Apa itu Google RankBrain dalam SEO? Bagaimana cara kerjanya? Dan untuk mengoptimasikannya bagaimana? Tidak berlebihan rasanya jika menyatakan bahwa Google RankBrain merupakan sebuah revolusi dalam bagaimana hasil pencarian ditentukan. Dikutip dari MOZ, ini dia serba – serbi RankBrain.

Apa Itu Google RankBrain?

RankBrain merupakan komponen dari algoritma Google yang menggunakan pembelajaran mesin (kemampuan mesin untuk “belajar” sendiri dari input data yang ada) untuk menentukan hasil yang paling relevan dengan kueri yang dimasukkan di search engine. Sebelum RankBrain, Google menggunakan algoritma dasar untuk menentukan hasil mana yang ingin ditampilkan pada kueri tertentu.

Setelah RankBrain, Google mengamati lokasi, kata kata kueri, dan personalisasi tertentu dan memahami maksud yang sebenarnya user inginkan sehingga memberikan hasil yang paling relevan. Untuk mengajarkan algoritma ini, Google terlebih dahulu memberikan data – data dari berbagai sumber. Algoritma tersebut kemudian mengambil data dari sumber data yang Google miliki dan mencocokan berbagai sinyal untuk menghasilkan hasil yang relevan.

Google RankBrain

Memahami RankBrain dalam SEO

Untuk jauh lebih paham mengenai RankBrain, mari lihat studi kasus. Tempatkan diri Anda sebagai Google dan mencoba memahami kueri “lokasi olympics”. Apa sebenarnya search intent dari kueri ini? Apakah user hanya ingin mengetahui tentang olympics? Apakah yang dicari adalah olympics yang saat ini atau empat tahun yang lalu? Atau ada maksud yang lainnya?

Coba sekarang posisikan Anda sebagai Google. Misalkan saja Anda hanya memiliki “sinyal” konten berkualitas dan banyaknya tautan berkualitas. Bayangkan bahwa Olympics tahun – tahun sebelumnya jauh memiliki konten yang bagus dan backlink yang banyak. Apakah Anda akan menampilkan konten yang lama ini? Padahal search intent user adalah informasi lokasi olympics terbaru. Tentu saja tidak bukan? yang user inginkan bukan informasi yang demikian. Dengan mempertimbangkan banyaknya aspek, konten yang paling relevanlah yang Anda munculkan.

Apakah RankBrain Mempengaruhi SEO?

RankBrain

Setiap Query Mungkin Memiliki Sinyal Yang Berbeda

Pre-RankBrain mungkin tepat menilai pengoptimalan halaman situs dengan berbagai sinyal seperti banyaknya tautan, konten yang berkualitas, penempatan kata kunci, konten SEO friendly dan yang lainnya. Namun, post – RankBrain perlu menentukan jenis konten seperti apa yang pengguna butuhkan. Jadi, tidak bisa semuanya diperlakukan sama. 

Reputasi Situs

Salah satu tujuan SEO adalah membangun reputasi merek di mata mesin pencari dan pengguna. Manfaat membangun reputasi berpengaruh pada ranking untuk kata kunci tertentu. Apakah situs Anda perlu membangun reputasinya berdasarkan “kedalaman” dalam membahas suatu topik, ke-fresh-an ataupun sinyal yang lainnya? Jawabannya tentu saja tergantung topik yang Anda muat dalam sebuah situs. (Misalkan saja Anda membahas sejarah, berarti Anda perlu membangun reputasi berdasarkan kedalaman konten, berbeda jika situs Anda membahas tentang skor sepak bola ter-update).

Satu – Keyword – Satu – Halaman Sudah Tidak Dipakai Lagi

Agar lebih mudah dijelaskan, mari kita lihat studi kasus. Jika jaman dulu membuat halaman untuk “jasa google ads” dan “jasa google ads murah” dibedakan, tidak untuk saat ini. Banyak praktisi SEO yang menggabungkan kedua keyword tersebut beserta keyword lainnya yang serupa di satu halaman. Ini juga termasuk ke dalam salah satu bentuk optimasi untuk RankBrain.

Tips Optimasi Untuk RankBrain Google

  1. Fokus Membuat Konten Berkualitas, Untuk mengoptimasikan situs dengan adanya algoritma ini, Anda harus berfokus membuat konten yang menarik dan berguna bagi user. Google akan memprioritaskan jenis konten yang seperti ini. Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel website untuk membantu Anda dalam menyediakan konten.
  2. Gunakan Schema Mark Up, Agar konten dalam situs Anda lebih diprioritaskan, Anda bisa menggunakan schema mark up. Jika Anda menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan plugin untuk membuatnya.
  3. Lihat Selalu Traffic Situs, Traffic dan konversi juga harus Anda perhatikan untuk mengukur seberapa “baik” upaya Anda dalam melakukan SEO.

Nah itulah beberapa hal mengenai RankBrain dalam SEO. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat Anda tahu mengenai strategi yang Anda pakai ke depannya.