Google Ads memberikan berbagai layanan yang sangat menguntungkan bagi pihak konsumen maupun produsen alias pemilik bisnis dalam meningkatkan penjualan. Ekstensi yang diberikan oleh Google ini sangat berguna untuk meningkatkan visibilitas produk, khususnya bagi anda yang menjual barang-barang ritel. Hal ini membutuhkan adanya ekstensi lokasi agar klien dapat mudah memperkirakan kesesuaian dan kecukupan budget yang dimiliki dan ada di fitur Affiliate Location Extensions dalam Google Ads. Banyak Jasa Pasang Iklan Google Ads Profesional yang menyarankan menggunakan ekstensi yang satu ini. Sebenarnya tidak hanya ekstensi yang satu ini, ekstensi seperti Structured Snippets Extensions juga sama penting penggunaannya.
Fitur ini sering disalah artikan oleh khalayak dengan fitur lain yang ada pada Google Ads yaitu location ekstensions dan affiliate location extensions. Walaupun sebenarnya penetrasi utama tetap ada pada lokasi, namun keduanya memiliki fungsi berbeda dalam membantu bisnis meningkatkan efektivitas iklan yang dimiliki. Dampak dari penggunaan masing-masing tools ini juga sangat berbeda sehingga perlu pemahaman lebih lanjut antara kedua ekstensi yang disediakan oleh Google ini sendiri.
Perbedaan Antara Location Ekstensions dan Affiliate Location Extensions
Location Extensions adalah sebuah perluasan dari ekstensi Google Ads yang menekankan pada ditampilkannya alamat, lokasi dan rute menuju lokasi anda. Hal ini akan sangat membantu anda dalam mencari lokasi dari toko yang anda incar dari produk yang ditawarkan hanya dengan hitungan waktu cepat yaitu satu kali klik. Informasi mengenai data bisnis akan meningkatkan kepercayaan dan membuat orang-orang tertarik untuk segera membeli produk atau layanan anda.
Sementara itu affiliate location ekstensions adalah metode untuk menemukan toko terdekat yang menjual produk-produk yang anda butuhkan. Hal ini mengadopsi mitra afiliasi yang bertujuan untuk menguntungkan pihak yang memiliki afiliasi serta pemilik produk. Dengan menggunakan pencarian keyword barang yang anda butuhkan, maka secara mudah juga nantinya anda memperoleh feedback dari laman Google berubah lokasi toko-toko terdekat dari lokasi anda yang menyediakan barang tersebut.
Fitur ini sangat cocok digunakan adalah barang yang anda tawarkan adalah jenis retail yang membutuhkan adanya bantuan dari pihak ketiga. Iklan ini akan secara instan meningkatkan penjualan khususnya ketika pencarian memang sering dibutuhkan di lokasi tersebut. Jaringan Google akan melakukan filtering otomatis untuk menunjukkan toko yang cocok untuk anda.
Affiliate Location Ekstensions dalam Google Ads disebut mampu meningkatkan performa kunjungan hingga 76% selama 24 jam toko buka. Riset yang dilakukan oleh Google ini memberikan validasi ulang bahwa informasi yang lengkap dan tepat dianggap mampu meningkatkan penjualan jauh lebih maksimal. Ekstensions dari fitur Google ini akan memberikan beberapa rekomendasi toko tepat di bawah metadescription dari Google yang akan menarik siapa saja untuk klik dan mencari tahunya lebih dalam.
Sistem Kerja dan Keuntungan Dari Affiliate Location Extensions
Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas bahwasanya affiliate location lebih spesifik dan menguntungkan daripada location ekstensions. Berikut adalah bagaimana sistem kerja dari fitur ekstension dari Google Ads ini yaitu.
- Pengguna akan mencari produk atau layanan di Google dengan keyword tertentu.
- Iklan yang telah disetting oleh digital marketer akan muncul pada laman mitra affiliate.
- Terdapat beberapa toko yang muncul di bawah deskripsi iklan dan harus di klik untuk menuju laman yang lebih komplit.
- Apabila anda mengakses menggunakan telepon seluler maka dapat bisa langsung diarahkan ke lokasi. Namun di laptop juga akan muncul rute yang bisa digunakan sebagai pedoman sebelum menuju ke lokasi langsung.
- Orang yang tertarik tidak hanya akan langsung datang bahkan bisa saja melakukan pemesanan langsung pada laman tersebut (sudah di ekstensi dari sisi informasi kontak tentunya).
Oleh sebab itu, banyak sekali para pemasar digital yang menggunakan metode ini untuk memasarkan produk ritel yang khususnya dipengaruhi oleh berbagai alasan. Apa saja sih keuntungan dibalik dari penggunaan ekstension afiliasi lokasi ini sendiri? Apakah benar-benar dapat berdampak positif langsung terhadap usaha?
- Meningkatkan jangkauan dari target calon pembeli.
- Affiliate Location Ekstensions dalam Google Ads dapat meningkatkan penjualan karena pengelompokan pada volume barang pencarian yang sama dengan harga berbeda.
- Kemudahan dari sisi pengguna karena mendapatkan beberapa referensi toko menjadi peluang lebih banyak toko anda dicari pengguna.
- Mendapatkan data-data orang yang berpeluang dan masuk dalam segmentasi penjualan dari data kunjungan iklan yang masuk.
Cara Melakukan Setting Iklan Dengan Affiliate Location Ekstensions
Bagi anda yang masih belum familiar dengan metode mengaplikasikan pengaturan iklan dengan affiliate location extension dalam Google Ads, berikut tahapan yang dapat anda ikuti.
- Membuka laman Google Ads dan klik “iklan” dengan filtering tunggal atau grup.
- Klik pada “affiliate location extension” dan klik di bagian selling retail produk.
- Simpan pengaturan iklan dan analisis hasil jangkauan nantinya.