Sebagai pakar SEO terpercaya Indonesia, istilah SEO seperti Alexa Rank mungkin sudah tidak terdengar asing lagi. Nah pada kesempatan kali ini, mari kita sama – sama cari tahu bagaimana Alexa Rank untuk SEO berlaku, apa saja manfaat mengetahuinya serta apakah “indikator” ini memang benar – benar bisa memprediksi peringkat di mesin pencari atau tidak.
Apa itu Alexa Rank?
Alexa Rank merupakan sebuah tools yang dapat Anda gunakan untuk mengukur sebuah popularitas halamanan di mesin pencari. Dengan menggunakan indikator ini, Anda bisa mengetahui seberapa “bagus” SEO dalam situs Anda menurut Alexa. Ini jelas sangat membantu untuk mengetahui bagian SEO apa yang harus Anda improve. Alexa menghitung, melihat dan memperkirakan pengunjung rata – rata dan indikator lainnya selama 3 bulan dalam memberikan “nilai” kepada sebuah situs.
Semakin sedikit nilai Alexa Rank situs Anda, maka itu semakin bagus. Berbeda dengan MOZ, Majestic atau tools yang lainnya, jika Anda mendapat nilai yang sedikit pada Alexa Rank maka situs Anda akan dianggap sebagai situs yang populer serta perlu diperhatikan keberadaannya.
Oleh karena itu, meninjau Alexa Rank merupakan cara terbaik untuk menyusun strategi kedepannya. Anda juga bisa “mengintip” nilai Alexa Rank sebuah situs kompetitor sehingga dapat mengetahui kelemahan situs kompetitor. Dengan demikian, Anda tahu strategi untuk mengalahkannya.
Bagaimana Cara Alexa Rank Bekerja?
Peringkat Alexa dihitung dengan menggabungkan perkiraan traffic serta keterlibatan (interaksi) situs dengan user selama 3 tahun terakhir. Traffic dan Engagement diestimasikan dari data yang ada di toolbar. Jika Anda ingin berkontribusi pada data Alexa, Anda bisa mendaftarkan dan menginstall Alexa Toolbar.Ini akan menampilkan Alexa Rank dari situs yang dikunjungi. Ini juga akan mengirimkan data lalu lintas ke server pusat, merekam alamat IP Anda serta URL yang dikunjungi.
Bagaimana Alexa Rank Memberikan Nilai?
Seperti yang telah disebutkan berulang kali di atas, Alexa Rank memberikan “nilai” berdasarkan indikator indikator tertentu selama 3 bulan terakhir. Data untuk memberikan nilai berdasarkan traffic dari “global data panel” milik Alexa. Data ini dikumpulkan dari pengguna internet yang menggunakan salah satu ekstensi browser yang tersedia untuk Google Chrome, Firefox, Internet Explorer dan yang lainnya.
Algoritma Alexa Rank melakukan audit dari jumlah kunjungan pengguna kepada sebuah situs. Jika Ada pengunjung situs yang melakukan kunjungan lebih dari satu kali dalam satu hari maka kunjungan tersebut tetap akan dihitung satu. Ada dua parameter untuk mengukurnya, yakni :
Unique Daily Visitor : Jumlah atau nomor user Alexa yang berkunjung ke sebuah situs setiap harinya
Average Pageviews : Jumlah atau nomor berapa kali halaman atau URL tertentu dilihat oleh Alexa user.
Dari sini, dapat disimpulkan jika situs dengan kombinasi terbaik antara unique daily visitor dengan average pageviews adalah situs dengan ranking nomor 1. (Tentu saja Google menjadi situs yang memiliki peringkat nomor satu dari Google).
Apakah Ranking di Alexa Akurat?
Menggunakan Alexa bisa menjadi salah satu cara untuk membandingkan antara situs yang satu dengan situs yang lainnya. Namun, jelas saja, statistik dari Alexa belum tentu yang paling akurat. Banyak orang membandingkan statistik Alexa dengan Google Analytics. Dari perbandingan tersebut, dapat disimpulkan jika Alexa Rank tidak seakurat itu. Pada beberapa situs, nyatanya memiliki pageviews yang jauh lebih tinggi dari pada yang Alexa Rank perkirakan. Ini sangat mungkin sekali terjadi jika dilihat dari cakupan Google yang pastinya jauh lebih besar dari pada cakupan yang dimiliki oleh Alexa.
Apakah Ranking Alexa bisa Dimanipulasi?
Dilansir dari Search Engine Journal, Anda bisa memanipulasi rangking yang ada pada Alexa. Bagaimana caranya? Caranya dengan membuat fungsi menggunakan JavaScript untuk membuka serangkaian alamat dari situs Anda sehingga Anda dapat mengubah ranking pada Alexa. Namun, apakah benar itu yang Anda cari? Tindakan ini jelas sangat – sangat tidak direkomendasikan. Hal ini justru akan membuat situs Anda “ditinggalkan” oleh pengunjung situs Anda.
Bagaimana Cara Cek Alexa Rank?
Untuk melakukan cek ranking Alexa Anda, Anda bisa mengunjungi situs Alexa Rank lalu tuliskan saja situs yang Anda akan cek rangkingnya di search bar. Jika sudah, Anda bisa tekan enter ataupun bisa juga klik tulisan “find” pada bagian kanan (tulisan berwarna biru). Nah jika sudah, Alexa akan memberikan hasilnya untuk Anda ketahui. Anda bisa melihat beberapa data dari pengecekan ini. Nilai dari Alexa Ranking berada di kanan bagian bawah.
Apa Kelebihan dan Kekurangan Alexa Rank?
Kelebihan Alexa Rank
- Jika situs Anda adalah situs yang menghasilkan uang dari iklan, dengan ranking Alexa yang tinggi lebih memungkinkan untuk mendapatkan biaya iklan yang jauh lebih banyak
- Anda dapat melihat perkiraan traffic dari situs milik kompetitor, lalu kemudian Anda bisa membandingkannya dengan milik Anda sendiri
- Berpotensi untuk menarik “guest writer” untuk berkontribusi menuliskan artikel yang bagus untuk situs Anda
- Bisa mendapat insight dari performa situs yang mana mampu membantu strategi SEO atau marketing yang selanjutnya.
Kekurangan Alexa Rank
- Data yang dimiliki tergolong terbatas. Karena data yang diambil hanya berasal dari data orang atau pengguna yang menginstall Alexa Toolbar saja. Ini mengapa ada banyak situs yang memiliki nilai kurang bagus di Alexa namun nyatanya memiliki high traffic
- Bisa dimanipulasi seperti yang telah disebutkan caranya di atas
- Subdomain dan subpages tidak memiliki rangking tersendiri sehingga cenderung kurang akurat
Cara Meningkatkan “Nilai” di Alexa Rank
Optimasikan Metadata Situs Anda
Cara mudah untuk meningkatkan Alexa Rank untuk SEO yang pertama adalah dengan menggunakan metadata situs Anda dengan lengkap seperti SEO Title, meta description dan meta data yang lainnya. Fungsinya jelas saja agar Alexa dan juga Google mengetahui apa isi dari situs Anda. Selain mampu meningkatkan rangking di Alexa, hal ini justru bisa meningkatkan ranking di mesin pencari, meskipun tentu saja Anda harus membarengi dengan optimasi SEO yang lainnya.
Tulis Konten yang Berkualitas
Cara yang selanjutnya adalah dengan menuliskan konten – konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas jelas saja jauh lebih disukai oleh pengguna (serta tentu saja Google) sehingga pengunjung betah berlama – lama di dalam situs Anda. Jika Anda bingung, Anda bisa menggunakan Jasa Penulis Artikel SEO untuk menyediakan konten – konten yang berkualitas.
Jadwalkan Update Situs Anda
Jaga situs Anda agar lebih update dengan konten – konten yang berkualitas. Tak peduli Anda blogger, developer atau pemilik bisnis kecil sekalipun, jaga website Anda agar tetap update menggunakan konten – konten yang bagus. Ini jelas menjadi salah satu PR bagi pemilik website untuk senantiasa menyajikan konten yang baru. Jika Anda menggunakan Jasa SEO Jakarta, Anda tidak perlu memikirkan lagi karena sudah include di dalamnya.
Share Konten ke Sosial Media
Anda perlu untuk melakukan share konten Anda ke sosial media agar situs Anda lebih dikenal banyak orang. Namun sebaiknya share ke sosial media – sosial media yang masih relevan dengan sesuatu yang Anda bahas pada situs Anda.
Tingkatkan Web Traffic
Langkah ini mungkin cukup susah untuk dilakukan apalagi jika Anda menginginkan hasilnya dalam satu malam. Rasanya itu sangat mustahil. Untuk menghasilkan traffic situs, perlu konsistensi serta backlink yang baik untuk situs Anda. Salah satu cara untuk memperoleh backlink berkualitas adalah dengan memanfaatkan Jasa Backlink.
Kesimpulan
Jadi, kesimpulannya, Anda bisa saja menggunakan Alexa Rank untuk SEO atau kasarnya untuk menjadi indikator apakah sebuah situs memiliki SEO yang bagus atau tidak. Namun lagi – lagi kami ingatkan jika ini hanya perkiraan yang diberikan oleh Alexa, bukan sesuatu yang benar – benar real terjadi pada situs Anda. Anda bisa mengkombinasikan dengan tools – tools yang lainnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.