banyumedia.co.id – Targeting Pada Youtube Ads banyak dilakukan oleh para advertiser profesional guna memaksimalkan jalannya sebuah campaign pada platform tersebut. Jika anda memiliki kesibukan Jasa Iklan Youtube Ads bisa anda jadikan partner agar campaign milik anda bisa berjalan pada tren yang positif.

Tren yang positif pada suatu campaign sangatlah penting karena berhubungan secara langsung dengan anggaran di suatu platform. Semakin sukses performa iklan anda, tentu biaya dari iklan tersebut akan sangat terjangkau. Apalagi jika anda memiliki goals konversi.

Goal konversi pada iklan yang dinyatakan sebagai winning content tentunya biaya iklan anda akan ditutup oleh total keuntungan dari produk atau jasa dari bisnis yang anda tawarkan. 

Namun jika anda memiliki goals lain seperti interaksi atau brand awareness bukan berarti anda akan mengalami kerugian. Interaksi dan brand awareness merupakan salah satu hal yang tak ternilai harganya. Sehingga hal tersebut anggaplah seperti sebuah investasi yang suatu saat akan berbuah dan kita nikmati hasilnya.

Keuntungan Beriklan di Youtube Ads

Tentunya dengan memilih beriklan secara digital, ada banyak keuntungan dan kemudahan yang sukar ditemukan jika anda memilih beriklan secara konvensional. Berikut beberapa keuntungannya:

Targeting Youtube Ads

Targeting Lebih Tepat

Jika anda beriklan secara konvensional tentu target marketing tidak bisa anda pilih berdasarkan kategori tertentu. Namun berbeda dengan digital marketing di mana anda bisa menargetkan audiens yang sesuai dengan kemampuan anda berdasarkan beberapa kategori seperti usia, pekerjaan, lokasi, sampai pada device apa yang audience gunakan.

Dapat Menyasar Pasar yang Sama

Jika sebelumnya anda berhasil menemukan formula targeting yang menguntungkan. Anda bisa menyasar target yang sama untuk melakukan scale up baik dari segi anggaran maupun secara output goal yang akan dihasilkan.

Data Driven

Pemasaran konvensional tidak bisa kita pahami seberapa besar pengaruhnya terhadap goals yang kita inginkan. Digital marketing bekerja secara terukur dan dapat kita pahami melalui metrik-metrik penting, sehingga kita dapat membaca apakah iklan yang kita jalankan berada pada tren positif atau tren negatif.

Hasil evaluasi dari performa iklan tersebut sangatlah penting, karena dapat menjadi arah pijakan untuk melakukan keputusan apakah iklan akan dilanjutkan, dihentikan, ataupun memerlukan beberapa modifikasi guna memenangkan pasar.

Biaya Fleksibel

Beriklan melalui media konvensional memerlukan biaya yang sangat mahal dan tidak fleksibel. Beriklan melalui Youtube Ads tidak memerlukan biaya yang besar. Adapun biaya akan dihitung per seribu tayangan, yang artinya semakin bagus performa iklan anda, maka biaya iklan akan semakin terjangkau. Selain itu anda juga dapat membatasi biaya iklan per hari, minggu, sampai per bulan. Alhasil anda tidak perlu khawatir biaya iklan akan membengkak tajam.

Lalu Apa Itu Targeting Targeting Pada Youtube Ads?

Targeting Youtube Ads

Penargetan pada iklan Youtube dapat menjadi sarana penting bagi para advertiser guna melakukan kreasi dan kustomisasi untuk menemukan formula iklan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Pernahkan anda mendapati iklan yang muncul sesuai dengan produk atau jasa yang kini tengah anda minati? jika pernah, maka hal tersebut terjadi karena anda menjadi target sasaran sebuah campaign berdasarkan kriteria tertentu. Metode penargetan ini merupakan cara optimasi Youtube Ads yang banyak dilakukan oleh para advertiser jenis Iklan Youtube Ads apapun yang mereka gunakan pasti hal ini tak luput dalam perhatian. 

Namun bagaimana caranya pihak Youtube mengetahui hal tersebut? ya tentu saja mereka memiliki banyak data konsumen yang masuk, namun data tersebut masih pada tahap yang aman dan tidak berbahaya. Nantinya data-data tersebut dapat anda targetkan berdasarkan kriteria masing-masing guna iklan berkualitas, tepat sasaran, dan pastinya menguntungkan.

Metode Targeting Pada Youtube Ads

Targeting Youtube Ads

Salah satu kemampuan yang dapat membantu kesuksesan iklan anda yakni dengan melakukan targeting melalui beberapa kategori yang sesuai dengan produk dan jasa anda. Berikut ini ada dua metode untuk melakukan targeting pada campaign yang akan anda jalankan:

Targeting Audiens

Menembak audiens tidak boleh dilakukan secara asal-asalan tanpa strategi yang matang. Secara sederhana anda harus memilih audiens yang sesuai dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Adapun yang termasuk targeting audiens seperti berikut ini:

Demografi Audiens

Demografi audiens berisi beberapa kategori penting yang meliputi usia, jenis kelamin, asal, dan lainnya. Demografi memainkan peran yang cukup vital dalam proses targeting.

Berdasarkan Interes

Audiens dengan ketertarikan tertentu bisa anda sasar secara langsung. Misal anda menjual peralatan sepak bola, tentu anda perlu menargetkan audiens yang memiliki minat terhadap sepak bola. Demikian pula jika anda memiliki produk gaming, tentu anda juga wajib menargetkan audiens yang tertarik pada dunia gaming guna efisiensi dan efektivitas iklan.

Custom Segments

Apa itu custom segments? yaitu merupakan segment dimana anda dapat menargetkan pula para audiens yang memiliki ketertarikan pada produk yang berkaitan dengan bisnis anda. Sehingga pasar anda semakin luas namun tetap terukur dan efisien.

Targeting Youtube Ads

Content Targeting

Tidak hanya soal audiens, anda juga bisa memanfaatkan daya kreatifitas dan keunikan menggunakan sebuah konten. Sehingga dengan content yang menarik harapannya dapat menghasilkan klik dari para audiens anda

Berdasarkan Topik

Anda bisa menggunakan topik spesifik seperti gaming, wisata, ataupun isu kesehatan. Sehingga hal tersebut dapat mentrigger audience untuk melakukan klik pada iklan anda.

Kata Kunci

Pencarian yang dilakukan oleh audiens dapat anda dapatkan melalui Google Keyword Planner. Disitu anda dapat mendapatkan berapa jumlah pencarian beserta data-data pendukung lainnya.

Devices

Iklan juga dapat anda tempatkan pada beberapa device sekaligus atau hanya berjalan pada devices tertentu saja. Adapun devices yang kami maksud meliputi smartphone, TV, sampai personal computer.Demikian pemaparan singkat dari kami soal Youtube Ads, harapannya anda dapat menjalankan iklan sesuai dengan guidelines pihak Google, bekerja secara tepat melalui strategi yang menguntungkan. Semoga artikel Targeting Pada Youtube Ads dapat memberikan pengetahuan baru bagi anda.