Ekstensions dalam Google ads memiliki peranan yang besar dalam meningkatkan performa iklan yang akan atau telah anda luncurkan. Tools yang juga biasa disebut dengan assets ini adalah bagian dari pilihan optional pada peluncuran dan setting pada ads untuk meningkatkan pencarian dan jumlah tayang yang ada menggunakan informasi tambahan itu sendiri. Meskipun demikian, Jasa Pasang Iklan Google Ads Halaman 1 sangat menyarankan untuk menggunakan fitur yang satu ini. Iklan akan semakin lengkap sehingga jumlah klik dan modal untuk biaya klik menurun. Lalu apa saja jenis-jenis ekstensions dalam Google Ads ini sendiri?
Apa Itu Google Ads Extensions?
Seperti yang sudah sedikit disinggung bahwa ekstensions ini berguna untuk meningkatkan jumlah pencarian dari laman atau biasa disebut dengan Search Engine Results Pages (SERPs). Secara umum, Google Ads Extensions terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu otomatis dan manual. Kelompok otomatis telah diluncurkan dan disetting oleh Google menggunakan informasi yang ada pada setiap akun. Sementara itu, pada kelompok manual perlu adanya informasi dari pemilik akun yang dimasukkan.
Keberhasilan penggunaan ekstensions dalam Google Ads pun terbukti telah efektif dalam meningkatkan jumlah klik dan tayang pada iklan. Dilansir pada laman Neil Patel disebutkan jika terdapat peningkatan Click Through Rate (CTR) sebesar 10-15% yang mana akan menguntungkan para pemilik usaha. Ekstensi yang ditunjukkan pun sangat variatif dan disesuaikan oleh Google tergantung konteks penelusuran berupa sinyal, lokasi, perangkat, dan lain-lain. Lalu apa saja jenisnya? Berikut ulasannya!
Baca Juga : Penyebab Iklan Google Ads Tidak Muncul
Jenis Ekstension Google Ads dan Fungsinya
Sitelink Extensions
Fitur sitelink extensions membantu anda dalam memberikan tambahan link website pada iklan yang berguna untuk mengarahkan calon pembeli ke laman baru. Link ini memiliki tingkat efektivitas senilai 8% karena memudahkan dalam mencari yang dibutuhkan. Riset dari Wordsteam ini berbentuk berupa teks dari link itu sendiri, deskripsi singkat, dan link secara lengkap. Jenis ekstensions ini cocok untuk mengikuti iklan mengenai kontak, FAQ, laman harga, review, dan testimoni beserta produk.
Callout Extensions
Fitur pada Google Ads yang disebut dengan Callout ini akan memberi highlight pada informasi khusus pada iklan anda baik itu penjualan, promosi, atau gratis ongkir yang akan ditunjukkan di laman yang strategis. Ekstensions ini dapat berupa teks singkat, serta perlu diketahui bahwa jenis-jenis ekstensions dalam Google Ads ini juga dapat berupa gambar yang muncul setelah anda menekannya. Karakter yang dapat dimasukkan adalah sekitar 10-25 karakter. Pastikan informasi yang anda tulis tidak berulang sehingga Google menilainya sebagai satu informasi unik.
Affiliate Location Extensions
Bagian dari ekstensions ini akan sangat membantu klien dalam mencari lokasi dari bisnis anda yang mana seluruh informasinya dapat langsung ditambahkan melalui pencadangan lokasi yang dilakukan Google. Iklan tambahan ini berada di paling bawah meta description yang mana ketika seseorang melakukan klik pada link tersebut akan diarahkan pada Google Maps. Para calon pembeli akan semakin mudah dalam mengambil keputusan pada pemilihan produk tersebut.
Call Extensions
Apabila biasanya anda perlu menulis ulang kembali kemudian menyimpannya dan baru dapat menghubungi kontak tertera pada laman Google, saat ini semuanya semakin jauh lebih mudah. Google Ads dapat mencantumkan nomor telepon perangkat seluler anda di bawah deskripsi website. Cara ini adalah metode ampuh untuk meningkatkan penjualan karena pelanggan dapat langsung menghubungi anda berdasarkan nomor tertera tanpa perlu menyimpannya.
Price Extensions
Fitur ini memberikan pendekatan berupa penawaran produk dengan mencantumkan harga sekaligus deskripsi dari produk itu sendiri. Melalui ekstensions ini anda akan menciptakan sebuah kepercayaan dan transparansi kepada calon customer. Sehingga hal ini akan membantu mereka untuk tertarik dalam melihat iklan anda sehingga dapat diarahkan langsung pada laman pembelian dan memberikan peluang untuk mempercepat proses masuknya uang dari pembeli.
Promotion Extensions
Tidak jauh berbeda dengan ekstension harga, fitur ini memberikan penekanan yang lebih ekstra kepada calon pembeli khususnya dalam promosi dan penjualan. Anda akan dengan mudah menampilkan biaya, jenis-jenis ekstensions dalam Google Ads seperti ini akan mempermudah pembeli dalam memahami biaya yang perlu dikeluarkan dengan adanya diskon yang anda berikan. Para pengiklan juga dapat memberikan keterangan deadline dari diskon tersebut sehingga para pembeli dapat segera membelinya.
Adapun pilihan yang sering ditampilkan yaitu mengenai diskon dalam rangka apa, jenis promosi atau diskon, barang yang masuk dalam promosi dan deskripsi detail, tanggal mulai serta selesai sekaligus link akhir untuk membantu pelanggan dalam melakukan checkout pada barang yang dipesan.Selain itu masih terdapat jenis-jenis ekstension dalam Google Ads seperti seller rating, image, info, dan video extensions yang akan meyakinkan calon pembeli. Namun perlu adanya penargetan yang sesuai pula agar biaya ekstension tidak sia-sia.