritas dalam bekerja

Mungkin saat ini kamu rancu dalam bekerja. Kamu mengalami kesulitan dalam menentukan prioritas pekerjaan ataupun sebuah projek yang bisa memberikan dukungan untuk keberlanjutan bisnis kamu. Jika salah mengambil keputusan, bisa jadi akan memberikan dampak negatif untuk bisnis kamu saat ini. Business Plan memberikan sebuah pengajaran agar kita bisa membuat sebuah prioritas dalam sebuah pekerjaan. Urutan mana yang layak didahulukan, dengan melihat berbagai macam faktor. Banyaknya pertimbangan yang kamu pikirkan, bisa diatasi dengan menggunakan business plan ini.

D. Membantu memperkirakan gambaran masa depan bisnis

Setiap orang pasti membayangkan jika bisnisnya akan berjalan dengan baik, mulus, dan profitnya sangat besar. Namun apa dikata, jika harapan tak seindah kenyataan. Oleh karena itu, kita butuh sebuah gambaran yang jelas mengenai bisnis yang akan dijalankan ini. Apakah bisnis ini akan sustain atau justru akan disrupsi karena perkembangan teknologi yang semakin lama, semakin cepat perkembangannya, atau justru kegagalan bukan karena dusrupsi tapi karena faktor internalnya sendiri. Oleh karena itu, sebuah perencanaan bisnis harus diatur dengan benar.

E. Mempermudah dalam mencari Investor

Siapa sih yang nggak pengen perusahaannya besar, didatangi investor dengan dana yang sangat besar? Namun, untuk mendapatkan sebuah investor itu tidak semudah membalikkan sebuah telapak tangan. Dalam mengajukan sebuah pendanaan kepada investor, kita wajib tahu, usaha yang kita jalankan ini seperti apa. Kelemahan dan kelebihan usaha kita dibanding dengan pesaing apa. Kemudian target bulanan kita mau seperti apa agar bisa bertumbuh. Risiko besar dan kecil yang akan dihadapi itu seperti apa, itu juga harus dipikirkan. Melalui perencanaan bisnis tersebut, kita bisa tahu, apa saja yang harus kita sampaikan kepada pemegang dana, agar dana yang mereka kucurkan bisa cair dan usaha kita dengan harapan yang baik bisa maju.

Kesimpulannya adalah, untuk bisa bertahan dalam persaingan usaha yang sangat maju di bidang teknologinya ini bukan hanya kemampuan teknis saja yang kita tonjolkan, tetapi strategis sangat perlu, salah satunya adalah dengan membuat sebuah perencanaan bisnis yang matang. Fungsinya sangat besar sekali karena dengan adanya Business Plan ini, baik secara finansial, operasional, pemasaran dan sumber daya bisa tertata dengan baik.